Yuk Mengenal Ilmuwan Indonesia yang Namanya Harum di Dunia

Ini hari, 28 Oktober 2020, Sumpah Pemuda masuk umur 92 tahun. Hari mengagumkan ini jadi momen anak muda bangsa Indonesia lagi memahat prestasi, baik dengan nasional atau internasional.

Hari Sumpah Pemuda dapat lahir sebab ada Konferensi Pemuda II. Kejadian itu jadi awalnya tombak anak muda berekspresif serta sampai saat ini kreasi anak negeri lagi terukir di dunia.

Ya, banyak anak muda luar biasa asal Indonesia. Beberapa nama di bawah ini akan membuat Anda berdecak takjub, sebab kreasi yang dibikinnya dapat mengharumkan nama Indonesia di arena dunia. Mereka ialah periset yang kreasinya dianggap dengan internasional.

Siapa mereka serta apa kreasinya? Berikut penjelasannya spesial untuk Okezoners.

BJ Habibie

  1. B.J. Habibie

Nama yang ini telah kenal kembali. Bapak Tehnologi Indonesia ini namanya benar-benar wangi di arena dunia, ya, Habibie yang sering dipanggil ‘Mr Crack’ itu sukses mendapati ‘Teori, Unsur, serta Sistem Habibie’ yang dipakai di dunia pesawat terbang.

Kesuksesan B.J. Habibie ialah ajak putra-putri terhebat Indonesia untuk membuat pesawat N-250. Betul-betul figur yang mengagumkan.

Baca Juga : https://ilmuwan.co.id

  1. Johny Setiawan

Dia adalah alumnus doktor paling muda di Albert-Ludwigs University, Greiburg, Jerman. Johny adalah salah satu periset non Jerman sebagai Ketua Team Project Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg, Baden-Wurttemberg, Jerman, semenjak 2003.

Kreasi yang dibuat Johny Setiawan banyak, yakni mendapati planet namanya HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, TW Hydrae b, sampai HIP 13044 b.

  1. Prof Khoirul Anwar

Profesor Khoirul Anwar ialah pemilik paten di Jepang atas metode telekomunikasi 4G berbasiskan OFDM yang sekarang kerja di Nara Institute of Science and Technology. Karena Prof Khoriul, dia dapat kurangi daya transmisi untuk orthogonal frequency seksion multiplexing (OFDM).

  1. Eniya Listiani Dewi

Figur yang ini ialah seorang periset madya untuk Pusat Tehnologi Material, Tubuh Pengkajian serta Implementasi Tehnologi (BPPT). Eniya ialah Doctor of Engineering alumnus Waseda University, Tokyo, Jepang. Dia memutuskan sektor Kimia Aplikasi serta mempelajari studi mengenai polimer dan katalis untuk fuel cell.

Untuk 2003, Eniya mendapatkan penghargaan Muzuno Award serta Koukenkai Award dari universitasnya karena penemuan katalis fuel cell baru yang memakai elemen Vanadium.

  1. Prof Dr Ken Teman Soetanto

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, ini sukses raih beberapa gelar profesor dari beberapa kampus di Jepang. Luar biasanya kembali, semuanya penghargaan ia capai di umurnya ke-37. Tidak stop di situ, Prof Ken juga mempermanenkan 31 penemuannya, salah satunya 29 di Jepang serta 2 di Amerika Serikat.

  1. Warsito P. Taruno

Anak negeri yang ini rupanya penemu mesin pembunuh kanker. Penemuannya sudah diuji-coba serta hasilnya disebutkan jika alat itu dapat melawan sel kanker.

  1. Evvy Kartini

Bukan hanya lelaki, ada nama Evvy Kartini yang tidak bisa dilalaikan. Periset wanita ini sukses mendapati alat penghantar listrik memiliki bahan gelas dengan tehnik hamburan neutron yang lain sepuluh kali lipat berbahan awalnya.

Penemuan ini sukses dibuat Evvy waktu dianya magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, untuk 1990. Dalam proses pembuatan kreasinya itu, Evvy dituntun pakar hamburan neutron yakni Prof. Dr. Ferenc.