Kemampuan Yang Diperlukan Sebagai Seorang IT Konsultan

Kemampuan Yang Diperlukan Sebagai Seorang IT Konsultan

Pekerjaan Seorang Konsultan IT

Sistem dan alur kerja seorang IT Konsultan bervariasi tergantung pada kasus dan klien yang dihadapi, seperti misalnya, mengusulkan pengembangan sistem berdasarkan strategi IT yang juga sejalan dengan kebijakan manajemen perusahaan, atau meningkatkan manajemen perusahaan melalui pengoptimalan sistem.

Jika diminta untuk memperkenalkan sistem, hal tersebut merupakan tugas seorang konsultan IT untuk terlibat dalam segala hal mulai dari desain hingga pengembangan serta verifikasi terhadap sistem.

Tentu saja, bukan berarti seluruh pengerjaan sistem dikerjakan oleh satu (1) orang konsultan IT tersebut. Konsultan IT bekerja sama dengan tim di masing-masing bidang untuk mencapai tujuan dalam melakukan bisnis.

Karena mereka bekerja dikelilingi dengan orang-orang profesional di berbagai bidang, hal tersebut membuat seorang konsultan IT dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik seorang konsultan IT.

Peran Seorang Konsultan IT

IT Konsultan bertanggung jawab untuk menyiapkan solusi dengan memanfaatkan ‘IT’ untuk memecahkan masalah dalam manajemen perusahaan. Beberapa tahun terakhir, pentingnya peran IT dalam berbagai bidang semakin meningkat sehingga perusahan dan pengelolaan sistem tidak dapat dicapai tanpa IT. Selain itu, konsultasi mengenai project seperti peningkatan bisnis dan reorganisasi organisasi menggunakan sistem IT menjadi sangat meningkat.

Pekerjaan konsultan IT dibagi menjadi beberapa alur berikut.

  • Konsultan yang bertanggung jawab perumusan strategi dalam bidang IT, organisasi IT, perencanaan dan strategi IT.
  • Digital Consultant yang membuat perencanaan untuk meningkatkan bisnis dengan menggunakan Big Data, Web Marketing dan aplikasi mobile.
  • Konsultan PMO (Project Management Office) untuk PJT yang termasuk implementasi ERP dan dukungan untuk pengenalan sistem SCM & CRM.
  • Konsultan yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur, outsourcing, manajemen aset dalam bidang IT.
  • Konsultan yang bertanggung jawab terhadap kebijakan keamanan dan manajemen terhadap risiko yang mungkin terjadi yang berkaitan di bidang IT.

Kemampuan yang Diperlukan Sebagai Seorang Konsultan IT

Kemampuan yang diperlukan seorang konsultan IT berbeda-beda tergantung pada project dan isi pekerjaan. Meskipun tidak perlu mencakup semuanya, ada bagian di mana informasi dan pengalaman yang dimiliki dapat menjadi sebuah ‘senjata’, sehingga semakin banyak kemampuan yang dimiliki maka semakin mudah juga untuk memperoleh pengakuan.

Pengalaman berharga

Meskipun bukan seseorang yang berpengalaman ataupun hanya memiliki pengalaman yang sedikit, apabila di awal memiliki pengalaman sebagai support team di konsultan IT, maka hal tersebut dapat menjadi pengalaman berharga. Seorang konsultan IT yang sering menghadapi tantangan dari berbagai perusahaan dan project serta bertanggung jawab atas sejumlah tugas lebih sering diperlukan karena memiliki harapan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah meskipun tidak teratur.

Pengetahuan khusus

Terdapat beberapa situasi di mana pertukaran informasi dengan pelanggan dilakukan untuk manajemen strategi sehingga keahlian dalam bidang manajemen juga sangat penting. Selain itu, karena hanya dapat digunakan dalam bidang khusus seperti keahlian pada ERP dan CRM, maka sangat penting untuk mempelajarinya lebih dalam.

Kemampuan memecahkan masalah

Sangat penting untuk mengidentifikasi masalah dalam manajemen bisnis dan juga bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, penting untuk berpikir secara logis terhadap berbagai hal dan bukan hanya dalam situasi darurat saja tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkembang secara mendasar.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk mengelola operasi bisnis seperti bekerja sama dengan tim, anggota pengembangan, dan anggota lainnya dari berbagai divisi, sama halnya juga saat berinteraksi dengan klien ketika memecahkan permasalahan. Teknik untuk menyampaikan informasi secara akurat merupakan kemampuan berkomunikasi yang juga diperlukan.

Pengalaman dalam mengembangkan project

Untuk dapat menjalankan project dengan lancar, sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk memeriksa pengembangan dan mendukung dalam proses uji-coba atau memeriksa spesifikasi dan desain dokumen untuk mengklarifikasi masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya, akan sangat mudah bagi mereka untuk mendapatkan pengakuan apabila berhasil dalam melakukan pengembangan dan proses uji-coba tersebut.

Namun, yang paling diutamakan kemungkinan adalah orang-orang yang dulunya memiliki pengalaman dan telah memahami alur serta pengembangan sistem.

Perusahaan konsultan teknologi informasi kami memberikan layanan IT Konsultan khusus yang mencakup berbagai strategi teknologi bisnis. Tidak seperti banyak perusahaan konsultan IT lainnya, Tim kami memberikan panduan strategis tentang berbagai topik, termasuk strategi cloud, perencanaan anggaran IT, manajemen risiko, perencanaan pemulihan bencana, perencanaan kontinuitas bisnis, penilaian IT , perencanaan strategi, dan layanan komunikasi dan administrator. Silakan hubungi kami jika Anda tertarik pada layanan konsultasi IT atau topik lain yang tidak tercantum di sini.

Skip to toolbar