Yuk Kenalan Dengan GRC Board

Jika dibanding dengan beberapa dasawarsa ke belakang, proses perancangan serta pembangunan tempat tinggal baik berbentuk tempat tinggal individu atau gedung semakin lebih gampang. Perubahan pengetahuan arsitektur serta tehnik yang digabungkan dengan tehnologi dalam design exterior atau interior membuahkan beberapa tehnik serta material pembangunan yang makin pintar, aman, serta ringkas.

Diantaranya ialah GRC board atau Glassfiber Reinforced Cement Board. Berdasar nama teknisnya, papan GRC ialah material yang susunan intinya dibuat oleh semen serta serat. Untuk perbedaan, GRC mempunyai bahan landasan yang serupa dengan beton. Tetapi, bukannya memakai tulang baja untuk mengikat material didalamnya, GRC memakai glassfiber.

Simak Juga : harga baja ringan per batang

Papan GRC biasanya dipakai untuk plafon dari sebentuk bangunan atau langit-langit bangunan, meskipun tidak tutup peluang untuk dipakai untuk panel susunan exterior serta interior yang berbentuk dekoratif. Papan GRC simpan segudang feature yang membuat unggul dibanding material yang lain, terutama bagi plafon. Sudah dikumpulkan oleh Dekoruma, berikut keunggulan papan GRC.

  1. Tahan Lama, Antiair, serta Antiapi

Papan GRC mulai dilirik serta jadi bintang sebab kemampuan yang dijajakannya. Material pembentuknya membuat papan GRC tidak gampang lapuk jika terserang air atau lembap sebab cuaca yang basah. Ditambahkan, papan GRC tidak gampang terbakar serta roboh dalam skrip terjelek saat bangunan terbakar. Ketahanan dasarnya juga dapat capai 25 tahun yang jika dibanding dengan papan gypsum, seumpama, tentu saja jauh berbeda dari faktor resistansi serta kemampuan pada unsur external. Kecuali antiair serta antiapi, GRC antirayap serta antilapuk.

  1. Harga Condong Makin Dapat dijangkau

Kecuali ketahanan, harga yang lebih dapat dijangkau dibanding papan dengan material yang lain. Ini jadi fakta kuat kenapa GRC Board mulai sering kali dipakai dalam proses pembangunan. Harga sejumlah Rp 57.000 untuk ukuran 1,2 x 2,4 mtr. dengan ketebalan 4 milimeter. Banding dengan gypsum dengan panjang serta lebar yang sama juga dengan ketebalan 9 milimeter, harga diawali pada Rp 61.000 ke atas.

Artikel Terkait : harga spandek

  1. Cepat serta Gampang Terpasang, Aman Untuk Kesehatan

Dibandingkan material lain, proses penempatan papan GRC memerlukan waktu yang makin singkat serta tidak susah. Beratnya yang enteng serta proses konversi yang minim membuat makin gampang terpasang.

Susunan pembikinannya yang tidak memakai asbestos membuat aman untuk kesehatan dibandingkan material papan yang lain memakai asbes yang telah dapat dibuktikan beresiko untuk kesehatan, terutamanya paru-paru.

  1. Tingkat Elastisitas Tinggi

Elastisitas yang dijajakan papan GRC benar-benar bermacam. Diantaranya dapat dengan gampang dibuat seperti keinginan. Untuk pemakaiannya untuk plafon, papan GRC tidak cuma dapat terpasang vertikal atau horizontal, tetapi dapat juga ditekuk untuk membuat plafon lengkung seperti kubah.

Penggunaannya dalam ruang memungkinkan untuk panel lapisan dinding. Lewat tehnologi laser cut, papan GRC dapat dibuat jadi pola-pola elok untuk pendukung seni ruang. Pemisah ruang dapat juga memakai papan GRC sebab sanggup menahan suara secara baik tetapi tidak menambahkan beban di keseluruhnya susunan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *