Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Membersihkan Kompor Gas Tanam Rinnai

Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Membersihkan Kompor Gas Tanam Rinnai – Kompor gas tanam memang lebih mahal dibandingkan kompor gas biasa, namun salah satu brand Rinnai mengeluarkan gas tanam dengan harga yang terjangkau. Alat ini digunakan sehari-hari untuk memasak berbagai hidangan di rumah. Tak heran apabila banyak noda bekas makanan tertinggal di atasnya.

Jika tertinggal dan tak dibersihkan dalam waktu lama, akan mengendap dan membandel. Apalagi apabila jenis materialnya kaca m di bagian atasnya. Bahan makanan yang tumpah akan jadi noda yang sulit dibersihkan. Eits, jangan khawatir, berikut adalah solusi yang bisa dicoba.

  1. Air Panas

Terdapat beberapa cara membersihkan bagian atas kompor dengan menyeluruh. Terutama menggunakan bahan yang ada di rumah. Bahan alami pertama yang diperlukan untuk membersihkan adalah air panas. Pastinya bahan yang satu ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Memangnya bagaimana cara membersihkan kompor dengan air panas? Begini langkah membersihkannya:

Lepaskan seluruh komponen kompor. Rendam tungku di dalam air panas. Tuang cairan pencuci piring. Diamkan selama beberapa saat serta segera bersihkan. Praktis, bukan?

  1. Soda Kue

Untuk membersihkannya murah dan mudah didapat. Anda memerlukan soda kue yang harus ditaburkan ke atas kompor. Tepatnya yang terdapat noda membandel.

Soda kue akan membantu menyerap berbagai noda yang terdapat di atas kompor. Berikutnya, letakkan handuk basah tepat di atas soda kue tersebut selama sekitar 15 menit hingga setengah jam. Hal ini supaya noda dapat menyerap ke handuk basah tersebut. Setelah soda kue dan noda menyerap seluruhnya ke handuk, bersihkan kompor menggunakan lap kering.

  1. Jeruk Nipis

Kini kita beralih ke bahan dapur lainnya, yakni jeruk nipis. Jeruk dengan ukuran kecil ini jadi salah satu bahan yang amat ampuh untuk menghilangkan noda kompor. Nah, Anda cukup memerlukan jeruk nipis serta cuka putih. Jangan lupa pula untuk menyediakan tempat tertutup guna mengendapkan larutan jeruk nipis serta cuka dan mengaduknya hingga rata.

Langsung saja, begini langkahnya. Masukkan perasan jeruk nipis ke dalam wadah tertutup. Tambahkan air cuka putih. Tutup wadah dengan rapat. Diamkan larutan sekitar dua minggu.

Saring larutan lalu semprotkan ke kompor yang terdapat noda. Bersihkan menggunakan lap yang kering. Penggunaan bahan satu ini sebenarnya tidak sulit. Namun memang butuh bersabar ketika menunggu bahannya siap.

  1. Cuka dan Garam

Pembersih kompor dengan bahan alami selanjutnya adalah campuran dari cuka serta garam. Kedua bahan tersebut dapat dipakai untuk menghilangkan noda paling bandel. Terutama mengerak di pinggiran kompor.

Kerak tersebut sukar dibersihkan jika hanya memakai jeruk nipis maupun bahan yang tak bertekstur. Disinilah fungsi dari garam. Berikut caranya.

Lepaskan bagian kompor yang akan bersihkan. Siapkan 1 sendok makan garam serta 2 sendok makan cuka. Masukkan dalam mangkuk kecil, lalu aduk hingga merata.

Oleskan campuran tersebut pada kerak kompor lalu gosok hingga kerak hilang. Lap dengan kain yang telah dicelupkan air hangat supaya tampak lebih mengkilap.

Nah, itu tadi cara merawat kompor tanam Rinnai dengan bahan-bahan dapur. Tak sesulit yang Anda kira, bukan? Apabila Anda tertarik membelinya, Anda perlu merogoh kocek dengan harga kompor gas tanam rinnai 3jutaan.