Peranan & Tanggung Jawab Petugas Security

Pusat perbelanjaan, sekolah atau pusat bisnis komersial, bahkan rumah sekalipun orang-orang selalu menghadapi risiko terjadinya kejahatan. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk memerangi situasi seperti ini adalah dengan menggunakan sistem keamanan yang canggih dan memiliki solusi keamanan yang cerdas. Security atau security adalah salah satu opsi keamanan paling umum yang bisa Anda pilih. Hal ini dikarenakan security profesional mampu melakukan pekerjaan yang baik untuk melindungi Anda dari kejahatan. Untuk memahami lebih dalam mengenai security profesional ini, mari simak penjelasan berikut.

Apa itu Security?
Seorang security adalah seseorang yang berpatroli dan memeriksa properti terhadap kebakaran, pencurian, vandalisme, terorisme, dan aktivitas ilegal. Mereka memantau orang dan bangunan dalam upaya mencegah kejahatan.

Apa yang dilakukan Security?
– Security biasanya melakukan hal berikut :
– Melindungi dan menegakkan hukum pada properti majikan
– Monitor alarm dan CCTV
– Kontrol akses untuk karyawan, pengunjung, dan kontraktor luar
– Melakukan pemeriksaan keamanan di area tertentu
– Menulis laporan komprehensif yang menguraikan apa yang mereka amati saat berpatroli
– Mewawancarai saksi untuk kesaksian pengadilan nanti
– Menahan pelanggar pidana

Kunjungi Juga: Penyedia Jasa Security

Security harus tetap waspada, mencari sesuatu yang tidak biasa sepanjang kegiatannya. Dalam keadaan darurat, security dapat meminta bantuan dari polisi, pemadam kebakaran, atau layanan ambulans.

Adapun tanggung jawab security berbeda dari satu majikan ke yang lain.
Berikut ini adalah berbagai bentuk tanggung jawab security berdasarkan posisinya.
– Di toko ritel, security melindungi orang, catatan, barang dagangan, uang, dan peralatan. Mereka dapat bekerja untuk mencegah pencurian oleh pelanggan atau karyawan, menahan tersangka sampai polisi tiba, atau patroli tempat parkir.
– Di gedung-gedung perkantoran, bank, hotel, dan rumah sakit, security menjaga ketertiban dan melindungi pelanggan, staf, dan properti.
– Di museum atau galeri seni, security melindungi lukisan dan pameran dengan mengawasi orang dan memeriksa paket yang masuk dan meninggalkan gedung.
– Di pabrik, gedung pemerintahan, dan pangkalan militer, security melindungi informasi dan produk, serta memeriksa kredensial orang dan kendaraan yang keluar masuk.
– Di universitas, taman, dan di stadion olahraga, security melakukan pengendalian kerumunan, mengawasi parkir dan tempat duduk, dan lalu lintas yang terjadi.
– Di bar dan klub malam, security mencegah orang di bawah umur tidak masuk dan menjaga ketertiban di antara pelanggan.
– Security yang bekerja sebagai pengamat keamanan transportasi melindungi orang, peralatan transportasi, dan barang di bandara, stasiun kereta api, dan fasilitas transportasi lainnya.


Seperti apa tempat kerja Security?
Security bekerja di berbagai lingkungan, termasuk rumah, toko ritel, dan gedung kantor. Security yang berfungsi sebagai pengamat keamanan transportasi bekerja di terminal udara, laut, dan kereta api serta fasilitas transportasi lainnya, dan dipekerjakan oleh pemerintah.

Sebagian besar penjaga keamanan menghabiskan banyak waktu mengamati lingkungan sekitar, baik ditugaskan di pos tertentu atau berpatroli di bangunan dan pekarangan. Beberapa mungkin duduk berjam-jam di belakang meja atau di pos jaga di pintu masuk ke fasilitas atau komunitas yang terjaga keamanannya. Beberapa penjaga keamanan memberikan pengawasan sepanjang waktu dengan bekerja shift delapan jam atau lebih dengan jadwal yang bergantian.

Sumber: Jasa Keamanan Satpam

Skip to toolbar