Tentang Manage Service

Manage service merupakan sebuah layanan outsource atau layanan yang dilakukan oleh perusahaan lain untuk mengerjakan serangkaian pekerjaan dalam pengawasan dan pengelolaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang memakai jasa manage service. Pengertian ini berlaku untuk seluruh bidang usaha, terutama pada bidang IT yang sering berkaitan langsung dengan arti manage service ini.

Manage service di Dunia IT

Perusahaan yang menggarap manage service di dunia IT disebut sebagai Manage Service Provider atau Penyedia Layanan Pengelolaan Lengkap (PLPL). Layanan ini di berikan untuk mendukung kinerja operasional IT perusahaan lain yang bukan perusahaan IT. Arti manage service secara keseluruhan sangat tidak tidak banyak penjelasannya, inti arti manage service ini merupakan memberikan dukungan dan layanan secara total untuk kelancaran operasional IT perusahaan sehingga bebas gangguan dari hari ke hari.

Kebutuhan akan manage service pada dunia IT ini ialah supaya semua perusahaan lain seperti pabrik, perusahaan properti, distributor, perusahaan logistik dan lain-lainnya dapat mengadopsi teknologi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat menunjang pekembangan usaha mereka lebih cepat karena tanpa gangguan dari pekerjaan operasional, ini merupakansalah satu arti manage service yang harus dipahami oleh management perusahaan.

Layanan manage service:

  1. Hardware. Sebagai pendukung infrastruktur IT, mulai dari perencanaan strategis, penentuan perangkat IT apa saja yang akan di pakai atau di upgrade dan yang mana yang di pertahankan, serta sampai pada jasa perawatan perangkat infrastruktur IT.
  2. Software. Terutama untuk perusahaan yang sedang menyadari bahwa software penyokong di kantornya sudah mulai tidak lumayan mendukung untuk karyawannya, maka dalam hal ini jasa manage service dapat meng-evaluasi sampai menggarap penggantian software, menyelenggarakan software yang baru, atau meningkatkan dari yang sudah ada sepanjang software itu memungkinkan untuk di kembangkan (open connectivity).
  3. Konsultasi. Jasa ini termasuk untuk memberikan laporan, pendapat, serta saran-saran yang berfungsi untuk kelancaran operasional IT perusahaan.

Jasa manage service ini diperuntukan guna sekian tidak sedikit bidang, seperti untuk :

  1. Data Center Perusahaan. Layanan ini memberikan jasa manajemen data center, server storage network management, mitigasi bencana dan rencana kelanjutan usaha bila ada bencana (Disaster Recovery and Business Continuity Services), hingga ke platform management yang dapat mengkonsolidasikan server-server perusahaan anda ke satu sistem yang mudah diacuhkan dan di kendalikan termasuk dalam layanan ini merupakan manage network services.
  2. End User Management. Layananan ini cukup bervariasi, mulai dari pengawasan aset IT termasuk hardware dan software, desktop management yang mengawasi seluruh perangkat yang dipakai karyawan agar tidak ada gangguan, membuat aplikasi-aplikasi untuk kemudahan karyawan dan kelancaran operasional perusahaan tergolong software kolaborasi, e-mail, komunikasi internal dan lain sebagainya.
  3. Security Service. Memberikan proteksi mulai dari gerbang awal jaringan sampai ke seluruh perangkat IT.

Banyak solusi yang dapat dipecahkan oleh seluruh provider di samping untuk mendukung kelancaran operasional IT juga untuk membuat penghematan secara signifikan, misalnya :

  • Kinerja karyawan meningkat. Jika perusahaan ada 1000 karyawan dan pekerjaan IT mereka sering terhambat katakanlah sehari 1 jam, maka perusahaan telah menggarap pemborosan biaya 1000 jam per hari, bila hitung dengan UMR 3jt dan sehari merupakan 9 jam kerja, maka biaya atas kekurangan kinerja tersebut sekitar Rp. 16jt setiap hari atau 320jt per bulan.
  • Perjalanan dinas berkurang. Terkadang untuk pemerintahan, perjalanan dinas merupakansuatu hal yang sangat menguras kas negara. Dengan sistem komunikasi internal baik dengan suara dan video seperti sistem teleconfrence yang lancar tanpa gangguan, ini dapat mengurangi biaya dinas milyaran rupiah tiap bulannya.
  • Penurunan Kebutuhan Pemeriksaan Aset Secara Fisik. Dengan sistem asset management maka auditor perusahaan atau pemerintahan dapat lebih mudah melihat hanya pada layar monitor, bahwa aset IT tersebut ada karena semua di data dengan terhubung secara elektronik. Dengan demikian sangat menghemat waktu seluruh auditor dan manager dalam mengawasi aset IT dari hari ke hari.

Standar layanan jasa manage service ini sudah di atur pada masing-masing bidang, misal untuk data center internal maka kualitas layanannya mengacu pada sistem tier up time, misal untuk hal lainnya maka kualitas layanannya mengacu pada optimal dan efektifitas, disinilah peran CEO perusahaan dalam menilai dan mencari titik temu terbaik bersama perusahaan penyedia layanan managed service.

Skip to toolbar