Penjelasan dan Tugas Untuk IT Konsultan

Penjelasan dan Tugas Untuk IT Konsultan

Konsultan IT adalah profesi yang berhubungan dengan teknologi info atau cara info dan komputer seperti software, hardware, jaringan (network). Maka IT Konsultan memiliki keahlian sebagai :

  • Programmer bahasa penyusun web, HTML, PHP, ASPX
  • Programmer bahasa Basic, Visual Basic, .NET, Java, Phyton, Cobol, Assembly
  • Pakar operating system dan pembuatan aplikasi : Windows, Linux, Unix, Android, Apple OS, Blackberry OS
  • Ahlli server dan jaringan : Windows Server, Linux, Cisco
  • Pakar database : SQL, MySQL, Microsoft Access
  • Pakar cara keamanan : hacking, anti virus, sniffing, phising
  • Tak wajib 1 orang menguasai seluruh keahlian konsultan IT tersebut, tetapi lazimnya seseorang ahli atau spesial pada salah satunya.

Jasa Konsultan IT

Perusahaan Tugas Konsultan IT

Tugas utama seorang konsultan adalah merekomendasikan solusi teknologi IT terbaik untuk menuntaskan keadaan sulit yang ada.

  1. Memberikan konsultansi/anjuran mengenai solusi IT terbaik untuk menuntaskan keadaan sulit
  2. Membikin dokumen seperti proposal, requirement dan desain software secara umum
  3. Melakukan pelatihan (training) kepada para pengguna software


Memberikan konsultasi, masukan dan solusi mengenai seluruh hal yang berhubungan dengan komputer yang meliputi hardware, software dan cara menuntaskan keadaan sulit pada komputer saat mengalami kerusakan atau malfungsi.


Memberi anjuran dan masukan mengenai sejauh mana perlunya menerapkan networking atau jaringan pada cara perusahaan dan menerangkan manfaat pengaplikasiannya. Penggunaan cara networking yang baik mengaitkan unit-unit antar departemen untuk penyebaran beraneka info dan untuk berkomunikasi menjadi lebih gampang.


Membikin program atau perangkat lunak yang bermanfaat untuk mempermudah daya kerja perusahaan. Umpamanya program penggajian, cara akuntansi, rekrutmen, customer support dan lain sebagainya.


Mendesain web perusahaan yang menarik untuk menampakkan profil perusahaan dan jenis layanannya kepada publik, sekalian mempublikasikannya secara online dan menetapkan jikalau web nya dapat diakses masyarakat luas tanpa hambatan loading yang lambat.


Menyediakan training atau pelatihan bilamana diperlukan dan dipinta oleh perusahaan. Dan memberikan nasihat kepada karyawan perusahaan bagaimana cara menerapkan perangkat hardware atau komputer demi mendorong efisiensi profesi dan untuk meningkatkan daya kerja perusahaan.


Pada alhasil, IT Konsultan diinginkan dapat secara tepat sasaran mendorong daya kerja perusahaan, melancarkan operasional dan mempermudah akses info ke luar perusahaan kepada pihak-pihak yang memerlukan.


Seorang konsultan IT wajib mengetahui tiap perkembangan komputer dan seluruh hal yg berhubungan dengannya sejak permulaan hingga perkembangan terkini. Tak terbatas hanya Programmer saja, banyak profesi dalam bidang IT yang orang umum belum ketahui. Ada Web Designer yang lazimnya memiliki ide-ide kreatif dalam desain web dan mengerti HTML atau CSS. Dan yang memiliki peranan amat penting dalam dunia IT adalah Analis Sistem. Tamatan teknik infomatika yang baru saja menuntaskan kuliahnya tampak mulai menggeser minatnya dari programming (coding) ke arah Analis Sistem. Analis Sistem adalah bagian yang mendesain cara yang diperlukan oleh user. Analis Sistem mengendalikan peranan amat penting dalam cara kerja pengembangan cara bagi perusahaan. Secara umum trek ini yang ditawarkan oleh konsultan IT.

Analis Sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat keras dan cara yang paling pantas dengan keperluan.

Seorang analis cara wajib memiliki setidaknya empat keahlian: analitik , teknis, manajerial, dan interpersonal (kesanggupan berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analitik memungkinkan untuk memahami perilaku organisasi perusahaan beserta fungsi-fungsi di dalamnya, pemahaman tersebut amat membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisa penyelesaian keadaan sulit.

Perusahaan Konsultan IT Profesional


Kami adalah perusahaan IT Konsultan berpengalaman yang siap membantu Anda untuk menuntaskan beraneka keperluan bidang Teknologi Isu.

Konsultan IT-SUMKM adalah bagian dari usaha Sahabat UMKM yang bergerak dan memfokuskan diri pada bidang Konsultan IT, Security dan training/pelatihan. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan keterkaitan nya dengan bidang usaha maka kami hadir di dunia teknologi info guna memberikan solusi, perencanaan, dan taktik yang terintegerasi sebagai skor tambah yang optimal bagi keperluan dan keadaan sulit dibidang Teknologi Isu.

Dengan dukungan kekuatan yang profesional dan berperngalaman dibidangnya, kami akan berupaya semaksimal mungkin guna memenuhi seluruh keperluan Teknologi Isu yang diperlukan oleh para pelanggan. Janji kami untuk selalu melahirkan inovasi-inovasi baru dalam memberi skor tambah di bidang pengelolaan teknologi info melalui tingkatan-tingkatan yang bermula dari konsultasi, perencanaan, pengembangan, managemen proyek, operasional, serta layanan purna jual.

Skip to toolbar