Cara Membuat Boneka Dari Kain Flanel

Cara Membuat Boneka Dari Kain Flanel

cara membuat boneka dari kain flanel merupakan mainan yang paling disukai oleh anak-anak, khususnya anak perempuan. Bahkan saking sayangnya dengan boneka, kebanyakan mereka akan memberikan nama dan baju layaknya makhluk hidup.

Tapi, menyadari nggak sih kalau memang anda juga bisa studi langkah membuat boneka sendiri untuk si kecil daripada membelinya? Ya tak sekedar lebih hemat, anda juga bisa melatih keterampilan dan kreatifitas anak.

Nah, kalau anda pengin mencoba dan studi langkah membuat boneka, langsung saja review ulasan tersebut ini yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

Teknik Membuat Boneka

Memanfaatkan kain flanel memang tak dulu tersedia habisnya. Yaps, pasalnya kain yang satu ini memang bisa dijadikan berbagai kerajinan tangan, merasa dari gelang tangan hingga bros dari flanel.

Untuk kali ini faedah dari kain yang satu ini juga bisa digunakan sebagai langkah membuat boneka lho. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, review ulasan tersebut ini!

  • Cara membuat boneka dari kain flanel cukuplah mudah, gara-gara anda cuma perlu alat dan bahan yang simpel layaknya benang sulam, dacron, gunting, jarum jahit, klip, dan 4 buah kancing ukuran 3/4 inci.
  • etelah semua alat dan bahan terkumpul, langkah pertama langkah membuat boneka ialah dengan membuat pola yang bersifat badan dan baju di atas kertas. Kemudian, print pola tersebut lalu potong 2 lembar kain flanel cokelat muda mengikuti pola badan boneka.
  • Selanjutnya mulailah untuk melekat mata dan hidung boneka terhadap selembar potongan badan yang nantinya akan jadi anggota depan. Kamu bisa menjahitnya dengan benang sulam di anggota kepala, dan jangan lupa membuat mulut dengan teknik simpel pakai benang.
  • Setelah itu, jahit ke-2 potongan badan boneka dengan jarum pentul atau jepitan untuk menahan ke-2 potongan badan tersebut lebih mudah dijahit. Ohya, sisakan sedikit lubang untuk daerah isi isian boneka, ya.
  • Untuk isi badan, anda bisa memasukkan potongan-potongan dengan kapas atau dacron supaya terlihat lebih berisi. Kalau sudah, jangan lupa jahit ulang lubang tersebut ya, Moms.
  • Terakhir, langkah membuat boneka ialah memberikan baju supaya terlihat lebih menarik. Caranya, memadai lipat kain flanel jadi dua untuk memotong celah lubang kancing. Taraa! boneka buatanmu siap dimainkan, mudah kan?

Selain memakai kain flanel, anda termasuk mampu memanfaat kaos kaki sebagai cara memicu boneka. Jadi, kecuali anda memiliki kaos kaki yang masih bagus tapi sudah tidak dipakai, jangan langsung dibuang ya.

Untuk itu, selanjutnya cara memicu boneka berasal dari kaos kaki yang mudah dan sederhana.

  • Langkah pertama memicu boneka berasal dari kaos kaki adalah persiapkan alat dan bahannya terutama dahulu, layaknya 1 buah kaos kaki, benang, jarum, gunting, lem tembak, dakron, dan pernak-pernik lainnya.
  • Selanjutnya, gunting kaos kaki selanjutnya menjadi dua di anggota mata kaki. Lalu, membuat simpul pada potongan yang panjang bersama dengan cara membalikkan kaos kakinya sehingga simpul berada di dalam.
  • Isi kaos kaki bersama dengan dakron hingga membentuk bulatan, kemudian masukkan gelang atau cincin kecil sebagai batas antara tubuh dan kepala. Lalu, simpul anggota atasnya.
  • Cara memicu boneka selanjutnya ialah bersama dengan beri tambahan manik-manik bulat dan jahit untuk memicu mata serta hidung. Kamu mampu beri tambahan potongan kain sebagai syal di boneka layaknya boneka salju.

Bahan Membuat Boneka

Seperti yang diketahui, kain perca merupakan kain sisa yang umumnya telah tidak dimanfaatkan dan akan dibuang. Tapi, dengan kreatifitas tinggi, anda bisa membawa dampak kain perca jadi sebuah boneka lho.

Ya meskipun kelihatannta kain perca ini lusuh, tidak menarik dan banyak motif yang berbeda, justru ini akan membawa dampak boneka buatanmu berbeda dengan yang tersedia di toko. Lalu, bagaimana langkah membawa dampak boneka berasal dari kain perca? Berikut ulasannya.

  • Pertama, siapkan alat dan bahan-bahannya terutama dahulu, seperti gunting, jarum jahit, benang sulam, kain perca, manik-manik, dacron, dan kancing baju.
  • Setelah  itu, buatlah pola boneka sesuai apa yang anda menghendaki selanjutnya tempel terhadap kain perca dan potonglah pola tersebut dengan manfaatkan gunting. Usahakan memotongnya yang rapi ya, supaya boneka yang dibuat terhitung muncul lebih rapi.
  • Cara membawa dampak boneka yang selanjutnya ialah jahit beberapa kain pola yang telah dibuat. Proses ini memang sedikit rumit, jadi anda harus disiplin dan sabar. Jadi saat telah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berada di dalam boneka.
  • Sisakan kira-kira 4-5 cm di samping tubuh boneka untuk memasukkan isi boneka dengan dacron. Selain itu, faedah berasal dari bagian yang belum dijahit adalah untuk membalik kain perca.
  • Terakhir, jahit lubang yang anda manfaatkan untuk memasukkan isi. Selesai. Ohya, anda terhitung bisa beri tambahan hiasan boneka berbagai macam sesuai kreatifitasmu ya. Gampang kan?

Dibawah ini merupakan sebagian jenis kain yang kebanyakan digunakan sebagai bahan pembuat boneka

  • Kain Flanel atau felt

Kain flanel adalh jenis kain yang dibuat berasal dari serat wol tanpa ditenun. Kain jenis ini juga diproses dengan pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain yang beragam tekstur dan jenis, tergantung bahan pembuatnya. Kain flanel ringan dijumpai di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini mempunyai ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan berasal dari kain ini adalah ringan dibentuk dan terhadap proses penjahitan tidak kudu dilipat seperti kain yang lain.

  • Kain Rasfur

Rasfur adalah jenis bahan yang lebih ringan diidentifikasi dikarenakan bahan ini berbulu. Bahkan, kain Rasfur juga tersedia yang lurus atau keriting. Bahan kain ini mempunyai ciri bulu-bulu yang panjang. Harga bahan boneka ini juga mahal dibanding bahan lainnya. Semakin panjang bulunya makin mahal pula harganya. Rata-rata bahan kain rasfur berwarna soft atau lembut. Umumnya pembuat boneka mengfungsikan kain rasfur untuk sebabkan boneka beruang atau teddy bear.

  • Kain Snail

Kain Snail adalah jenis bahan yang relative lebih halus dan pasti saja harganya lebih mahal daripada rasfur. Serta mempunyai bahan yang terlalu lembut dan nyaman dipegang.

  • Kain Velboa

Kain Velboa Memiliki ciri dengan bulu yang pendek dan harganya lebih tidak mahal dibanding bahan rasfur. Pada umumnya, bahan kain ini paling banyak digunakan untuk sebabkan boneka. Bahkan, warna yang tersedia lebih bervariatif baik warna gelap maupun terang.

  • Kain Yelvo

Merupakan bahan boneka yang nyaris sama dengan velboa. Rata-rata Kain yelco berbulu pendek dan terlalu halus. Yelvo adalah bahan kain yang diimpor berasal dari luar negeri. Kain yelvo juga mempunyai tekstur yang lebih halus jikalau dibandingkan dengan velboa, dan kainnya lebih fleksibel atau licin. Jadi kain yelvo cenderung lebih sulit untuk dijahit. Akan tetapi boneka yang dihasilkan cenderung lebih lembut dan halus.

  • Kain Nylex

Dari sekian banyak jenis kain yang digunakan untuk sebabkan boneka. Bahan nylex dikenal sebagai keliru satu jenis bahan kain yang cenderung lebih tipis dan mempunyai permukaan yang kasar.

Skip to toolbar