Tips Mudah Memelihara Lantai Kayu Parket

Rumah kekinian sekarang ini banyak mengimplementasikan kayu parket (parquet) selaku lapisan lantainya. Faktanya untuk mendatangkan kesan-kesan alami dalam ruang rumah, sekalian pemberi dampak hangat serta seni.

Pemakaian lantai kayu parket biasanya ada di ruang tidur, tangga, ruangan keluarga, serta tidak kecuali di dapur. Kayu parket yang memiliki sifat alami sanggup bercampur dengan topik ruang yang bervariatif seperti minimalis, kontemporer, sampai classic.

Ada usaha keras yang perlu dibayarkan untuk satu hasil. Begitu juga berlaku untuk lantai kayu parket. Dibalik kecantikannya, lantai kayu parket rupanya memerlukan perawatan spesial supaya penampilannya terus bersih tiada jamur serta bintik.

Baca Juga : keramik lantai motif kayu

Berikut Rumah.com kumpulkan dari bermacam sumber mengenai tata langkah perawatan lantai kayu parket yang pas.

Teratur sapu

Tidak ubahnya dengan macam lapisan lantai lain seperti keramik, kayu parket harus juga disapu tiap hari. Maksudnya supaya debu serta kotoran tidak menimbun di atas.

Untuk hasil optimal, sapu seharusnya memakai sapu berbulu halus atau vacuum cleaner serta diteruskan dengan lap kering.

Sesaat untuk lantai parket yang materialnya dibuat dari kayu kompak atau kayu keras, ada perawatan tambahan yang penting dikerjakan. Yaitu proses waxing atau disemir ulangi minimum sekali dalam satu bulan dengan memakai bahan pengkilap kayu (teak oli, pledge).

Jauhi kelembapan

Lawan ‘bebuyutan’ kayu ialah kelembapan. Oleh karena itu jangan sampai bersihkan lantai kayu parket dengan dipel, tetapi cukup disapu saja.

Ini sebab kubangan air yang berasal dari proses mengepel dapat mengendap di susunan plywood yang berbuntut pada pengeroposan.

Simak Juga :  bata ringan citicon

Tidak itu saja, kelembapan dapat menyebabkan susunan atas parket mengelupas dan ketidaksamaan desakan yang mencolok. Dampaknya beberapa sendi parket dapat terlepas serta mengakibatkan lantai berdecit waktu diinjak.

Walau di pasar sudah ada produk pencuci lantai kayu parket yang prospektif tahan gores serta tahan air, seharusnya masih jauhi pemakaian produk itu untuk jaga keawetannya.

Trick lain untuk menghindar kelembapan pada lantai parket ialah memakai bahan kimia anti rayap. Langkah penggunaannya dengan disuntik pada beberapa potongan kayunya.

buah lemon-wikipedia

Membersihkan dengan lap kering

Waktu lantai kayu parket terserang bintik sisa minuman atau makanan, cepatlah membersihkan dengan tisu atau lap kering.

Tetapi jika bintik yang melekat termasuk ‘bandel’, gunakan air perasan jeruk lemon atau belimbing wuluh untuk melenyapkannya. Langkah lain, berikan cuka putih pada bintik yang berada di lantai lalu biarkan sepanjang empat menit serta membersihkan dengan kain lap kering.

Tiga bahan alamiah di atas bukan hanya sanggup mengusung bintik di lantai kayu parket, dan juga membuat terlihat bercahaya kembali lagi.

Berpindah status perlengkapan

Untuk rumah yang posisinya ada di tempat tropis, lantai parket akan memerlukan perawatan tambahan supaya warna tidak sirna karena paparan sinar matahari.

Strateginya, rutinlah mengganti letak perlengkapan di ruang yang lantainya memakai kayu parket. Atau juga bisa kerjakan proses steam setiap enam bulan sekali, bermaksud supaya warna serta kebersihan lantai kayu parket masih terlindungi.

Saat merencanakan mengganti status perlengkapan, yakinkan tidak memunculkan guratan pada permukaan lantai kayu parket. Jangan mengalihkan barang dengan didorong atau digeser tapi diangkat.

Lapisi karpet

Supaya parket terawat secara baik, penghuni bisa juga melapisinya dengan karpet atau permadani. Untuk jaga keamanan bagian keluarga di rumah, tentukan karpet dengan alas yang tidak licin serta gampang tergeser.

Disamping itu, karpet harus juga kerap dijemur supaya tidak memunculkan kelembapan pada lantai kayu parket.