Manfaat kesehatan dari Folat atau Vitamin B-12

Manfaat kesehatan dari Folat atau Vitamin B-12

Asam folat atau asam folat, umumnya dikenal sebagai vitamin B-12, memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk perbaikan dan pemeliharaan sel, sintesis DNA, metabolisme asam amino, dan pembentukan leukosit dan eritrosit. Ini mencegah obesitas dan berbagai kanker, termasuk kanker usus besar, serta mencegah penyakit jantung.

Berikut adalah 5 manfaat kesehatan terbaik dari folat:

1. Perkembangan janin

Produksi eritrosit – perkembangan otak dan sumsum tulang belakang anak yang belum lahir dan memadai – tergantung pada makanan yang kaya folat. Kurangnya folat selama kehamilan dapat menyebabkan kesenjangan dalam pengembangan sumsum tulang belakang, yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kerusakan otak, atau anak yang lahir mati.

2. Produksi sel darah merah

Folat adalah kunci dalam pengembangan sel darah merah atau eritrosit. Kurangnya senyawa ini dapat membuat tubuh rentan terhadap kanker. Selain itu, mekanisme pertahanan tubuh, sel darah putih, juga diproduksi dengan adanya suplemen folat.

3. Menggagalkan penyakit jantung

Suplemen asam folat juga membantu jantung tetap sehat dan berfungsi optimal. Kekurangan folat dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, komplikasi koroner, dan stroke pada pasien. Di AS, setelah perusahaan roti dan sereal diminta untuk menambahkan vitamin B12 ke produk mereka, tingkat penyakit jantung dan stroke menurun sekitar 15 persen. Asam folat juga membantu menghilangkan homocysteine, senyawa beracun yang dapat menyebabkan kerusakan arteri parah jika tidak dihilangkan dari darah.

4. Membantu dalam depresi

Beberapa penelitian telah mengindikasikan bahwa suplemen folat dapat mengurangi depresi. Kekurangan dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi dan demensia.

5. Membantu menjaga otak tetap muda

Level folat yang memadai diperlukan untuk fungsi otak yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa folat bermanfaat bagi otak dengan memperlambat efek penuaan.

Sumber makanan folat

Sumber folat makanan yang baik meliputi: sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli, pisang, stroberi, jeruk, tomat, asparagus, kacang-kacangan, ragi, sereal, jamur, ikan, telur, unggas, daging (khususnya organ seperti hati dan ginjal), dan susu

beranda
Kesalahan Rias yang Membuat Anda Terlihat Lebih Tua