Ini Dia Grosir Peci Yang Berkualitas

Grosir Peci

Grosir Peci – Peci sanggup disimpulkan termasuk sebagai kopiah atau songkok. Bicara soal histori peci, sebagian orang dapat mengacu terhadap Fez, tutup kepala kaum nasionalis Turki atau petje dari bhs Belanda, artinya topi kecil. Sementara nama kopiah, orang Islam Indonesia mengacu terhadap keffieh, kaffiyeh atau kufiya dari bhs Arab. Artinya, tutup kepala juga, namun bentuknya tak seperti peci atau songkok.

Peci atau kopiah mungkin agak dekat dengan kepi di dalam bhs Perancis. Bentuk kepi yang biasa dipakai militer Perancis agak serupa dengan kopiah yang kita kenal di Indonesia. Bedanya lebih bulat dan ada semacam kanopi di anggota depannya yang serupa topi. Sementara, istilah songkok, mengacu dari bhs melayu dan Bugis. Di sebagian tempat di Indonesia dengan efek Melayu dan Bugis, menyebut peci sebagai Songkok. Demikian pula di Malaysia dan Brunei.

Sebelum ada peci, laki-laki di Indonesia punya kebiasaan menutup kepala dengan kuncir kepala. Tanpa tutup kepala, seorang laki-laki dianggap tak jauh beda dengan orang telanjang. Tutup kepala adalah anggota dari kesopanan.

Peci jadi ramai dipakai di Indonesia sesudah kain lebih ringan diperoleh. Pemakainya tak selalu berbaju resmi. Ada yang memanfaatkan peci meski bercelana pendek. Peci, biasanya terbuat dari kain beludru yang diberi rangka plastik padat sehingga tegak. Di Tanah Bugis, Peci tradisional mereka, terbuat dari pelepah daun lontar yang dipukul-pukul sampai menjadi serat, lantas dianyam. Peci ini disebut Songkok Recca. Ukurannya berbeda dengan peci yang dipakai secara nasional di dalam forum resmi jaman kini.

Di Indonesia peci nyaris sama juga dengan Islam. Banyak tokoh Islam berfoto di dalam suasana berpeci. Jamaah-jamaah tokoh Islam pun termasuk memanfaatkan peci. Seejak abad XIII peci telah diperkenalkan kepada orang Islam di Indonesia. Baru terhadap awal abad XX orang Islam di Indonesia beramai-ramai memanfaatkan peci. Dalam perjalanannya, peci dianggap sebagai identitas Islam.

Grosir Peci

Grosir Peci

pixabay.com

Peci sedemikian lekat dengan Islam, padahal tidak demikian. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, peci hitam atau kopiah merupakan penutup kepala khas Indonesia dan tidak ada hubungannya dengan agama Islam. Sudah banyak juga saat ini penyedia Grosir Peci dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terbaik.

Peci memang merupakan simbol kebangsaan. Sayangnya, peci kini hanya sekadar simbol. Menggunakan peci tak begitu saja membuat semua pemakainya menedalani keteladanan pendiri bangsa yang selalu menjaga diri dan menjadi panutan. Seperti Hatta dan Soekarno yang jauh dari korupsi. Apa yang terjadi sekarang adalah, sebagian besar pelaku kasus korupsi adalah orang-orang yang pernah berpeci dengan gagah. Nyaris tidak ada yang menjadikan peci sebuah tutup kepala penjaga kehormatan yang selalu mengingatkan dirinya sendiri untuk berlaku terhormat.

Secara kesimpulan, perbedaan peci dan kopiah ini tidak terlalu signifikan. Ciri khas kopiah yang kita ketahui ialah berwarna hitam. Memiliki bentuk pipih di kedua sisi dan lonjong di ujungnya. Kopiah biasa dibuat dengan bahan seperti beludru. Dan juga, kopiah sendiri sering dibuat dengan tanpa motif. Memiliki warna dasar dan polos. Namun, kini kopiah telah mengalami banyak perubahan. Seperti diberikan motif pada sisi sampingnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan inovasi pada kopiah.

Sedangkan untuk peci, ia memiliki bentuk lingkaran. Berbeda dengan kopiah yang berbentuk lonjong. Bahan yang digunakan untuk produksi peci pun bermacam-macam jika dibandingkan dengan kopiah. Motif yang tertera di peci juga bervariasi.

Itulah perbedaan peci dan kopiah secara singkat. Tetapi saat ini peci lebih banyak digemari. Pasalnya, peci bisa dikenakan oleh semua kalangan. Baik dari yang muda hingga yang tua, walaupun kopiah juga demikian. Namun untuk peci, lebih bisa dimodif desainnya. Sehingga membuat anak muda tampil bukan hanya digunakan sebagai aksesoris dalam ibadah, namun juga sebagai aksesoris untuk tampil memaksimalkan fashion seorang muslim.

Sejatinya inovasi yang diterapkan pada peci ialah untuk memperkenalkan bahwa peci itu bukan penunjang aktivtias ibadah saja. Namun juga bisa digunakan sebagai fashion. Banyak merk peci yang diminati oleh kawula muda. Salah satu merk peci yang saat ini digemari ialah Samase. Brand ini menerapkan sebuah konsep yang sangat modis serta kekinian. Sehingga seluruh peci buatannya bisa disesuaikan dengan pelanggannya. Baik itu untuk yang muda-muda maupun yang sudah tua.

Grosir Kopiah

Grosir Kopiah

pixabay.com

Kopiah/peci sebagai anggota atribut pakaian kaum pria di Indonesia yang lumayan populer, berkembang sebagai atribut pakaian resmi di kalangan pemerintah dan atribut pakaian keseharian penduduk Indonesia yang puncaknya berjalan pada pertengahan abad ke-20. Kopiah/peci disepakati secara sosial sebagai salah satu atribut yang persis dengan bangsa Indonesia, walau asal usulnya bukanlah berasal berasal dari kebudayaan Indonesia asli. Penelitian ini miliki target mengutarakan alasan kopiah/peci bisa di terima sebagai atribut pakaian yang persis dengan identitas bangsa Indonesia, penelitian ditunaikan dengan metode kualitatif melalui pendekatan latar belakang sejarah dan pertumbuhan desain kopiah/peci yang bisas ditemui di tempat-tempat. Grosir Kopiah yang bertransformasi ikuti pergantian zaman dan menjadi benar-benar banyak ragam di tiap-tiap daerah Indonesia.

Layaknya atribut pelengkap berbusana, kopiah/peci termasuk mengalami pergeseran nilai dan kegunaan di dalam penggunaannya di masyarakat, perihal seterusnya tidak terlepas berasal dari dinamika pergeseran mode/fashion yang tetap terjadi. Menurut beberapa orang, langkah menggunakan kopiah/peci bisa menjadi indikator sifat teristimewa bersangkutan, serupa dengan langkah memakai pakaian yang bisa menunjukan sifat dan standing pemakainya. Konsep basic berasal dari desain kopiah/peci berwujud oval dan berwarna hitam dengan tampilan yang sederhana, merupakan hasil pengembangan orang Indonesia dan mencerminkan pada budaya bangsa Indonesia yang rendah hati.

Pada awalnya peci hitam ini dipakai sehari-hari untuk pelengkap salat, kini peci hitam merupakan peci kebangsaan dan ternyata miliki kegunaan mistis. Bagi penduduk suku Bugis dan Makassar, peci hitam benar-benar dibutuhkan ketika hendak memicu pulih orang yang mengalami gatal-gatal yang tak seperti biasanya. Dengan kata lain, gatal yang disebabkan roh halus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar