Bahan-Bahan Khusus Kue Yang Namanya Asing Di Telinga

Bahan-Bahan Khusus Kue Yang Namanya Asing Di Telinga – Bagi yang baru-baru membuat kue, mungkin saja akan cukup bingung dengan berbagai bahan untuk membuat kue tersebut. Ada banyak toko bahan kue sekarang ini yang mudah untuk ditemukan. Toko tersebut menyediakan bahan-bahan yang namanya cukup unik dan terkadang kurang familiar di telinga kita. Berikut ini akan dibahas seputar apa saja bahan-bahan untuk pembuatan kue yang mungkin terdengar asing.

Ovalet

Ovalet ini bukanlah bahan untuk pengembang melainkan Ovalet merupakan cake emulsifier. Jadi fungsi Ovalet yaitu untuk sebagai pelembut dan juga pensetabil adonan supaya adonan cake menjadi homogen dan juga tak akan mudah turun pada saat dikocok. Selain itu,  dengan Ovalet juga adonan bisa tercampur dengan lebih baik. Ada pun komposisi kimia   dari ovalet ini biasanya seperti digliserida dan sebagainya. Bahan ovalet biasanya memakai asam lemak hewan dan tumbuhan juga. Kehalalan beberapa Ovalet sendiri masih dipertanyakan. Selain penggunaan Ovalet, bisa juga digantikan dengan TBM atau SP. Biasanya Ovalet digunakan untuk sebagai pengemulsi adonan cake serta bolu. Bentuk Ovalet yaitu pasta yang berwarna kuning.

TBM

TBM & SP

TBM mempunyai fungsi untuk memperbaiki tekstur kue agar menjadi semakin lembut. TBM ini merupakan merek dagang, dan komposisi kimia pada bahan TBM ini sama saja dengan ovalet, mono atau digliserida. Umumnya TBM ditambahkan pada saat mengocok adonan telur. Penggunaa TBM sekitar satu sendok teh yang digunakan untuk lima butir telur. Bentuk TBM juga pasta seperti layaknya ovalet. Sementara fungsi dari tak jauh beda dengan ovalet. Dengan SP, maka bisa membuat adonan dapat menjadi homogen. Adonan tidak akan mudah turun juga ketika dikocok atau biasanya disebut cake emulsifier. SP biasanya digunakan pada adonan cake, bolu, serta kue-kue lainnya juga bisa. Kue tersebut yang memakai teknik telur yang dikocok hingga sampai mengembang kaku. Ada kandungan kimia dari SP adalah seperti Ryoto ester atau gula ester. Esternya ini merupakan asam lemak yang seperti oleic, asam stearat, dan palmitic. Bahan SP sendiri terkadang ialah produk hewani, maka kehalalannya juga masih diragukan pada beberapa produk SP.

Cream Of Tartar

Cream Tartar merupakan bahan yang biasanya ditambahkan ketika pengocokan putih telur saat membuat bolu, cake, meringue dan kue-kue lain yang perlu putih telur hingga dikocok mengembang kaku. Lalu komposisi cream tar tar ini seperti kalium garam potasium asam tartaric, dengan bentuk kristal dan powder. Maka dari itu, Cream Tartar mempunyai nama kimia juga yaitu acid potassium tartaric, hydrogen potassium tartraye serta potassium bitartrate. Sementara fungsi bahan Cream Tartar ini yaitu mengeluarkan gas dalam adonan. Dengan begitu, Cream Tartar bisa menghasilkan volume telur yang sudah dikocok dengan baik. Manfaat Cream Tartar tentu dapat menghasilkan juga tekstur pori-pori kue yang baik. Cream Tartar ini dibuat dengan proses produksi minuman beralkohol dan direaksikan memakai potassium. Bentuk Cream Tartar yaitu bubuk mengkilat yang berwarna putih.

VX

VX ini seringkali ditambahkan pada proses pembuatan kue. Tujuan dari penggunaan VX yaitu supaya cake bisa lebih mengembang. Ada pun kandungan kimia dari VX yaitu seperti sodium bicarbonat atau NaHCO3, ada juga sodium picorofosfat acid, serta bahan pengisi yaitu seperti misal pati jagung. VX memiliki bentuk serbuk putih dan bahan VX ini aman kehalalannya. Itulah beberapa bahan kue yang mungkin namanya cukup asing.