Pengertian E-Bisnis atau Electronic bisnis ialah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis serta semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk dapat berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal maupun eksternal secara lebih efisien serta fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier serta mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan maupun

ARTIKEL TENTANG KOMPONEN E-BUSINESS

Disusun oleh :

Adinda Dyana Sobita (A12.2019.06298)

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

FAKULTAS ILMU KOMPUTER

PROGRAM SISTEM INFORMASI

  1. PENGERTIAN E-BUSINESS

Pengertian E-Bisnis atau Electronic bisnis ialah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis serta semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk dapat berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal maupun eksternal secara lebih efisien serta fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier serta mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan maupun melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. Istilah “e-business” diciptakan oleh perusahaan IT IBM pada akhir tahun 1990an dan umumnya mengacu pada proses bantuan komputer untuk mengotomatisasi proses perdagangan pada saat itu. Saat ini, ruang lingkup istilah “e-business” bergantung pada seberapa jauh konsep “bisnis” diambil.

E-business juga bisa merujuk ke perusahaan itu sendiri. Dalam hal ini toko online seakan menjadi bisnis elektronik. Jika “bisnis” umumnya didefinisikan sebagai “perdagangan”, prinsip tersebut berlaku untuk semua mitra yang terlibat dalam perdagangan elektronik.

“Bisnis” sebagai “kerjasama” dalam e-business kemudian mencakup semua metode kolaborasi dengan bantuan proses elektronik dan otomatis. Jadi e-learning dalam arti seluas-luasnya bisa diklasifikasikan dalam e-bisnis juga.

The Gabler Wirtschaftslexikon (ensiklopedia Jerman) berisi definisi yang dapat dikerjakan berdasarkan lima pilar e-business: “Electronic Business (e-business) mengacu pada peluang ekonomi yang terkait dengan jaringan digital global (ekonomi bersih), yang berarti penggunaan teknologi informasi digital untuk mendukung proses bisnis selama tahap persiapan, negosiasi dan implementasi. Komponen penting yang merupakan informasi, komunikasi, dan transaksi ditransfer atau diproses melalui jaringan digital antara mitra ekonomi yang berpartisipasi.”

Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :

  • Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  • Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
  • Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
  • Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
  • Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

Sasaran dari e-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

  • Aplikasi dan ASP (Application Service Provider)

Salah satu komponen dari e-business yang harus dimiliki oleh pelaku ebusiness adalah aplikasi. Minimal aplikasi yang harus dimiliki antara lain:

1. Website dengan fasilitas untuk menerima order beli (Secure WebStore)

2. Manual cara pembelian dan term & condition dari setiap transaksi

3. Fasilitas pembayaran baik melalui kartu kredit maupun transfer

4. Database customer/klien.

Selain ketiga aplikasi di atas ada aplikasi pendukung lain untuk memudahkan pelaku e-business dalam menjalankan kegiatannya antara lain :

1. Aplikasi akunting/ laporan keuangan yang terintegrasi dengan aplikasi

webstore

2. Aplikasi inventori dan expedisi untuk pengiriman barang yang

terintegrasi dengan webstore

3. Aplikasi CRM untuk meningkatkan pelayanan dan aplikasi untuk

berhubungan dengan pemasok.

  • Lima area atau lini berikut ini terdaftar sebagai basis e-business:
  • E-procurement: ini mencakup semua aktivitas yang berkaitan dengan pembelian. Ini bisa berupa barang atau jasa. Oleh karena itu, E-procurement
  • mencakup produk yang dibeli dari toko online, serta pemesanan iklan melalui Google AdWords.
  • E-shop, toko online atau e-commerce: Ini termasuk sistem toko seperti Magento atau juga Oxid dan juga sistem ERP terkait.
  • E-marketplace: Ini mungkin lebih spesifik sebagai portal perbandingan harga seperti Google Shopping atau umumnya mendefinisikan web sebagai area penjualan.
  • E-community: Komunitas ini merujuk hari ini ke jejaring sosial seperti Facebook atau menjabarkan kontak dengan pelanggan dan calon pelanggan dengan media elektronik dan digital seperti email atau chat.
  • E-Company: Komunikasi perusahaan juga dilakukan melalui jaringan digital seperti presentasi perusahaan itu sendiri.
  • 7 Strategi Taktis E-Business

7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business ialah Sebagai berikut :

  • Fokus.

Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang terfokus dari masing-masing manajer produk.

  • Banner berupa teks,

Dikarenakan respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari pada banner berupa gambar.

  • Ciptakan 2 level afiliasi.

Memiliki distributor penjualan utama serta agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk atau bisnis.

  • Manfaatkan kekuatan e-mail.

E-mail ialah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran juga dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.

  • Menulis artikel.

Kebanyakan penjualan ialah hasil dari proses edukasi maupun sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.

  • Lakukan e-Marketing.

Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.

  • Komunikasi instan.

Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli ataupun pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara melakukan komunikasi langsung.

  • Pembagian E-business
  • Customer Relationship Management (CRM) :

system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan pelayanan, anggapan dari konsumen.

  • Enterprise Resource Planning (ERP) :

system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and finance, human resource, sales and distribution, order management.

  • Enterprise Application Programs (EAI) :

merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.

  • Supply Chain Management (SCM) :

manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.

  • Tahap E – business

Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan Internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business. Empat tahapan itu adalah sebagai berikut:

  • Mendayagunakan komputer

Komputer menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.

  • Mendayagunakan jaringan dan internet

Apa yang ditawarkan jaringan komputer dan internet bagi sebuah bisnis? Meningkatkan kemampuan koordinat dan komunikasi, baik itu internal maupun eksternal, yang pada akhirnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk kepentingan tersebut kita dapat memanfaatkan e-mail, IRC maupun mailing list.

  • Membangun dan mendayagunakan web

 Web menawarkan informasi selama 24 jam. 7 hari dalam seminggu. Anda dapat berbagi informasi dengan pelanggan sekaligus menjaring pelanggan baru.

  • E – commerce

 Pada tahap ini, perusahaan telah mempersiapkan dan membangun fasilitas transaksi online baik dengan pelanggan maupun dengan para supplier atau dengan pihak lain yang berkepentingan dengan web.

  • Sasaran E-business

Sasaran dari e-business adalah pasar secara elektronis atau sering disebut market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam Internet, termasuk penggunanya. E – business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

Namun, untuk melakukan bisnis melalui Intenet ini harus benar-benar memperhatikan tentang produk-produk dan jasa apa yang akan dipasarkan, mengingat orang-orang yang terkait dengan e – business ini berasal dari berbagai tempat, pulau, negara bahkan belahan dunia yang sangat heterogen baik itu dalam hal kebutuhan, minat maupun budayanya. Hanya produk-produk yang secara global menjadi kebutuhan masyarakat dan memiliki standar kualitaslah yang dapat dipasarkan melalui internet.

  • MANFAAT E-BUSINESS

Manfaat e-business sangatlah banyak sekali diantaranya adalah

  • Manfaat e-business bagi perusahaan :

– Memperluas pasar hingga mancakup pasar nasional dan pasar global

– Menekan biaya penyusunan, memproses, mendistribusikan, meyimpanan dan mengakses informasi berbasis kertas

– Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan prpduk/jasa.

– Memperpendek jarak

– Efisien

– Perluasan jaringa mitra

– Cash flow terjamin

  • Manfaat e-business bagi konsumen :

– Memungkin konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainny setiap saat (24 jam sehari) dan dimana saja

– Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.

– Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa yang lebih murah.

– Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalan electronic communities dan saling bertukar  gagasan serta pengalaman.

– Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon subtansional bagi pelanggannya.

  • Manfaat e-business bagi masyarakat :

– Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan jarang berpergian untuk belanja, sehingga kemacetan dan populasi udara berkurang.

– Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga harga terjangkau.

– Memungkinkan masyarakat di Negara berkembang dan kawasan perdalaman menikmati produk dan jasa relative langka di tempat tinggalnya atau jarak yang jauh untuk memperolehnya.

– Peluang kerja baru.

  • Manfaat e-business bagi dunia akademis :

– Tantangan baru

– Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis

– Membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan.

  •  KELEBIHAN E-BUSINESS
  • Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
  • Akses yang mudah.
  • Lebih tepat sasaran.
  • Menghemat waktu.
  • Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.
  • KEKURANGAN E-BUSINESS

1.Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

2.Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.

3.Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

4.Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.

5.Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

  •  FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN E-BUSINESS
  • E-business dan strategi organisasi. Nilai strategis untuk melakukan implementasu e-business tergantung pada tingkat sejauh mana proses tersebut dapat membantu organisasi mengimplementasikan dan mencapai strategi keseluruhan.
  • Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga. Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk.
  • Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut  dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya  manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
  • Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang   lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.
  • Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website  mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
  • Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
  • TUJUAN E-BUSINESS

Tujuan e-Business adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data sumber daya manusia, keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

  • KESIMPULAN

Berdasarkan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  E– Business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor Pemerintah dan media massa dan juga termasuk pengggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

  Internet sangat beperan penting dalam proses E-Busieness dimana Internet memberikan  dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis, Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online.

REFERENSI

PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENYALUR BAKAT

PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENYALUR BAKAT

 

Hasil gambar untuk gambar udinus

 

 

 

A. Pengertian

Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi semakin pesat bahkan tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dapat mempermudah kegiatan sehari-hari masyarakat. Teknologi yang mempunyai banyak pengaruh dimasyarakat adalah gadget dan internet, dua hal ini mungkin sekarang dapat disebut sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi dalam gadget sebagai sarana komunikasi atau untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan seiring berkembangnya teknologi memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini teknologi internet dan gadget  semakin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah gadget. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita atau informasi.

Hal ini sendiri tidak dapat dipungkiri karena adanya konvergensi media, dimana bergabungnya  berbagai jenis media yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (seperti : komputer, televisi, radio, dan suratkabar) ke dalam sebuah media tunggal. Konvergensi media merupakan salah satu perkembangan media massa yang melibatkan banyak faktor teknologi di dalamnya. Dimana menggabungkan berbagai media dalam satu wadah dianggap sebagai sarana mempermudah. Dengan adanya konvergensi media masyarakat juga banyak yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini sebagai ladang penyalur bakat. Contoh aplikasi untuk penyalur bakat : Instagaram,youtube,facebook,twitter dll .Youtube memberikan banyak keleluasaan untuk content seperti apa yang akan disuguhkan kepada masyrakat akan tetapi tetap dibatasi, dibatasi disini yang dimaksudkan adalah tidak melanggar aturan UU dan tidak mengandung sara Hal ini bisa menjadi wadah positif bagi anak bangsa yang memiliki hobi maupun bakat dalam bidang ini dimana mereka sendiri tidak hanya menjadikan media sebagai konsumsi akan tetapi mereka juga dapat memproduksi yang mereka mau. Tidak hanya sebagai penyalur kreativitas akan tetapi youtube juga disebut sebagai ladang penghasilan dimana setiap content video yang memiliki viewers atau subscriber banyak youtube akan memberikan apresiasi berupa uang. Sehingga banyak yang menjadikan youtube sebagai ladang bisnis atau penghasilan.

Pada awalnya media sosial digunakan hanya untuk berinteraksi dengan individu yang satu dengan lainya. Perkembangan teknologi ini membawa masyarakat untuk tidak hanya sebagai penglihat atau hanya sebagai penonton tapi ikut turut andil untuk mengkereasikan pikiran dan semua kreatifitas yang mereka punya. Termasuk mereka memanfaatkan dan menggunakan akun instagram sebagai penyalur kreatifitas mereka.

Manfaat Instagram .Instagram merupakan media sosial yang sudah berkembang dengan cepat dan besar di kalangan masyarakat, tidak hanya orang muda yang mampu menggunakanya namun mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua sudah menggunakanya. Diinstagram itu sendiri menyediakan banyak toko-toko online dan para selebgram yang memanfaatkan hal tersebut untuk menerima endorse dari toko-toko online tersebut.  Tidak sulit untuk menjadi seorang selebgram anda hanya perlu membuat sesautu hal yang kreatif yang dapat mengundang followers ke akun pribadi anda.

B. Manfaat

Mengasah kreatifitas yang anda miliki

Jika anda seorang yang penuh dengan bakat kreatif mungkin instagram dapat menjadi salah satu media yang dapat anda gunakan untuk menyalurkan bakat tersebut, misalkan seperti fotografer, membuat konten berupa vidio atau foto yang dapat mengambil hati pengguna instagram.

Untuk memulai bisnis online

Jika anda seorang yang ingin memulai bisnis menjual baju atau makanan bisa lewat instagram salah satu contoh : bisa menjual pakaian,makanan,masker wajah,body lotion dll.

Untuk mendapatkan info atau berita terkini

Jika anda ingin melihat info atau berita terkini bisa lewat instagram juga salah satu contoh : video tentang perkembangan negara, foto tentang tulisan yang mengandung hal hal positif bagi diri kita.

Adapun hambatan umtuk meyalurkan bakat :

  1. Hambatan Dalam Kesehatan

Hambatan dalam kesehatan sangat mempengaruhi aktifitas penyaluran bakat individu. Jika memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh baik terhadap kegiatan penyaluran bakat. Dan hambatan tubuh yang lemah atau sakit akan menjadi hambatan dalam penyaluran bakat sehingga mengurangi tercapainya hasil penyaluran bakat yang maksimal.

  1. Hambatan Fungsi Kesehatan atau Fisiologis

Selama kegiatan penyaluran bakat berlangsung, peran fungsi fisiologis pada  individu sangat mempengaruhi hasil penyaluran bakat, terutama fungsi indera tubuh. Fungsi indera tubuh yang berfungsi dengan baik akan mempermudah aktifitas penyaluran bakat. individu yang memiliki kecacatan tubuh (fungsi indera tubuh atau tubuh).

  1. Pengembangan Kecerdasan

Kecerdasan merupakan faktor psikologis yang paling penting dalam kegiatan penyaluran bakat  individu, karena  menentukan kualitas penyaluran bakat individu. Semakin tinggi kecerdasan seorang individu, semakin besar peluang individu untuk meraih sukses dalam penyaluran bakat. Oleh karena itu, perlu bimbingan penyaluran bakat dari orang lain seperti orang tua, pelatih bakat,dsb.

  1. Motivasi

Motivasi adalah salah satu sebab yang mempengaruhi keefektifan kegiatan penyaluran bakat individu. Motivasi yang mendorong individu ingin melakukan kegiatan penyaluran bakat. Para ahli psikologi menghubungkan motivasi sebagai kegiatan di dalam diri individu yang aktif, mendorong, memberikan arah, dan menjaga perilaku setiap saat. Motivasi diartikan sebagai pengaruh kebutuhan kebutuhan dan keinginan terhadap perkembangan bakat tersebut.

 

  1. Minat

Secara sederhana minat merupakan kecenderungan kegairahan yang tinggi atau besar terhadap sesuatu. Menurut Reber (Syah, 2003) minat bukanlah istilah yang populer dalam psikologi karena disebabkan ketergantungannya terhadap berbagai sebabr internal lainnya, seperti pemusatan perhatian, keinginan, motivasi, dan kebutuhan.

Namun lepas dari hal tersebut, minat sama halnya dengan kecerdasan dan motivasi, karena memberi pengaruh terhadap aktifvitas penyaluran bakat, seseorang akan menjadi tidak bersemangat atau bahkan tidak mau melakukan penyaluran bakat. Oleh karena itu, dalam hal penyaluran bakat di area penyaluran bakat, seorang pelatih bakat atau pendidik perlu membangkitkan minat individu agar tertarik terhadap hal pengembangan bakat yang akan disampaikan.

 

  1. Sikap

Dalam kegiatan penyaluran bakat, sikap dapat mempengaruhi keberhasilan kegiatan penyaluran bakat. Sikap adalah gejala di dalam diri yang mempengaruhi berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang umum dan tetap terhadap objek, orang, peristiwa dsb, baik secara baik maupun buruk (Shay,2003).

 

  1. Hambatan Sosial Tempat penyaluran bakat

Pendidikan di tempat penyaluran bakat bukan sekedar bertujuan untuk melatih individu supaya “siap pakai” untuk kerja atau mampu meneruskan ke jenjang pendidikan berikutnya atau mencapai angka raport, melainkan untuk membentuk peserta didik manjadi manusia sejati. Kegiatan pembentukan manusia sejati sudah mulai sejak  individu hidup dalam keluarga, kemudian dilanjutkan di tempat penyaluran bakat, di masyarakat, di dunia kerja dan di lingkungan sekitar.

 

  1. Cara Ajar yang Diberikan dalam Materi Pengembangan Bakat

Dalam mengajar untuk menyalurkan bakat, pelatih bakat memerlukan cara yang cocok. Cara ini dimaksudkan agar hal yang disampaikan oleh pelatih bakat terasa menarik dan individu mudah menyerapnya sehingga semaki tertarik untuk mengembangkan bakat.

 

 

  1. Penerapan disiplin

Disiplin dalam sebuah tempat penyaluran bakat sangat diperlukan untuk meengontrol kegiatan individu di tempat penyaluran bakat. Namun kedisiplinan yang terlalu ketat akan membuat individu merasa terkekang dan merasa ruang geraknya dibatasi.

 

  1. Hubungan Individu dengan Pelatih Bakat Maupun Teman

Suasana sebuah area penyaluran bakat didukung oleh peran pelatih bakat dan anggota area penyaluran bakat. Jika suasana area penyaluran bakat tidak mendukung, maka dapat menjadi hambatan dalam penyaluran bakat dan kegiatan penyaluran bakat individu. Hubungan individu dengan pelatih bakat, individu dengan teman juga perlu dibangun sebaik mungkin sehingga tercipta suasana yang baik dan nyaman bagi individu, sehingga mereka betah menjadi bagian dari area penyaluran bakat.

 

  1. Keadaan Sosial Masyarakat

Hambatan hambatan masyarakat tempat tinggal individu juga mempengaruhi kegiatan penyaluran bakat  individu. Hambatan individu yang kumuh, banyak pengangguran, dan banyak teman sebaya di area yang tidak ada tempat penyaluran bakat dapat menjadi sebab yang menimbulkan kesukaran penyaluran bakat bagi individu. Misalnya individu tidak memiliki teman penyaluran bakat dan diskusi maka akan merasa kesulitan saat akan meminjam sarana prasarana atau alat penyaluran bakat yang lain.

 

  1. Kondisi keluarga

Keluarga merupakan tempat pertama kali  individu mendapat kesempatan dan dipancing untuk penyaluran bakat. Oleh karena itu, jika ada hambatan dalam keluarga sangat mempengaruhi kegiatan penyaluran bakat  individu.

C.Dampak positif internet sebagai penyalur bakat :

  • Internet memuat berbagai informasi, termasuk informasi tentang berbagai kompetisi dan perlombaan. Setiap individu dapat berkesempatan menyalurkan bakat dan talenta melalui kompetisi dan perlombaan tersebut. Contohnya adalah melalui situs Youtube. Bukti kesuksesan Briptu Norman dengan gaya “India”nya, Justin Bieber yang kini menjadi salah satu penyanyi remaja terpopuler di dunia, juga Sinta dan Jojo dengan video Lip-sing “Keong Racun”.
  • Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan ketika kita sedang mencari tugas di internet tanpa kita sadari setiap halaman Webiste yang kita buka pasti kita akan baca walaupun itu bukan tugas yang sobat inginkan. Materi pembelajaran menjadi luas, tidak hanya berpatokkan pada apa yang diajarkan pendidik, tapi dapat juga belajar melalui berbagai materi yang terdapat di Internet. Internet dapat menyamaratakan kesempatan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.
  • Media Pertukaran Data. Saat ini dengan hanya menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

D. Dampak negatifnya :

Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. Banyak orang yang tertarik dengan penawaran dan pemesanan yang tersedia di dunia maya atau di internet, sehingga masyarakat tertarik untuk membelinya dan memesannya, dan akhirnya melakukan transaksi yang akan mengakibatkan penipuan sehingga transaksi yang sudah dilakukan hilang secara cuma-Cuma.

  • Violence and Gore.

Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar – gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

Internet menyuguhkan bermacam-macam hiburan yang dirangkai khusus dimedia seperti: Game online, Musik, dan film-film. Hiburan yang seperti itu dapat membuat mereka kecanduan karena keasyikan dari hiburan-hiburan yang menarik dan modern. Hiburan seperti itu bukan tidak boleh untuk dinikmati atau dikonsumsi, hiburan tersebut dapat dikonsumsi hanya untuk penyegaran otak saja, agar tidak terlalu lelah, bukanya menjadikan mereka lupa akan tugas-tugas mereka contohnya: tugas belajar.

  • Perilaku sosial menyimpang.

Penyimpangan perilaku sosial ini antara lain kurang atau tidak mau bergaul dengan teman-teman sebayanya. Pelajar cenderung mengurung diri dan asik menikmati dunia maya tanpa menghiraukan apa yang telah terjadi di sekitarnya. Jika situs yang dibuka positif tidak begitu masalah. Biasanya pelajar akan menceritakan petualangannya di dunia maya karena mendapatkan ilmu baru. Akan tetapi jika situs yang dibuka adalah situs pornografi, maka ia akan sembunyi-sembunyi mengatakannya. Hanya kepada teman tertentu saja yang diceritakan supaya tidak ketahuan. Perilaku sosial menyimpang yang lain adalah ia akan cemas, khawatir dan merasa tidak percaya diri (PD) jika tidak membawa ponselnya. Blackberry Messenger (BBM) atau situs facebook yang selalu menemani membuat anak tidak bisa berkomunikasi dengan teman-temannya. Ia hanya tahu dunianya sendiri.

  • Mengucapkan kata-kata yang tak senonoh.

Anak tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal ini jika bekal agama yang ditanamkan pada anak kurang dan kurang bimbingan dari orang tua. Kata-kata yang tak senonoh sering dilontarkan di depan publik, bahkan di depan orang tua atau gurunya di sekolah.

  • Mengurangi sifat social.

Cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

  • Cara mengatasi dampak negatif :
  • Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. kondisikan bahwa masuk ke situs negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.
  • Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di kamar tidur anak) .
  • Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
  • Berikan tips praktis untuk menghindari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi, tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal.
  • Tentukan waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama-sama duduk di komputer, berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.
  • Pembatasan waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.
  • Memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif sebagai antisipasi untuk memfilter diri sendiri dan orang lain.
  • Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang bernilai positif dan mempunyai nilai pendidikannya.
  • Dengan diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menggunakan teknologi yang baik dan tidak melanggar etika, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang keberlangsungan hidup manusia.
  • Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian Anda karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.
  • Tetap menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu tanpa mengetahui manfaatnya.

 

  • Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani (Nina) yang hadir sebagai pembicara, teknologi dapat memberikan beragam manfaat edukatif bagi anak. Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi di gadget Anda dan mengenalkan beragam aktivitas guna mencari minat dan bakat anak yang spesifik. Contohnya, menggambar, mendesain, bermain musik serta berbagai games abstrak seperti memecahkan teka-teki dan games yang memerlukan strategi. Amatilah aktivitas mana yang menyenangkan dan mudah dilakukan sang anak. Jika dia senang melakukannya, itu adalah minatnya. Jika dia mudah melakukannya, itu adalah bakatnya. Langkah berikutnya adalah Anda mengarahkan sang anak untuk memaksimalkan minat dan bakatnya. Salah satu caranya adalah memberikan pujian spesifik agar dia mengetahui apa yang dilakukannya dengan benar. Sebagai contoh, jika anak Anda pandai menggambar, Anda dapat memuji pilihan kombinasi warna yang cocok. Cara lainnya adalah dengan memberikan variasi tantangan agar anak tidak bosan. Contoh lainnya, jika anak Anda suka bermain bola, Anda dapat terus mengubah tempat bermain, teman bermain dan waktu bermain mereka. Nina menyimpulkan sesi diskusinya dengan mengingatkan para orang tua walaupun teknologi memiliki beragam manfaat positif, tetap perlu bijak dalam mendampingi anak menggunakannya. Memaksimalkan minat dan bakat sang anak perlu ditunjang pendidikan formal dan aktivitas di luar sekolah yang sesuai dan tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Sayangnya, banyak orang tua yang menunda persiapannya karena kesibukan sehari-hari atau tidak tahu bagaimana memulainya. Di saat yang sama, kenaikan biaya pendidikan dibanding dengan pendapatan sekitar 15 persen dibanding 5 persen. Jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, pendidikan anak mungkin menjadi kurang maksimal karena orang tua kurang siap rencana keuangan yang komprehensif Tersedia solusi investasi bulanan yang dimulai dari Rp 2,5 juta dan jaminan ketersediaan dana pendidikan anak mulai dari Rp 25 juta per tahun yang dapat dicicil per kuartal. 3. Tahap review dan monitoring Tim finansial HSBC Advance akan secara berkala membantu menyesuaikan rencana keuangan Anda sesuai dengan perkembangan dan prioritas hidup Anda. Anda juga dapat menikmati layanan digital Wealth Dashboard untuk memonitor perkembangan solusi investasi dan perlindungan Anda 24/7. Acara ini adalah bagian dari rangkaian acara yang diprakarsai oleh HSBC Advance sebagai komitmen dalam mewujudkan perencanaan pendidikan anak terbaik bagi nasabah dan calon nasabah. “Acara ini sangat informatif untuk saya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah dua kali menghadiri acara HSBC Advance ini,” ungkap Ibu Suwani, nasabah HSBC yang hadir di acara tersebut.

Kesimpulan:

Seiring berkembangnya zaman serta makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melahirkan berbagai dampak baik dampak positif maupun dampak yang negatif. Dampak positif tentu saja merupakan hal yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kemaslahatan kehidupan manusia di dunia termasuk di negara Indonesia sebagai negara berkembang, yang mana hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini diramu dalam berbagai bentuk dan konsekuensinya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dampak negatif yang timbul dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus juga dipikirkan solusinya karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada kehidupan manusia, baik kehidupan manusia secara fisik maupun kehidupan mentalnya. Salah satu hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini antara lain adalah teknologi dunia maya yang dikenal dengan istilah internet. Internet ( Interconection Networking ) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan computer diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan internet tersebut, satu computer dapat berkomunikasi secara langsung dengan computer lain diberbagai belahan dunia. walaupun internet ini dunia maya, akan tetapi karena interaksi yang terjadi di dalamnya tetap melibatkan manusia dengan berbagai jenis dan karakter tak ubahnya di dunia nyata sehari-hari, maka etika keseharian tetap harus diterapkan. Bagaimanapun pelanggaran terhadap etika tersebut bisa berdampak kurang baik bahkan bisa menjadi sesuatu yang buruk bagi kita dan anak kita. Konsekuensinya sendiri bisa terjadi dalam bentuk ringan seperti pengucilan, pemblokiran, dan hal sejenis lainnya, hingga dalam bentuk yang cukup berat yang bisa membawa kita berurusan dengan pihak kepolisian dan pengadilan.

 

 

 

 

Referensi / Daftar Pustaka

https://www.kompasiana.com/riskka/5b4b017dab12ae390e415db3/pemanfaatan-instagram-sebagai-media-penyalur-kratifitas-conten-creation?page=all

https://www.suara.com/tekno/2017/04/09/151009/lewat-aplikasi-ini-kamu-bisa-pamer-bakat-dan-talenta

https://madarash92.wordpress.com/2013/11/05/dampak-positif-negatif-internet/

https://www.kompasiana.com/atika02535/5b4a3182ab12ae03fb522872/youtube-sebagai-wadah-kreativitas-anak-bangsa-wujud-adanya-konvergensi-media

 

 

 

 

PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENYALUR BAKATHasil gambar untuk gambar udinusA. Pengertian

Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi semakin pesat bahkan tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dapat mempermudah kegiatan sehari-hari masyarakat. Teknologi yang mempunyai banyak pengaruh dimasyarakat adalah gadget dan internet, dua hal ini mungkin sekarang dapat disebut sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi dalam gadget sebagai sarana komunikasi atau untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan seiring berkembangnya teknologi memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini teknologi internet dan gadget  semakin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah gadget. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita atau informasi.

Hal ini sendiri tidak dapat dipungkiri karena adanya konvergensi media, dimana bergabungnya  berbagai jenis media yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (seperti : komputer, televisi, radio, dan suratkabar) ke dalam sebuah media tunggal. Konvergensi media merupakan salah satu perkembangan media massa yang melibatkan banyak faktor teknologi di dalamnya. Dimana menggabungkan berbagai media dalam satu wadah dianggap sebagai sarana mempermudah. Dengan adanya konvergensi media masyarakat juga banyak yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini sebagai ladang penyalur bakat. Contoh aplikasi untuk penyalur bakat : Instagaram,youtube,facebook,twitter dll .Youtube memberikan banyak keleluasaan untuk content seperti apa yang akan disuguhkan kepada masyrakat akan tetapi tetap dibatasi, dibatasi disini yang dimaksudkan adalah tidak melanggar aturan UU dan tidak mengandung sara Hal ini bisa menjadi wadah positif bagi anak bangsa yang memiliki hobi maupun bakat dalam bidang ini dimana mereka sendiri tidak hanya menjadikan media sebagai konsumsi akan tetapi mereka juga dapat memproduksi yang mereka mau. Tidak hanya sebagai penyalur kreativitas akan tetapi youtube juga disebut sebagai ladang penghasilan dimana setiap content video yang memiliki viewers atau subscriber banyak youtube akan memberikan apresiasi berupa uang. Sehingga banyak yang menjadikan youtube sebagai ladang bisnis atau penghasilan.

Pada awalnya media sosial digunakan hanya untuk berinteraksi dengan individu yang satu dengan lainya. Perkembangan teknologi ini membawa masyarakat untuk tidak hanya sebagai penglihat atau hanya sebagai penonton tapi ikut turut andil untuk mengkereasikan pikiran dan semua kreatifitas yang mereka punya. Termasuk mereka memanfaatkan dan menggunakan akun instagram sebagai penyalur kreatifitas mereka.

Manfaat Instagram .Instagram merupakan media sosial yang sudah berkembang dengan cepat dan besar di kalangan masyarakat, tidak hanya orang muda yang mampu menggunakanya namun mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua sudah menggunakanya. Diinstagram itu sendiri menyediakan banyak toko-toko online dan para selebgram yang memanfaatkan hal tersebut untuk menerima endorse dari toko-toko online tersebut.  Tidak sulit untuk menjadi seorang selebgram anda hanya perlu membuat sesautu hal yang kreatif yang dapat mengundang followers ke akun pribadi anda.

B.Manfaat

Mengasah kreatifitas yang anda miliki

Jika anda seorang yang penuh dengan bakat kreatif mungkin instagram dapat menjadi salah satu media yang dapat anda gunakan untuk menyalurkan bakat tersebut, misalkan seperti fotografer, membuat konten berupa vidio atau foto yang dapat mengambil hati pengguna instagram.

Untuk memulai bisnis online

Jika anda seorang yang ingin memulai bisnis menjual baju atau makanan bisa lewat instagram salah satu contoh : bisa menjual pakaian,makanan,masker wajah,body lotion dll.

Untuk mendapatkan info atau berita terkini

Jika anda ingin melihat info atau berita terkini bisa lewat instagram juga salah satu contoh : video tentang perkembangan negara, foto tentang tulisan yang mengandung hal hal positif bagi diri kita.

Adapun hambatan umtuk meyalurkan bakat :

  1. Hambatan Dalam Kesehatan

Hambatan dalam kesehatan sangat mempengaruhi aktifitas penyaluran bakat individu. Jika memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh baik terhadap kegiatan penyaluran bakat. Dan hambatan tubuh yang lemah atau sakit akan menjadi hambatan dalam penyaluran bakat sehingga mengurangi tercapainya hasil penyaluran bakat yang maksimal.

  1. Hambatan Fungsi Kesehatan atau Fisiologis

Selama kegiatan penyaluran bakat berlangsung, peran fungsi fisiologis pada  individu sangat mempengaruhi hasil penyaluran bakat, terutama fungsi indera tubuh. Fungsi indera tubuh yang berfungsi dengan baik akan mempermudah aktifitas penyaluran bakat. individu yang memiliki kecacatan tubuh (fungsi indera tubuh atau tubuh).

  1. Pengembangan Kecerdasan

Kecerdasan merupakan faktor psikologis yang paling penting dalam kegiatan penyaluran bakat  individu, karena  menentukan kualitas penyaluran bakat individu. Semakin tinggi kecerdasan seorang individu, semakin besar peluang individu untuk meraih sukses dalam penyaluran bakat. Oleh karena itu, perlu bimbingan penyaluran bakat dari orang lain seperti orang tua, pelatih bakat,dsb.

  1. Motivasi

Motivasi adalah salah satu sebab yang mempengaruhi keefektifan kegiatan penyaluran bakat individu. Motivasi yang mendorong individu ingin melakukan kegiatan penyaluran bakat. Para ahli psikologi menghubungkan motivasi sebagai kegiatan di dalam diri individu yang aktif, mendorong, memberikan arah, dan menjaga perilaku setiap saat. Motivasi diartikan sebagai pengaruh kebutuhan kebutuhan dan keinginan terhadap perkembangan bakat tersebut.

 

  1. Minat

Secara sederhana minat merupakan kecenderungan kegairahan yang tinggi atau besar terhadap sesuatu. Menurut Reber (Syah, 2003) minat bukanlah istilah yang populer dalam psikologi karena disebabkan ketergantungannya terhadap berbagai sebabr internal lainnya, seperti pemusatan perhatian, keinginan, motivasi, dan kebutuhan.

Namun lepas dari hal tersebut, minat sama halnya dengan kecerdasan dan motivasi, karena memberi pengaruh terhadap aktifvitas penyaluran bakat, seseorang akan menjadi tidak bersemangat atau bahkan tidak mau melakukan penyaluran bakat. Oleh karena itu, dalam hal penyaluran bakat di area penyaluran bakat, seorang pelatih bakat atau pendidik perlu membangkitkan minat individu agar tertarik terhadap hal pengembangan bakat yang akan disampaikan.

 

  1. Sikap

Dalam kegiatan penyaluran bakat, sikap dapat mempengaruhi keberhasilan kegiatan penyaluran bakat. Sikap adalah gejala di dalam diri yang mempengaruhi berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang umum dan tetap terhadap objek, orang, peristiwa dsb, baik secara baik maupun buruk (Shay,2003).

 

  1. Hambatan Sosial Tempat penyaluran bakat

Pendidikan di tempat penyaluran bakat bukan sekedar bertujuan untuk melatih individu supaya “siap pakai” untuk kerja atau mampu meneruskan ke jenjang pendidikan berikutnya atau mencapai angka raport, melainkan untuk membentuk peserta didik manjadi manusia sejati. Kegiatan pembentukan manusia sejati sudah mulai sejak  individu hidup dalam keluarga, kemudian dilanjutkan di tempat penyaluran bakat, di masyarakat, di dunia kerja dan di lingkungan sekitar.

 

  1. Cara Ajar yang Diberikan dalam Materi Pengembangan Bakat

Dalam mengajar untuk menyalurkan bakat, pelatih bakat memerlukan cara yang cocok. Cara ini dimaksudkan agar hal yang disampaikan oleh pelatih bakat terasa menarik dan individu mudah menyerapnya sehingga semaki tertarik untuk mengembangkan bakat.

 

 

  1. Penerapan disiplin

Disiplin dalam sebuah tempat penyaluran bakat sangat diperlukan untuk meengontrol kegiatan individu di tempat penyaluran bakat. Namun kedisiplinan yang terlalu ketat akan membuat individu merasa terkekang dan merasa ruang geraknya dibatasi.

 

  1. Hubungan Individu dengan Pelatih Bakat Maupun Teman

Suasana sebuah area penyaluran bakat didukung oleh peran pelatih bakat dan anggota area penyaluran bakat. Jika suasana area penyaluran bakat tidak mendukung, maka dapat menjadi hambatan dalam penyaluran bakat dan kegiatan penyaluran bakat individu. Hubungan individu dengan pelatih bakat, individu dengan teman juga perlu dibangun sebaik mungkin sehingga tercipta suasana yang baik dan nyaman bagi individu, sehingga mereka betah menjadi bagian dari area penyaluran bakat.

 

  1. Keadaan Sosial Masyarakat

Hambatan hambatan masyarakat tempat tinggal individu juga mempengaruhi kegiatan penyaluran bakat  individu. Hambatan individu yang kumuh, banyak pengangguran, dan banyak teman sebaya di area yang tidak ada tempat penyaluran bakat dapat menjadi sebab yang menimbulkan kesukaran penyaluran bakat bagi individu. Misalnya individu tidak memiliki teman penyaluran bakat dan diskusi maka akan merasa kesulitan saat akan meminjam sarana prasarana atau alat penyaluran bakat yang lain.

 

  1. Kondisi keluarga

Keluarga merupakan tempat pertama kali  individu mendapat kesempatan dan dipancing untuk penyaluran bakat. Oleh karena itu, jika ada hambatan dalam keluarga sangat mempengaruhi kegiatan penyaluran bakat  individu.

C.Dampak positif internet sebagai penyalur bakat :

  • Internet memuat berbagai informasi, termasuk informasi tentang berbagai kompetisi dan perlombaan. Setiap individu dapat berkesempatan menyalurkan bakat dan talenta melalui kompetisi dan perlombaan tersebut. Contohnya adalah melalui situs Youtube. Bukti kesuksesan Briptu Norman dengan gaya “India”nya, Justin Bieber yang kini menjadi salah satu penyanyi remaja terpopuler di dunia, juga Sinta dan Jojo dengan video Lip-sing “Keong Racun”.
  • Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan ketika kita sedang mencari tugas di internet tanpa kita sadari setiap halaman Webiste yang kita buka pasti kita akan baca walaupun itu bukan tugas yang sobat inginkan. Materi pembelajaran menjadi luas, tidak hanya berpatokkan pada apa yang diajarkan pendidik, tapi dapat juga belajar melalui berbagai materi yang terdapat di Internet. Internet dapat menyamaratakan kesempatan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.
  • Media Pertukaran Data. Saat ini dengan hanya menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

D. Dampak negatifnya :

Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. Banyak orang yang tertarik dengan penawaran dan pemesanan yang tersedia di dunia maya atau di internet, sehingga masyarakat tertarik untuk membelinya dan memesannya, dan akhirnya melakukan transaksi yang akan mengakibatkan penipuan sehingga transaksi yang sudah dilakukan hilang secara cuma-Cuma.

  • Violence and Gore.

Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar – gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

Internet menyuguhkan bermacam-macam hiburan yang dirangkai khusus dimedia seperti: Game online, Musik, dan film-film. Hiburan yang seperti itu dapat membuat mereka kecanduan karena keasyikan dari hiburan-hiburan yang menarik dan modern. Hiburan seperti itu bukan tidak boleh untuk dinikmati atau dikonsumsi, hiburan tersebut dapat dikonsumsi hanya untuk penyegaran otak saja, agar tidak terlalu lelah, bukanya menjadikan mereka lupa akan tugas-tugas mereka contohnya: tugas belajar.

  • Perilaku sosial menyimpang.

Penyimpangan perilaku sosial ini antara lain kurang atau tidak mau bergaul dengan teman-teman sebayanya. Pelajar cenderung mengurung diri dan asik menikmati dunia maya tanpa menghiraukan apa yang telah terjadi di sekitarnya. Jika situs yang dibuka positif tidak begitu masalah. Biasanya pelajar akan menceritakan petualangannya di dunia maya karena mendapatkan ilmu baru. Akan tetapi jika situs yang dibuka adalah situs pornografi, maka ia akan sembunyi-sembunyi mengatakannya. Hanya kepada teman tertentu saja yang diceritakan supaya tidak ketahuan. Perilaku sosial menyimpang yang lain adalah ia akan cemas, khawatir dan merasa tidak percaya diri (PD) jika tidak membawa ponselnya. Blackberry Messenger (BBM) atau situs facebook yang selalu menemani membuat anak tidak bisa berkomunikasi dengan teman-temannya. Ia hanya tahu dunianya sendiri.

  • Mengucapkan kata-kata yang tak senonoh.

Anak tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal ini jika bekal agama yang ditanamkan pada anak kurang dan kurang bimbingan dari orang tua. Kata-kata yang tak senonoh sering dilontarkan di depan publik, bahkan di depan orang tua atau gurunya di sekolah.

  • Mengurangi sifat social.

Cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

  • Cara mengatasi dampak negatif :
  • Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. kondisikan bahwa masuk ke situs negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.
  • Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di kamar tidur anak) .
  • Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
  • Berikan tips praktis untuk menghindari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi, tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal.
  • Tentukan waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama-sama duduk di komputer, berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.
  • Pembatasan waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.
  • Memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif sebagai antisipasi untuk memfilter diri sendiri dan orang lain.
  • Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang bernilai positif dan mempunyai nilai pendidikannya.
  • Dengan diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menggunakan teknologi yang baik dan tidak melanggar etika, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang keberlangsungan hidup manusia.
  • Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian Anda karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.
  • Tetap menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu tanpa mengetahui manfaatnya.

 

  • Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani (Nina) yang hadir sebagai pembicara, teknologi dapat memberikan beragam manfaat edukatif bagi anak. Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi di gadget Anda dan mengenalkan beragam aktivitas guna mencari minat dan bakat anak yang spesifik. Contohnya, menggambar, mendesain, bermain musik serta berbagai games abstrak seperti memecahkan teka-teki dan games yang memerlukan strategi. Amatilah aktivitas mana yang menyenangkan dan mudah dilakukan sang anak. Jika dia senang melakukannya, itu adalah minatnya. Jika dia mudah melakukannya, itu adalah bakatnya. Langkah berikutnya adalah Anda mengarahkan sang anak untuk memaksimalkan minat dan bakatnya. Salah satu caranya adalah memberikan pujian spesifik agar dia mengetahui apa yang dilakukannya dengan benar. Sebagai contoh, jika anak Anda pandai menggambar, Anda dapat memuji pilihan kombinasi warna yang cocok. Cara lainnya adalah dengan memberikan variasi tantangan agar anak tidak bosan. Contoh lainnya, jika anak Anda suka bermain bola, Anda dapat terus mengubah tempat bermain, teman bermain dan waktu bermain mereka. Nina menyimpulkan sesi diskusinya dengan mengingatkan para orang tua walaupun teknologi memiliki beragam manfaat positif, tetap perlu bijak dalam mendampingi anak menggunakannya. Memaksimalkan minat dan bakat sang anak perlu ditunjang pendidikan formal dan aktivitas di luar sekolah yang sesuai dan tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Sayangnya, banyak orang tua yang menunda persiapannya karena kesibukan sehari-hari atau tidak tahu bagaimana memulainya. Di saat yang sama, kenaikan biaya pendidikan dibanding dengan pendapatan sekitar 15 persen dibanding 5 persen. Jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, pendidikan anak mungkin menjadi kurang maksimal karena orang tua kurang siap rencana keuangan yang komprehensif Tersedia solusi investasi bulanan yang dimulai dari Rp 2,5 juta dan jaminan ketersediaan dana pendidikan anak mulai dari Rp 25 juta per tahun yang dapat dicicil per kuartal. 3. Tahap review dan monitoring Tim finansial HSBC Advance akan secara berkala membantu menyesuaikan rencana keuangan Anda sesuai dengan perkembangan dan prioritas hidup Anda. Anda juga dapat menikmati layanan digital Wealth Dashboard untuk memonitor perkembangan solusi investasi dan perlindungan Anda 24/7. Acara ini adalah bagian dari rangkaian acara yang diprakarsai oleh HSBC Advance sebagai komitmen dalam mewujudkan perencanaan pendidikan anak terbaik bagi nasabah dan calon nasabah. “Acara ini sangat informatif untuk saya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah dua kali menghadiri acara HSBC Advance ini,” ungkap Ibu Suwani, nasabah HSBC yang hadir di acara tersebut.

Kesimpulan:

Seiring berkembangnya zaman serta makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melahirkan berbagai dampak baik dampak positif maupun dampak yang negatif. Dampak positif tentu saja merupakan hal yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kemaslahatan kehidupan manusia di dunia termasuk di negara Indonesia sebagai negara berkembang, yang mana hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini diramu dalam berbagai bentuk dan konsekuensinya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dampak negatif yang timbul dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus juga dipikirkan solusinya karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada kehidupan manusia, baik kehidupan manusia secara fisik maupun kehidupan mentalnya. Salah satu hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini antara lain adalah teknologi dunia maya yang dikenal dengan istilah internet. Internet ( Interconection Networking ) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan computer diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan internet tersebut, satu computer dapat berkomunikasi secara langsung dengan computer lain diberbagai belahan dunia. walaupun internet ini dunia maya, akan tetapi karena interaksi yang terjadi di dalamnya tetap melibatkan manusia dengan berbagai jenis dan karakter tak ubahnya di dunia nyata sehari-hari, maka etika keseharian tetap harus diterapkan. Bagaimanapun pelanggaran terhadap etika tersebut bisa berdampak kurang baik bahkan bisa menjadi sesuatu yang buruk bagi kita dan anak kita. Konsekuensinya sendiri bisa terjadi dalam bentuk ringan seperti pengucilan, pemblokiran, dan hal sejenis lainnya, hingga dalam bentuk yang cukup berat yang bisa membawa kita berurusan dengan pihak kepolisian dan pengadilan.

 

 

 

 

Referensi / Daftar Pustaka

https://www.kompasiana.com/riskka/5b4b017dab12ae390e415db3/pemanfaatan-instagram-sebagai-media-penyalur-kratifitas-conten-creation?page=all

https://www.suara.com/tekno/2017/04/09/151009/lewat-aplikasi-ini-kamu-bisa-pamer-bakat-dan-talenta

https://madarash92.wordpress.com/2013/11/05/dampak-positif-negatif-internet/

https://www.kompasiana.com/atika02535/5b4a3182ab12ae03fb522872/youtube-sebagai-wadah-kreativitas-anak-bangsa-wujud-adanya-konvergensi-media