Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

Skripsi merupakan suatu tantangan berat bagi mahasiswa tingkat semester akhir dalam menyelesaikan studinya agar dapat selesai dan menjadi seorang sarjana. Dalam skripsi banyak sekali terjadi permasalahan-permasalahan yang membuat skripsi itu tidak terselesaikan tepat pada waktunya.

Banyak teman-teman yang mengeluh, dan merasa tidak sanggup lagi untuk melanjutkan skripsi tersebut. Bagi saya pribadi hal ini memang wajar karena saya telah merasakan betapa sulitnya dalam menyeleaikan skripsi.

Memang benar, tidak sederhana dalam mengerjakan skripsi, Kita harus memiliki semangat tinggi dan kepercayaan diri bahwa kita dapat menyelesaikannya.

Dibawah ini ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui agar skripsi cepat selesai

Hindari mencari judul yang terlalu sulit dan susah diselesaikan.


Khusus skripsi tahap sarjana carilah judul skripsi yang easy dan sederhana untuk dipahami dan sederhana untuk mendapatkan datana. Janganlah mencari judul yang terlalu idealis, ambil saja prinsip yang penting cepat lulus, karena skripsi itu membuat penelitian ilmiah, bukan perlombaan mencari judul paling susah.

Judul/ tema skripsi sebenarnya banyak, namun banyak mahasiswa yang sering bimbang sampai menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya untuk mencari dan memilih judul. Apapun tema dan judul kita, prinsipnya hanya satu yaitu segera putuskan judul mana yang akan diajukan dan segera dikerjakan.

Kuliah Tidaklah gratis, Ingat Biaya dan Harapan Orang Tua


Mayoritas orang kuliah tingkat sarjana, itu biaya pendidikannya kebanyakan dari  orang tua mereka. Anda harus tahu bahwa biaya pendidikan itu mahal, ingatlah bagaimana sulitnya orang tua anda mencari dana kuliah.

Semakin lama kalian lulus tentunya akan semakin banyak pula biaya sekolah dan pula biaya hidup. Orang tuamu pasti akan merasa bersedih jika anda telat lulus kuliah. Perekonomian orang tua kalian berbeda, tidak semua orang tua mampu membiayai pendidikan anaknya dengan sederhana.

Untuk dapat membiayai kuliah anaknya mereka berjuang keras menyisihkan hasil uang gaji bulanan, hasil dagang, atau dapat saja uang yang dikirimkan itu adalah uang hasil pinjaman. Disini yang perlu di garis bawahi adalah Jika anda terlalu bersantai-santai dalam mengerjakan skripsi mata kuliah, dapat jadi kita termasuk anak durhaka yang tidak dapat memanfaatkan jerih payah orang tua kita.

Buat Jadwal/ Pasang  Goal Penyelesaian Skripsi


Goal penyelesaian skripsi merupakan salah satu jalan paling tepat bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsinya. Perlu diketahui bahwa untuk dapat sukses kita harus memiliki goal, goal tidak hanya dalam dunia kerja saja, akan tetapi terget dalam dunia pendidikan harus dimiliki terutama bagi seorang mahasiswa.

Goal dalam menyelesaikan perkuliahan harus dimulai sejak awal anda bestatus sebagai mahasiswa/i. Dengan membuat perencanaan dari awal tentunya akan mempermudahkan kita dalam mencapai tujuan. Mempelajari jadwal dosen pembimbing pula merupakan salah satu strategi dalam menyelesaikan skripsi agar cepat terselesaikan. Dosen pembimbing meupakan konsultan kita, harus rajin ditemui, dan jangan ditakuti atau malah dihindari.

Beradaptasi dengan Karakter Dosen dan Belajar Mulai Mendekatinya.

Jika telah mendapatkan dosen pembimbing, maka langkah selanjutnya belajarlah untuk mendekati dosen pembimbing, dan sampaikan keinginanmu terkait skripsi yang akan kamu selesaikan. Tak ada salahnya kita belajar dari Asisten Dosen dan mahasiswa yang aktif dalam menyelesaikan skripsi.


Dalam mengerjakan skripsi yang cepat bukan karena mereka hebat atau pintar, namun karena kegigihan dan semangat yang tinggi dalam menemui pembimbing.  mendekati dosen pembimbing justru akan membuat anda lebih sederhana dalam menemuinya dan minta bantuan kepadanya dalam menyelesaikan skripsi. Proses skripsi sebenarnya dapat lebih sederhana terselesaikan jika kita mengajukan skripsi sesuai dengan usulan proyek dari dosen.


Karena sedikit banyak kita akan terbantu dengan adanya proyek penelitian tersebut. Kita butuh cepat lulus, dosen pula butuh proyek penelitiannya cepat selesai. Jika tidak dapat menemukan kondisi perfect tersebut, maka langkah yang harus anda jalani adalah harus pintar mendekati dosen pembimbing.

Usaha yang Keras dan Rajin Berdoa

Mahasiswa tingkat akhir harus memiliki semangat juang yang tinggi seperti para pejuang kita melawan penjajahan di masa lalu. Doa memiliki dua manfaat kaitannya dengan skripsi yaitu agar kita dimudahkan dalam menyelesaikan skripsi, sebagai orang yang beriman tentunya kita yakin bahwa usaha tanpa doa adalah kesombongan, Sedangkan di sisi lain doa pula membuat kita lebih tenang menghadapi semua kendala kedepannya.
Hal ini tetunya akan membuat kita lebih sederhana dalam mengerjakan skripsi. Selain doa sendiri, doa orang tua pula sangat baik bagi kemajuan skripsi kita.

Banyak Berkumpul dengan Sesama Mahasiswa Tingkat akhir.

Memilih teman saat menjadi mahasiswa tingkat akhir pula ikut menentukan kapan kamu dapat lulus. Jika kamu telah masuk tahap skripsi, maka perbanyaklah berkumpul dengan mahasiswa tingkat akhir lainnya.


Hal ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada anda dalam menyelesaikan skripsi. Selain itu jika bertemu dengan teman sesama proses skripsi maka dapat saling berbagi metode penyelesaian skripsi dan pula kendala yang sedang dialami, misalnya terkait literatur atau cara menghadapi dosen pembimbing. Dengan ini tentunya dapat membantu anda mempercepat penyelesaian skripsi.
Selama kamu berstatus mahasiswa tingkat akhir banyak-banyaklah mencari teman seperjuangan yang dapat memotivasi kamu dan hindari teman yang jarang ke kampus karena dapat jadi racun yang menghambat penyelesaian skripsi.

Ulasan diatas dapat membantu anda dalam menghadapi kendala dalam skripsi, ulasan diatas bertujuan agar kuliah dapat cepat selesai dan menjadi sarjana sesuai dengan keinginan anda dan oang tua anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Sederhana Agar Skripsi  Cepat Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *