Keistimewaan Burung Kacer Yang Jarang Orang Tahu

Keistimewaan burung kacer yang jarang orang tahu. Bagi pencinta satwa burung, pasti sudah tidak asing lagi dengan kacer. Burung yang populer dengan suara nyaring dan melengking ini punya tempat tersendiri di kalangan pencinta burung kicau untuk pertandingan. Burung kacer punya tubuh yang mungil dan dapat menghasikan suara beragam tidak monoton sehingga cukup dicari di pasaran.

Di balik semua cirinya tersebut, burung kacer punya beberapa keistimewaan sendiri. Beberapa keistimewaan burung kacer bahkan tidak dimiliki oleh beberapa jenis burung lainnya. Mau tahu apa saja keistimewaanya tersebur? Simak terus artikel sampai akhir dan juga dapatkan informasi lain di citcuit.id.

Punya Kebiasaan Yang Menyesuaikan Dengan Habitat Aslinya

Burung Kacer banyak ditemukan di lahan kelapa sawit dan hutan-hutan yang menjadikan tempat tersebut menjadi habitan aslinya. Oleh karena habitatnya tersebut, membuat sifat aslinya begitu kuat melekat bahkan hingga saat sudah dipelihara sekalipun. Tidak jarang, burung kacer kerap membawa kebiasaannya tersebut pada area pertandingan.

Keistimewaan burung kace ini diperlihatkan saat di gantangan, kadang mereka tidak mau mengeluarkan suaranya. Ini dikarenakan mereka masih merasa asing di tempat baru. Mereka lebih memilih diam sejenak, untuk sekedar memahami situasi di sekitar lingkungannya. Baru setelah dirasa nyaman dan terbiasa mereka mulai berkicau.

Mengembangkan Ekor Di Kala Ada Yang Mengancam

Burung Kacer kadangkala punya kebiasaan membuat keributan di kandangnya. Ini merupakan salah satu pertanda dia merasa terancam, dan tidak nyaman entah karena ada predator atau manusia yang tidak dikenal. Kegaduhan yang dilakukannya sebagai isyarat jika dia tidak mau diganggu, dan berharap semua yang membuatnya tidak nyaman untuk pergi.

Bila di alam bebas, keistimewaan burung kacer ini terlihat saat dirinya merasa terancam oleh predator. Jika ada yang menurutnya membuat tidak nyaman, burung kacer akan langsung turun ke tanah sembari mengembangkan ekornya. Kembangan ekornya cukup menarik, karena berbentuk mirip kipas. Saat burung kacer mengembangkan ekor merupakan isyarat jika dia sedang marah.

Kicauan Burung Kacer Yang Unik

Burung Kacer menjadi hewan yang paling dicari salah satunya karena punya suara yang unik. Meskipun begitu, jika ingin memeliharanya untuk keperluan pertandingan ada baiknya untuk terus memberikan pelatihan rutin. Selain itu pemberian pakan yang tepat juga berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan.

Harga Jual Tinggi

Keistimewaan burung kacer yang lainnya adalah punya harga jual yang tinggi. Mulanya jenis burung kacer unggulan untuk pertandingan dipegang oleh burung kacer hitam yang berasal dari Jawa timur. Kemudian berubah bergeser menjadi kacer Jawa Barat yang menjadi terbaik. Namun kini, yang menjadi nomor satu adalah  Kacer dengan badan agak besar.

Sementara burung kacer jawa barat bertubuh agak kecil. Harga burung yang tergolong populer di pertandingan tersebut terbilang mahal. Kacer Sumatera Utara misalnya, di pasaran bisa dijual dengan harga 50 jutaan bahkan bisa lebih. Jika diperhatikan harga burung Kacer sudah bisa menyaingi kerabatnya yaitu burung murai baru.

Itu tadi beberapa keistimewaan burung Kacer. Burung kacer ini sebenarnya banyak ditemukan di Jawa Timur. Namun, sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia dan menjadi terfavorite di kalangan pencinta kontes gantangan.

Leave a Reply