Kelebihan Aruba Access Point

Aruba Access Point – Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang terlalu mungkin peranti nirkabel untuk terhubung ke di dalam jaringan bersama dengan manfaatkan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) supaya dapat meneruskan data pada beraneka peranti nirkabel (seperti pc atau pencetak) bersama dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan beberapa besar manfaatkan IEEE 802.11.

Beberapa orang mengacaukan titik akses nirkabel dengan jaringan ad hoc nirkabel. Jaringan ad hoc menggunakan koneksi antara dua atau lebih perangkat tanpa menggunakan Access Point nirkabel; Perangkat berkomunikasi secara langsung saat berada dalam jangkauan. Karena penyiapannya mudah dan tidak memerlukan titik akses, jaringan ad hoc digunakan dalam situasi seperti pertukaran data cepat atau permainan video multipemain. Karena tata letak peer-to-peer-nya, koneksi Wi-Fi ad hoc mirip dengan koneksi yang tersedia menggunakan Bluetooth.

Aruba Access Point Harga

Jaringan nirkabel telah menjadi salah satu teknologi yang telah merevolusi jaringan data, baik untuk pengguna rumahan maupun jaringan bisnis. Jaringan nirkabel di rumah memberi kita mobilitas sehingga kita tidak terikat pada satu lokasi pun di dalam rumah. Router nirkabel modern memiliki titik akses nirkabel bawaan dan biasanya memberikan fleksibilitas untuk memungkinkan koneksi kabel dan nirkabel.

Jadi apa yang harus kita cari saat memilih titik akses nirkabel? Ada banyak model yang dapat dipilih, menawarkan berbagai macam protokol dan standar pendukung. Mereka juga datang dalam kisaran harga yang luas tergantung pada jaringan yang dirancang untuk mereka dukung. Sebelum pengenalan Aruba Access Point Nirkabel, jaringan nirkabel awal disebut sebagai jaringan Ad Hoc, karena dua atau lebih perangkat berkemampuan nirkabel berkomunikasi satu sama lain ketika keduanya dalam jangkauan, mirip seperti jaringan Bluetooth. Jaringan Ad Hoc baik-baik saja jika ada tema umum seperti bermain game, tetapi tidak terlalu bagus untuk koneksi Internet umum. Jaringan nirkabel yang menggunakan Titik Akses Nirkabel memiliki sejumlah keunggulan berbeda, seperti kemudahan di mana mereka dapat diamankan dengan protokol keamanan yang tepat dan keuntungan lainnya adalah kemampuan untuk memiliki beberapa titik akses yang mendukung banyak WLAN yang semuanya terhubung ke Area Lokal berkabel yang sama Jaringan.

Aruba Access Point Outdoor

Aruba Access Point Nirkabel memiliki banyak aplikasi yang beragam saat ini, dan ini berkisar dari menyediakan akses nirkabel ke LAN perusahaan, dan ketika beberapa titik akses digunakan maka jelajah menjadi mungkin. Pengontrol WLAN biasanya digunakan untuk mengelola sekelompok AP dalam lingkungan LAN. Beberapa Titik Akses Nirkabel digunakan untuk memungkinkan publik terhubung ke Internet seperti di hotel, kedai kopi, dan bahkan supermarket. Sebaiknya gunakan jaringan nirkabel publik ini untuk memiliki keamanan yang baik pada PC Anda karena keamanan bukanlah fitur hebat dari aplikasi ini. Titik akses yang digunakan dengan cara ini sering disebut sebagai hotspot nirkabel.

Aruba Access Point Review

Standar nirkabel yang umum adalah standar IEEE 802.11 yang memiliki 3 kategori utama, yaitu 802.11a, 802.11b dan 802.11b. Standar IEEE 802.11a dirancang untuk beroperasi dalam pita nirkabel UNII 5Ghz, sedangkan standar IEEE 802.11b dan g beroperasi dalam pita ISM 2.4Ghz. Standar IEEE 802.11g dapat memberikan kecepatan hingga 54Mbps dan kompatibel dengan standar IEEE 802.11b. Dengan antena keragaman yang mendukung standar IEEE 802.11n, kecepatan hingga 300Mbps dapat dicapai. Jangan biarkan kecepatan ini membodohi Anda karena banyak bandwidth yang digunakan oleh overhead canggih yang terkait dengan jaringan ini. Biasanya koneksi 54Mbps akan memberi Anda throughput TCP / IP pada maksimum 25Mbps.

Aruba Access Point Controller

Pertimbangan yang sangat penting saat menggunakan WAP adalah keamanan dalam bentuk otentikasi untuk memastikan hanya perangkat klien tepercaya yang diasosiasikan dengan titik akses dan enkripsi untuk memastikan semua data yang Anda kirim melalui lingkungan radio aman dari penyadapan. Semua perangkat klien berbagi lingkungan nirkabel yang sama dan memiliki akses ke jaringan itu melalui penggunaan CSMA / CA (Carrier Sensed Multiple Access with Collision Avoidance). Setiap klien nirkabel dalam jangkauan sinyal radio akan dapat mendeteksi keberadaan titik akses nirkabel dan mungkin mencoba untuk menghubungkannya. Ketika metode keamanan yang tepat digunakan, hanya klien dengan kredensial otentikasi yang benar yang dapat mengaitkan dan kemudian memiliki akses ke saluran radio.

Aruba Access Point Wifi 6

Saat memilih titik akses nirkabel, periksa fitur keamanan yang didukung. Metode lama yang kurang aman mencakup WEP (Wired Equivalent Privacy) dengan kunci enkripsi biasanya 64 atau 128-bit. Metode ini dapat dikompromikan oleh individu yang memiliki pengetahuan. Anda setidaknya harus mencari perangkat yang mendukung WPA (Wi-Fi Protected Access), atau lebih baik lagi standar WPA2 yang lebih maju. Dalam lingkungan perusahaan, WAP sering dilindungi dengan menggunakan standar IEEE 802.1x yang menggunakan server untuk mengotentikasi klien sebelum mereka diizinkan mengakses. Sakelar Ethernet tempat titik akses terpasang akan menantang perangkat dan meneruskan informasi yang diterima ke server seperti server RADIUS (Remote Access Dial In Use Service), yang akan memberi tahu sakelar apakah akses harus diberikan atau tidak.

Aruba Access Point Price

Saat menentukan jalur akses mana yang harus Anda beli, Anda harus terlebih dahulu memutuskan akan digunakan untuk apa. Berapa banyak throughput yang Anda butuhkan untuk aplikasi Anda? Akankah jaringan 54Mbps cukup atau mungkin Anda ingin atau perlu memiliki standar IEEE 802.11n yang berjalan pada 300Mbps. Apakah titik akses nirkabel perlu dipasang di dinding atau langit-langit, atau hanya untuk ditempatkan di desktop? Apakah antena yang ada akan memberikan penguatan yang cukup untuk kebutuhan Anda, atau apakah antena perlu dilepas untuk memungkinkan antena yang lebih cocok digunakan. Bagaimana dan di mana WAP akan terhubung ke jaringan kabel dan tingkat keamanan apa yang Anda perlukan?

Akhirnya, sesuatu yang belum kita diskusikan sejauh ini, dapatkah Anda menggunakan titik akses dengan adaptor daya atau apakah perangkat perlu diberi daya melalui jaringan dari Sakelar PoE (Power over Ethernet) atau bahkan Power Injector?

Apakah perangkat yang Anda pilih memiliki Antarmuka Pengguna Grafis intuitif sederhana untuk konfigurasi dan pemantauan, atau apakah Anda memerlukan keterampilan konfigurasi karena perangkat dikonfigurasikan dari antarmuka baris perintah?

Semakin banyak fitur dan fungsi yang Anda perlukan dengan WAP Anda, semakin besar kemungkinan biaya unit tersebut untuk Anda.

Aruba Access Point Setup

Langkah pertama dalam pemasangan router nirkabel adalah memilih peralatan yang tepat. Peralatan harus sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Peralatan tersebut harus mendukung tiga teknologi jaringan nirkabel. Ketiga teknologi jaringan nirkabel tersebut adalah 802.11a, 802.11b, dan 802.11g.

Koneksi Internet broadband lebih disukai. Komputer harus memiliki dukungan jaringan internal atau adaptor jaringan nirkabel. Pastikan bahwa perute nirkabel tersedia dan bukan titik akses nirkabel. Cabut modem internet terlebih dahulu sebelum menghubungkan router nirkabel. Modem harus terhubung langsung ke Internet. Ketika semua perangkat saling terhubung, router nirkabel akan berkomunikasi dengan Internet.

Pastikan interkoneksi yang benar dijalankan. Ada perbedaan dalam label port penghubung tergantung pada model dan produsen router nirkabel. Perbedaan pelabelan ini tidak masalah, yang penting adalah fungsi perangkat yang terhubung ke router.

Aruba Access Point Default Password

Sudahkah Anda mengubah nama pengguna dan / atau kata sandi perute Aruba Networks dan lupa untuk apa Anda mengubahnya? Jangan khawatir: semua Aruba Access Point dilengkapi dengan kata sandi bawaan pabrik yang dapat Anda kembalikan dengan mengikuti petunjuk di bawah ini. Atur ulang router Aruba Networks ke kata sandi default Jika Anda memutuskan untuk mengembalikan router Aruba Networks ke pengaturan default pabrik, Anda harus melakukan reset 30-30-30 sebagai berikut: Saat router Aruba Networks Anda dihidupkan, tekan dan tahan tombol reset selama 30 Detik. Sambil menahan tombol reset, cabut daya router dan tahan tombol reset selama 30 detik Sementara masih menahan tombol reset, nyalakan kembali unit dan tahan selama 30 detik. Jaringan Aruba Anda router sekarang harus diatur ulang ke pengaturan pabrik baru, Periksa tabel untuk melihat apakah itu (Kemungkinan besar admin / admin). Jika pengaturan ulang pabrik tidak berfungsi, lihat panduan pengaturan ulang pabrik Aruba Networks 30 30 30

Aruba Access Point Default Ip Address

Mayoritas Aruba Access Point Networks memiliki nama pengguna default admin, kata sandi default admin, dan alamat IP default 192.168.1.1. Kredensial Aruba Networks ini diperlukan saat melakukan login ke antarmuka web router Aruba Networks untuk mengubah pengaturan apa pun Karena beberapa model tidak mengikuti standar, Anda dapat melihatnya pada tabel di bawah. Di bawah tabel juga terdapat petunjuk tentang apa yang harus dilakukan jika Anda lupa kata sandi router Aruba Networks, perlu mengatur ulang router Aruba Networks Anda ke kata sandi default pabrik, atau pengaturan ulang kata sandi tidak berfungsi.

Aruba Access Point Models

Pertama, Anda harus menentukan berapa banyak Aruba Access Point yang Anda perlukan untuk hotspot nirkabel Anda. Untuk tempat usaha seperti kedai kopi kecil dan kafe, jawaban atas pertanyaan ini biasanya cukup sederhana. Selama tata letak tempat-tempat bisnis ini relatif mudah dan hanya ada sedikit penghalang, kemungkinan besar hanya satu titik akses yang diperlukan.

Bisnis yang lebih besar, atau tempat bisnis dengan denah lantai yang rumit mungkin tidak sesederhana desainnya. Bisnis seperti hotel, bandara, atau rumah sakit yang besar, bentuknya tidak teratur, dan memiliki sejumlah penghalang kemungkinan akan membutuhkan banyak titik akses. Bahkan area kecil mungkin memerlukan titik akses tambahan jika ada fitur arsitektural seperti dinding atau sofit yang berdampak buruk pada kemampuan menyediakan akses Internet nirkabel.

Skip to toolbar