Faktor Kunci Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Managed Service Indonesia

Faktor Kunci Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Managed Service Indonesia

Sebagai penyedia layanan terkelola (MSP), Anda kemungkinan memasuki lini bisnis ini karena Anda berharap membantu organisasi mengoptimalkan infrastruktur TI mereka, menerima yang terbaik dari teknologinya, dan menjadi mitra bisnis yang membantu dan strategis. Apa yang bermula sebagai mimpi kini sudah berubah menjadi bisnis penuh waktu — bisnis yang harus Anda pastikan tetap berhasil.

Kini, besar kemungkinan Anda tak menerima gelar MBA untuk menjadi MSP, tapi kini sesudah Anda bertanggung jawab atas bisnis Anda, Anda perlu menjadi pakar dalam hal-hal bisnis — seperti keuangan, akuntansi, dan merger dan akuisisi. Semisal, Anda mungkin mempunyai tujuan tahun ini untuk menumbuhkan laba Anda, tapi apa artinya itu hakekatnya? Apa yang masuk ke dalam metrik itu? Jika Anda berharap bisnis Managed Service Indonesia Anda tumbuh dan berhasil, Anda harus mulai berpikir seperti chief finance officer (CFO). Pakai pos ini sebagai tutorial Anda untuk lebih memahami unsur-unsur yang dapat memengaruhi profitabilitas Anda dan pelajari metode mengoptimalkan margin layanan terkelola Anda.

Sebelum masuk, aku harus menyoroti pentingnya melacak indikator performa kunci keuangan (KPI) . Melakukan hal itu dapat membantu Anda menjadi lebih strategis dan melihat apa yang dapat dan tak berfungsi dalam hal pendapatan dan profitabilitas. Salah satu KPI paling penting untuk dinilai merupakan EBITDA. Berdiri untuk menerima penghasilan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi, EBITDA sudah menjadi standar untuk menilai kesehatan dan skor keuangan perusahaan. Kecuali itu, EBITDA dapat diterapkan untuk menilai margin perusahaan. Maka, jikalau kami memahami apa yang dapat memengaruhi EBITDA, kami perlu memahami apa yang dapat memengaruhi margin Anda. Mari kita lihat tiga unsur utama:

Penjualan
Penjualan merupakan angka yang sudah dipahami banyak MSP karena mewakili apa yang mengalir ke pendapatan. Pada dasarnya, ini merupakan jumlah yang Anda faktur untuk tiap-tiap pelanggan Anda, tapi ada juga biaya yang berkaitan dengan penjualan.

Tarif Barang dan Jasa (COGS) menilai biaya lantas yang berkaitan dengan produk dan layanan yang Anda jual. Metrik ini dapat dipecah menjadi beberapa item, termasuk bahan, energi kerja, overhead, program insentif dan banyak lagi. Lazimnya, MSP suka fokus pada nomor penjualan — jumlah hakekatnya yang mereka bayarkan untuk layanan mereka. Melainkan, yang tak dipikirkan banyak MSP merupakan biaya berkaitan untuk mewujudkannya. Jika Anda merasa perlu merekrut teknisi tambahan hanya untuk mendorong klien baru , itu akan sungguh-sungguh meningkatkan COGS Anda, menyebabkan margin Anda menderita. Oleh karena itu, semakin rendah angka ini, semakin efisien perusahaan dalam menggunakan sumber dayanya — membuatnya lebih gampang untuk menjadi lebih menguntungkan.

Tarif operasional
Tarif operasional Anda menutupi biaya untuk mempertahankan operasi bisnis harian Anda, dan seringkali merupakan biaya tersembunyi yang tak dipikirkan MSP . Ini merupakan biaya yang berkaitan dengan penjualan, promosi dan pengiriman produk serta mengelola perusahaan.

Salah satu metrik utama yang harus diperhatikan dalam hal biaya operasional merupakan biaya penjualan, umum dan administrasi (SG&A). Metrik ini biasanya berkaitan dengan segala unsur lain yang datang dengan menjadikan dan memelihara produk, seperti sewa kantor, asuransi, tunjangan, dan pemasaran dan periklanan. SG&A dan biaya operasional mempunyai pengaruh lantas pada laba bersih Anda, jadi penting untuk menjaga biaya ini tetap rendah.

Harga
Terakhir, bagaimana Anda memutuskan harga produk dan layanan Anda dapat berimbas pada margin Anda. Kian besar perbedaan antara COGS Anda dan harga Anda, semakin tinggi pula margin Anda. Melainkan, ada banyak sekali unsur dan model penetapan harga yang perlu dipertimbangkan, menyebabkan beberapa besar MSP berjuang keras untuk memutuskan spot harga yang pas. Kecuali itu, penetapan harga dapat dipengaruhi oleh biaya untuk memberikan layanan, geografi, dan lokasi, dan skor yang dirasakan — terlepas dari model penetapan harga yang Anda pilih.

Sedangkan tak ada pendekatan tunggal untuk penetapan harga dan pengemasan yang akan menjamin kesuksesan, penting untuk memahami perbedaan antara masing-masing pendekatan ketika ini untuk penetapan harga MSP. Jika Anda mencari gambaran umum seputar harga layanan dan model pengemasan layanan terkelola, lihat artikel mendalam kami!

Secara keseluruhan, masing-masing unsur di atas dapat mempunyai pengaruh lantas pada margin bersih Anda, atau berapa banyak tiap-tiap dolar yang Anda hasilkan diterjemahkan ke dalam laba. Margin Anda merupakan metrik penting untuk diperhatikan, karena bertingkah sebagai tolok ukur efisiensi Anda sebagai bisnis.

Bagaimana Anda Bisa Meningkatkan Margin Layanan Terkelola Anda?

Kini sesudah Anda memahami bagaimana margin dapat dipengaruhi, mari balikkan skrip untuk berbicara seputar bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Pada dasarnya, bagaimana Anda dapat memanipulasi item baris yang baru saja kita bicarakan untuk meningkatkan margin Anda dan menumbuhkan laba Anda?

Tingkatkan Penghasilan

Pendekatan pertama yang dapat Anda lakukan merupakan meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Anda dapat melaksanakan ini dengan menaikkan harga layanan Anda, memasarkan lebih banyak layanan, atau menambahkan aliran pendapatan tambahan, seperti meja dukungan TI , cadangan dan pemulihan musibah (BDR) atau keamanan siber .

Kurangi COGS dan SG&A

Salah satu metode Anda dapat mengurangi biaya COGS dan SG&A merupakan mengurangi apa yang Anda belanjakan untuk energi kerja TI di daerah. Jika Anda berjuang dengan pergantian teknisi yang tinggi dan harus terus-menerus mengganti karyawan untuk mempertahankan produktivitas atau staf teknisi Anda sepanjang malam, Anda menghabiskan lebih banyak biaya overhead dan biaya yang menyertainya. Sayangnya, ini tak akan membantu margin Anda dan dapat menghambat pertumbuhan bisnis. Jadi, semakin sedikit Anda membayar untuk cakupan energi kerja dan karyawan, semakin rendah biaya COGS dan SG&A Anda. Melainkan bagaimana tepatnya Anda dapat mencapai itu?

Leverage Outsourcing

Sedangkan benar bahwa sedikit penyesuaian di sana-sini dapat berimbas positif terhadap margin Anda, kesuksesan kongkrit dapat berasal dari memanfaatkan solusi outsourcing. Lewat kemitraan dengan platform platform NetData yang terbuka dan proaktif , misalnya, MSP dapat menjadikan margin yang lebih besar dan mencapai pertumbuhan yang dapat dinilai.

Platform NetData secara lantas didorong oleh Network Operations Center (NOC) berkelas dunia, Sentra Operasi Keamanan (SOC) dan Help Desk, yang memungkinkan MSP memperluas energi kerja dan keahlian mereka secara substansial — tanpa menambah biaya overhead. Berprofesi dengan model outsourcing ini memungkinkan MSP untuk mengungkap proyek ke NOC, mendorong tuntutan TI TI secara episodik dan memberdayakan teknisi untuk lebih fokus pada tugas-tugas yang mendorong pendapatan.

Dan berdasarkan analisis yang dikerjakan oleh Service Leadership, Inc. Managed Service Indonesia yang berpisah dengan NetData mencapai margin yang lebih tinggi, membendung tekanan pasar ke bawah dan beroperasi lebih efisien diperbandingkan dengan rekan non-NetData mereka. Analitik ini menampakkan bagaimana MSP yang menggunakan NetData membelanjakan lebih sedikit dari marjin dekil mereka untuk pengeluaran Biasa dan Administrasi (G&A) ketimbang MSP yang tak — mungkin karena meningkatkan energi kerja berdasarkan permintaan kami memungkinkan mereka untuk berinvestasi lebih banyak di area bisnis lainnya. . Faktanya, MSP yang bekerja dengan NetData rata-rata menghabiskan 6% lebih sedikit dari GM untuk pengeluaran G&A antara 2012 dan 2016. Tanpa perlu merekrut atau menambah teknisi yang mahal ke dalam daftar gaji mereka, MS NetData dapat mencapai margin yang lebih besar dan mendorong profitabilitas.

Analitik ini juga membuktikan bagaimana mitra NetData mencapai rata-rata 8 persen skor margin dekil lebih tinggi pada layanan yang dikelola ketimbang mitra non-NetData. Kecuali itu, mitra NetData mencatat angka EBITDA yang Disesuaikan yang rata-rata 7 skor persentase lebih tinggi ketimbang rekan-rekan mereka menggunakan platform lain. Oleh karena itu, ketika MSP mengambil profit dari outsourcing fungsi tertentu ke penyedia pihak ketiga seperti NetData, mereka dapat membatasi biaya, mengalokasikan sumber energi secara strategis, fokus pada inisiatif bisnis penting dan mengoptimalkan profitabilitas.

Anda baru saja belajar seputar bagaimana rekan kerja Anda mencapai margin dan profitabilitas yang lebih besar dengan NetData. Lihat sendiri bagaimana platform transformatif kami dapat melaksanakan hal yang sama untuk bisnis Managed Service Indonesia Anda!

Skip to toolbar