Cara Bijak Kelola THR di Masa Pandemi

Cara Bijak Kelola THR di Masa Pandemi

Pemerintah sudah menetapkan aturan bahwa THR lebaran tahun ini harus diberikan 10 hari jelang lebaran dan tidak boleh dicicil seperti pinjaman online cepat cair dan mudah. Nah, jika masih ada perusahaan yang mencicil THRnya terhadap karyawan, baiknya segera diselesaikan ya.

Namun, kadang-kadang ada juga karyawan yang justru kebablasan. THR sudah dibagikan tapi langsung ludes dibelanjakan. Cara tersebut jelas tidak bijak, terutama bagi yang sudah punya keluarga atau tanggungan beban.

Lalu seperti apa sih cara bijak kelola THR di masa pandemi sulit seperti saat ini? Cek ulasannya berikut ini ya sampai habis.

Pisahkan uang THR lebaran

Yang namanya uang tetap saja harus dipisahkan asal usulnya dan penggunaannya. Supaya pencatatan dan pembukuannya juga tepat. Jadi, jika sudah menerima THR lebaran, buru-buru pisahkan dananya ke rekening yang aman atau terpisah. Seperti halnya bisnis yang harus memisahkan sumber dana rekeningnya agar tidak tercampur dengan kebutuhan pribadi.

Jangan terlalu royal soal angpao

Saat ada di depan keluarga atau kerabat jangan terlalu royal memberikan uang angpao jika kondisi keuangan tidak memungkinkan. Ingan kondisi finansial di masa depan akan makin berat jika pandemi masih belum berakhir. Intinya, kamu bisa tetap memberikan angpao lebaran tetapi dalam kondisi yang memang cukup prihatin. Bisa jadi jumlahnya dikurangi tanpa mengurangi makna pemberian THR lebaran supaya mereka yang menerimanya tetap bahagia dan senang.

Sisihkan untuk dana darurat atau investasi

Sebisa mungkin langsung disisihkan untuk dana darurat atau investasi. Jika sudah punya keluarga, utamakan dana darurat. Bagaimanapun penuhi kebutuhan dasar terlebih dahulu, barulah memikirkan kebutuhan lain seperti investasi hingga tabungan masa depan.

Bisa juga untuk tambahan modal usaha sampingan

Dana THR lebaran juga bisa jadi opsi untuk menambah modal usaha sampingan. Apalagi jika usaha sampingan ini sudah menjadi cita-cita yang diidamkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Dengan begitu justru THR lebaran kamu akan makin bertambah cuan.

Jangan sampai nambah utangan kalau tidak kepepet

Kunci terakhir dalam bijak kelola THR lebaran adalah jangan menambah utang jika bukan buat untuk kepentingan darurat. Seumpamanya dana THR lebaran sudah habis dan butuh dana darurat. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman online cepat cari dan mudah seperti Kredivo. Kredivo tidak hanya untuk para pekerja saja, selama kamu punya penghasilan tetap bulanan, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan plafon pinjaman sampai dengan Rp30 juta. Limit tersebut diperuntukkan bagi member premium.

Persyaratannya pun sederhana, warga negara Indonesia dengan usia antara 18-60 tahun, berpenghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Bunga yang ditawarkan paling rendah diantara perusahaan sejenis dengan bunga 2,6% per bulan. Tenor yang ditawarkan untuk belanja dengan metode cicilan adalah 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Sementara tenor pinjaman tunai ditawarkan antara 3 dan 6 bulan.

Mau bayar tanpa kena bunga juga bisa kok. Kredivo pun memiliki produk paylater, beli hari ini bayar nanti dalam waktu 30 hari tanpa bunga sama sekali. Kesemuanya bisa menggunakan plafon yang sama. Selama masih ada sisa plafon pinjaman yang diberikan, masih bisa digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Kredivo juga sebuah aplikasi yang bisa membayar berbagai tagihan dalam satu aplikasi saja. Mulai dari tagihan listrik, handphone, BPJS, air, hingga membeli pulsa handphone atau token listrik dengan sangat mudah.

Yang menarik, Kredivo bisa digunakan juga tidak hanya secara online di beberapa marketplace dan toko online tetapi juga bisa digunakan secara offline. Transaksi di IKEA, Erafone, Electronic City bahkan Drive Thru di Mc Donald pun bukan hal yang mustahil dilakukan.

Unduh sekarang aplikasi resminya lewat Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah. Tidak usah risau juga karena Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.