Cloud Platform

cloud platform

Apa Cloud Platform?

Hardware dan lingkungan operasi dari server di pusat data cloud. Komponen-komponen perangkat lunak sistem (OS, monitor mesin virtual, dll) yang disebut “tumpukan awan. ”
infrastruktur perangkat lunak untuk layanan cloud, yang mencakup aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola account mereka sendiri.

Cloud Computing – Cloud Computing Definisi

peralatan layanan dan vendor perangkat lunak Internet ( “awan”). penyedia awan menggantikan operasi internal dan berharga bagi perusahaan, terlepas dari ukuran atau aplikasi. server cloud dapat dikonfigurasi untuk menangani lalu lintas dalam jumlah kecil atau besar dan memperluas atau kontrak yang diperlukan.

Cloud computing terdiri dari perangkat lunak, layanan dan platform infrastruktur (SaaS, IaaS dan PaaS), yang dijelaskan di bawah ini. Apakah semua fungsi platform Internet Cloud Computing? Belum tentu. Meskipun hampir semua komputasi dilakukan di awan dapat diberi label sebagai komputasi awan, sebenarnya ada dua cara. Itu datang dengan “perangkat lunak sebagai layanan” (SaaS) di mana aplikasi tersebut diberikan kepada perusahaan oleh internet di akhir 1990-an. Untuk pertama kalinya, departemen TI internal yang paling bertanggung jawab untuk pemeliharaan aplikasi. Kedua, perusahaan seperti Amazon dan Google dengan pusat data yang besar dan keahlian internet menawarkan untuk menyewa infrastruktur mereka sendiri: “infrastruktur sebagai layanan” (IaaS) dan “platform sebagai layanan” (PaaS ) .google App Engine. Fitur Cloud Platform (Self Service) Pelanggan (end user atau profesional TI) mendaftar secara online dan mengaktifkan peralatan dan penggunaan perangkat lunak awal sampai akhir tanpa menelepon penyedia untuk membuat account. Tentu saja, dukungan selalu penting.

(Skalabilitas) Server dapat dengan cepat dikonfigurasi untuk memproses lebih banyak data atau untuk mengelola beban kerja sebagai yang terbesar seperti Web lalu lintas selama liburan. (Gratis) penyedia awan besar yang terhubung ke Internet backbone melalui Tier 1 untuk waktu respon yang cepat dan toleransi kesalahan. SaaS – Software sebagai penyedia layanan SaaS mengirim semua aplikasi ke pengguna akhir, membebaskan organisasi dari semua pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak. Berbagai aplikasi yang berjalan di web browser menggunakan model ini, termasuk email berbasis web, G Suite CRM dan Salesforce.com. Pelanggan membayar berdasarkan jumlah pengguna. Untuk ini, itu adalah pergeseran paradigma, karena masalah keamanan dan kerahasiaan muncul ketika data perusahaan disimpan di awan. Infrastruktur / Landasan IaaS / PaaS Juga disebut “cloud hosting yang” dan “utilitas komputasi”, “Infrastruktur as a Service” (IaaS) menyediakan lingkungan operasi dasar, yang umumnya infrastruktur fisik dan mesin virtual (VM). IaaS juga dapat menyediakan sistem operasi. Selain aplikasi mereka, pelanggan IaaS harus menyebarkan dan mengkonfigurasi “stack” perangkat lunak sistem mereka ke server cloud. Melihat mesin virtual.

“Platform sebagai Layanan” (PaaS) menambahkan “stack” (database, bahasa runtime dan komponen sistem lainnya) sehingga pelanggan hanya menggunakan aplikasi mereka. Dengan IaaS dan PaaS, pelanggan membayar kombinasi dari ukuran server, waktu berjalan, jumlah berbagi, menyimpan dan download. Ada banyak pilihan. Lihat tumpukan, runtime, dan perangkat lunak sistem. Faas Pada tingkat yang paling granular, “berfungsi sebagai layanan” (FAAS) adalah paradigma terbaru. Pelanggan hanya membayar untuk waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu (lihat perhitungan tanpa server).

operasi data center adalah pekerjaan besar Daripada mengoperasikan server sendiri, mungkin lebih ekonomis bagi perusahaan untuk menggunakan awan dan menghilangkan masalah keamanan, pemeliharaan, jaringan dan data center lingkungan dengan internal. Selain itu, awan komersial dapat memenuhi standar militer untuk bencana alam. Yayasan awan virtualisasi server menggunakan platform virtualisasi, yang antara keuntungan lainnya, memungkinkan beban kerja aplikasi dengan mudah ditambahkan dan dihapus sebagai modul terpisah. Bahkan, virtualisasi telah menjadi salah satu promotor utama dari model komputasi awan. Namun, jumlah pekerjaan yang dibutuhkan oleh pelanggan sangat berbeda. aplikasi virtual server konfigurasi dapat berkisar dari hampir sepenuhnya otomatis untuk meminta administrator untuk sepenuhnya akrab dengan perangkat lunak yang sangat teknis. server Lihatvirtualisasi dan mesin virtual. Perusahaan awan swasta dan hibrida dapat membuat awan pribadi di pusat-pusat data mereka menggunakan infrastruktur cloud computing yang sama yang digunakan di Internet. Swasta Cloud platform menawarkan fleksibilitas dan self-service yang sama, tetapi dengan kontrol penuh privasi.

awan hybrid adalah swasta dan publik. Jika platform awan swasta, aplikasi berbasis pada kelebihan beban cloud internet. Memperluas perangkat lunak dan database dari server vendor server internal dan mengelola kedua tempat konsol tengah adalah masalah utama dalam pengelolaan komputasi awan.

Sistem cloud manajamen

Platform perangkat lunak server yang menyediakan infrastruktur yang lengkap untuk organisasi yang ingin menyediakan layanan komputasi awan bagi pelanggan adalah publik atau swasta. Ini termasuk sistem operasi, yang biasanya merupakan versi Linux, mesin virtual memantau (VMM) bersama-sama dengan perangkat lunak clustering, load balancing, penciptaan dan migrasi mesin virtual (VM), membuat cadangan mesin virtual dan fungsi terkait lainnya. sistem operasi awan juga menyediakan antarmuka administratif yang diperlukan yang memungkinkan pengguna mengatur dan mengelola sistem mereka.

Skip to toolbar