Mengenal Bandwidth Management Secara Terperinci

Bandwidth Management

Pengertian Bandwidth

Bagi orang yang bekecimpung dengan jaringan bisnis situs dan mereka pasti mengetau apa bandwidth. Bandwidth adalah konsumsi transfer data nilai dihitung dalam bit / sec umumnya ditunjuk oleh bit per detik (bps), antara server dan klien dalam waktu tertentu. Atau definisi adalah luas atau lebar bandwidth rentang frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimum saluran komunikasi yang digunakan untuk transfer data dalam hitungan detik. Fungsinya adalah untuk menghitung bandwidth transaksi data.

Komputer dari Bandwidth Management jaringan komputer, bandwidth sering digunakan sebagai sinonim untuk data transfer rate adalah jumlah data yang dapat diambil dari satu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu ( biasanya dalam detik). Bandwitdh melalui jaringan komputer biasanya diukur dalam bit per detik (bps).

Jika kita menggunakan (Local Area Network) 100 mbps LAN, cara-cara yang mudah dapat melakukan transaksi data maksimum 100 megabit per detik (mbps). Kemudian, jika modem yang bekerja di 57.600 bps memiliki bandwidth 2 kali lebih besar dari modem beroperasi pada 28.800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki bandwidth yang besar atau besar untuk memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar seperti seperti mengirim gambar atau video presentasi bahkan dapat mengirim video.

Demikian pula pada web hosting dengan bandwidth yang kemudian akan ada di mana kekuatan web hosting dapat mentransfer data dan informasi dengan cepat. IDCloudHost menawarkan kapasitas bandwidth unlimited yang dapat digunakan untuk kegiatan dengan lalu lintas yang sangat tinggi.

Terimaksih memebaca mengambil waktu untuk artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu menyederhanakan pekerjaan Anda.

Jenis-Jenis Bandwidth

Terdapat dua jenis bandwidth yakni :
  • Digital Bandwidth: Digital Bandwidth ialah jumlah atau volume data yang dapat diantarkan melalui sebuah drainase komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi.

 

  • Analog Bandwith: Analog Bandwidth ialah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam suatu rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menilai berapa tidak sedikit informasi yang dapat ditransimisikan dalam satu saat.

Pengertian Manajemen Bandwidth


Management Bandwith, ialah suatu perangkat yang dapat dipakai untuk management dan mengoptimalkan sekian banyak jenis jaringan dengan merealisasikan layanan Quality Of Service (QoS) untuk memutuskan tipe-tipe lalulintas jaringan. sementara QoS ialah kemampuan untuk mencerminkan suatu tingkatan pencapaian didalam sebuah sistem komunikasi data.

Manajemen Bandwidth ialah pengalokasian yang tepat dari sebuah bandwidth guna mendukung keperluan atau keperluan software atau sebuah layanan jaringan. Pengalokasian bandwidth yang tepat bisa menjadi di antara metode dalam memberikan garansi kualitas sebuah layanan jaringan QoS = Quality Of Services).

Bandwidth Management ialah proses mengukur dan mengontrol komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, guna menghindari memenuhi link guna kapasitas atau overfilling link, yang akan menyebabkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk.

Maksud dari Bandwidth Management ini ialah bagaimana kita merealisasikan pengalokasian atau penataan bandwidth dengan memakai sebuah PC Router Mikrotik. Manajemen bandwith memberikan keterampilan untuk menata Bandwidth jaringan dan menyerahkan level layanan cocok dengan keperluan dan prioritas cocok dengan permintaan pelanggan.

Simple Queues

Queues ialah menu pada winbox dimana saya dan anda bisa memanagement bandwith pada sebuah koputer client yang cocok dengan kemauan admin. Dimana computer client diberi batas akses upload dan download ke jaringan internet.

Skip to toolbar