Yuk Intip Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya

Kehadiran kabel listrik dalam kesibukan setiap hari adalah satu elemen yang tidak dapat terlepas dari komponen kehidupan. Bagaimana tidak, kabel mempunyai satu peranan penting, yakni untuk penghantar listrik. Tetapi dari satu peranan penting itu mempunyai banyak manfaatnya.

Kecuali untuk penghantar listrik umum, kabel berperan untuk penghantar radio frekwensi sebelum dikeluarkan lewat antena. Tanpa kabel penghantar radio frekwensi, kemungkinan kamu tidak dapat nikmati tayangan tv atau parabola.

Kabel mempunyai banyak tipe serta manfaatnya yang tentu berlainan. Kamu harus juga mengenal tipe kabel yang pas untuk kepentingan kamu. Pasalnya bila kamu salah salah pilih tipe kabel, dapat menyebabkan fatal.

Berikut tipe kabel listrik Kabel nyy serta manfaatnya yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari beberapa sumber, Kamis (7/3/2019).

2 dari 3 halaman
Beberapa jenis Kabel Listrik Sesuai dengan Tegangan
Kabel dipakai untuk menghantarkan saluran listrik dari sumber listrik ke arah piranti pemakai listrik, hingga piranti itu bisa kerja secara baik sesuai dengan manfaatnya. Ada beberapa tipe kabel listrik yang dipasarkan, berdasar tegangannya, bisa digolongkan jadi:

  • Tipe kabel listrik tegangan rendah
  • Tipe kabel listrik tegangan menengah
  • Tipe kabel listrik tegangan tinggi

Kamu bisa lihat jika kabel listrik ada yang mempunyai pembungkus, ada yang tanpa ada pembungkus. Pada umumnya, bentuk fisik kabel listrik yang terbungkus terdiri jadi dua sisi, yakni:

  • Isolator

Ini ialah sisi pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Isolator biasanya dibikin berbahan termoplastik. Manfaatnya ialah membuat perlindungan kabel agar tidak terkena oleh impak alam di sekitarnya.

Isolator berperan membuat perlindungan piranti supaya tidak alami jalinan pendek. Pembungkus ini membuat perlindungan kamu dari tersengat saluran listrik yang mengalir dalam kabel.

Makin baik kualitas isolatornya, umumnya makin baik kualitas kabel dalam menghantarkan listrik serta makin panjang juga umur pakainya.

  • Konduktor

Ini ialah sisi kabel yang berperan menghantarkan saluran listrik. Umumnya sisi ini dibikin dari tembaga atau aluminum. Kekuatan tiap tipe konduktor dalam menghantarkan listrik bergantung dari tipe konduktornya serta nilai ini disebutkan dengan Kekuatan Hantar Arus atau dipersingkat jadi KHA.

Beberapa jenis Kabel Listrik

  1. NYA

Tipe kabel listrik ini dipakai dalam instalasi rumah serta skema tenaga. Dalam instalasi rumah dipakai kabel NYAdengan ukuran 1,5 mm2 serta 2,5 mm2. Ketentuan penandaan dari kabel NYA:

NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Code warna isolasi ada warna merah, kuning, biru serta hitam. Tipe kabel listrik ini umum dipakai di perumahan sebab harga yang relatif murah. Susunan isolasinya cuma 1 lapis hingga gampang cacat, tidak tahan air (NYA ialah type kabel udara) serta gampang digigit tikus.

Supaya aman menggunakan kabel type ini, kabel harus terpasang dalam pipa/conduit tipe PVC atau aliran tertutup. Hingga tidak gampang jadi target gigitan tikus, serta jika ada isolasi yang mengelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

  1. NYM

Tipe kabel listrik ini dipakai untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung serta skema tenaga. Tipe kabel listrik NYM: mempunyai susunan isolasi PVC (umumnya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM mempunyai susunan isolasi dua lapis, hingga tingkat keamanannya lebih bagus dari kabel NYA (harga tambah mahal dari NYA). Tipe kabel listrik ini bisa dipakai di lingkungan yang kering serta basah, tetapi jangan ditanam.

  1. NYY

Tipe kabel listrik ini direncanakan untuk instalasi masih di tanah dimana tetap harus diberi perlindungan spesial (contohnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Instalasi dapat diletakkan di serta di luar ruang, pada keadaan lembab atau kering. mempunyai susunan isolasi PVC (umumnya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4.

Mempunyai susunan isolasi yang semakin kuat dari kabel NYM (harga tambah mahal dari NYM). Kabel NYY mempunyai isolasi yang dibuat berbahan yang tidak disenangi tikus.

  1. NYAF

Tipe kabel listrik ini diperkirakan serta direferensikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribusi pipa atau di duct. Kabel NYAF adalah tipe kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC.

Dipakai untuk instalasi panel-panel yang membutuhkan fleksibelitas yang tinggi, kabel tipe ini benar-benar pas untuk tempat yang memiliki belokan-belokan tajam.

Tipe kabel listrik ini dipakai pada lingkungan yang kering serta tidak pada keadaan yang lembab/basah atau terserang impak cuaca dengan cara langsung.

  1. NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Tipe kabel listrik ini direncanakan spesial untuk instalasi masih dalam tanah yang ditanam langsung tanpa ada membutuhkan perlindungan penambahan (terkecuali harus melintas jalan). Pada situasi normal kedalaman penempatan di bawah tanah ialah 0,8 mtr..

  1. NYCY

Tipe kabel listrik ini direncanakan untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruang, aliran kabel serta alam terbuka. Dengan dua lapis pelindung pita kabel. Instalasi ini dapat diletakkan di luar atau di dalam bangunan, baik pada situasi lembab atau kering.

  1. BC

Tipe kabel listrik ini dipilin serta digabungkan. Ukurannya 6 – 500 mm2.

Simak Juga : tandon air penguin

  1. AAAC

Tipe kabel listrik ini dibuat dari aluminium-magnesium-silicon kombinasi logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberikan karakter yang lebih bagus. Kabel ini umumnya dibikin dari gabungan aluminium 6201. AAAC anti karat serta kemampuan yang baik, hingga daya hantarnya lebih bagus.

  1. ACSR

Tipe kabel listrik ACSR adalah kawat penghantar yang terbagi dalam aluminium berinti kawat baja. Kabel ini dipakai untuk saluran-saluran Transmisi tegangan tinggi, dimana jarak di antara menara/tiang berjauhan, capai beberapa ratus mtr., karena itu diperlukan kuat tarik yang semakin tinggi, karena itu dipakai kawat penghantar ACSR.

  1. ACAR

Tipe kabel listrik ACAR yakni kawat penghantar aluminium yang diperkokoh dengan logam kombinasi, hingga kabel ini semakin kuat dibanding kabel ACSR

  1. NYMHYO

Tipe kabel listrik ini adalah kabel tipe serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini umumnya dipakai untuk soundsystem, loudspeaker, virtual video

  1. NYMHY/NYYHY

Kabel tembaga serabut serta berisolasi PVC. NYMHY berwarna putih serta NYYHY berwarna hitam. Umumnya dipakai untuk instalasi di rumah yang tidak permanen, sebab karakternya fleksible serta tidak gampang patah.

Kabel tipe ini spesial direferensikan untuk dipakai untuk penghubung beberapa alat rumah tangga yang seringkali dipindahkan geser serta harus di tempat kering. Kabel ini memiliki isolasi plastic tahan panas 85 derajat celcius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *