Direct Manipulation (Manipulasi Langsung)

Apa itu direct Manipulation ?

Direct manipulation merupakan suatu ragam dialog interaktif yang menyajikan secara langsung suatu aktivitas dari sitem computer kepada pengguna ketika pengguna memberikan suatu insruksi melalui melalu obyek yang Nampak pada layar computer yang biasanya di representasikan sebagai komponen visual berupa ikon ikon.

Ikon merupakan gambar atau symbol ynag mewakili suatu symbol

Dalam direct manipulation ikon dibutuhkan untuk mempresentasikan obyek, jadi pada computer tiap tiap ikon memiliki arti dan fungsi tersendiri untuk itu dalam pembuatan ikon pun tidak boleh asal sembarangan,berikut merupakan Pedoman perancangan ikon:

  • Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
  • Batasi jumlah ikon yang tampil.
  • Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
  • Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
  • Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
  • Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.
  • Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
  • Rancang animasi pergerakan ikon.
  • Tambahkan informasi rinci.
  • Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.

karakteristik direct manipulation

  • obyek terpampang nyata pada layar computer
  • memberikan respon cepat dan memungkinkan aksi untuk di batalkan
  • input perintah lebih cepat sebab syntaks sistem perintah yang kompleks di rubah dengan manipulasi obyek secara langsung jadi ketika memberikan perintah cukup klik klik pakai mouse saja.

Penerapan Direct Manipulation

1. Kontrol Proses.

Kontrol proses di dalam berbagai industri, misalnya pada pembangkitan dan penyaluran listrik dan industri makanan berskala besar biasanya memanfaatkan tampilan visual yang berupa panel-panel kontrol yan dihubungkan ke suatu sistem pengontrol berbasis komputer. Dalam perkembangannya, panel-panel kontrol yang semula menempel pada dinding  tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar, kemudian diubah menjadi semacam tampilan yan dapat digambarkan pada layar komputer, sehingga operator akan lebih nyaman.

2. Editor Teks.

Konsep WYSIWYG (what you see is what you get) merupakan fenomena pengolah kata modern yang banyak sekali memberikan kemudahan pada pengguna. Pengguna akan mendapatkan hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar tampilan. Sehingga, ketika pengguna melakukan manipulasi atas suatu teks pada layar, maka sebenarnya ia juga melakukan manipulasi atas hasil cetakan yan ia harapkan.

3. Simulator.

Simulator merupakan sistem miniatur yan mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam. Contohnya misalnya pada simulator penerbangan. Di dalam simulator penerbangan, seorangcalon pilot seolah-olah sedang berada didalam sebuah pesawat yang menjadi tanggung jawab secara penuh. Kesalahan yang sangat kecilpun akan sangat diraskan oleh calon pilot yang ada didalam sebua simulator itu. Meski denga tampilan yang tidak selengkap papan kontrol papan pada pesawat, seseorang dapat mempelajari hal-hal yang sangat mendasar agar ia dapat menerbangkan suatu pesawat terbang.

4. Kontrol lalu Lintas Penerbangan.

Sistem radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk-bentuk tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini, dunia tiga dimensi tempat sebuah pesawat sedang menjelajahi dunia ini akan diterjemahkan ke dalam layar dua dimensi yang ada di hadapan seorang operator. Lewat tampilan dua dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi itulah seorang operator dapat mengontrol lalu lintas penerbangan.

5. Perancangan Berbatuan Komputer (computer-aided design).

Saat sekarang kita dapat meliha berbagai program aplikasi untuk perancangan suatu sistem. Contoh yang pali populer barangkali adalah sebuah program yang bernama engan Auto CAD. Dengan program ini kita dapat merancang suatu model pesawa terbang, baik dengan tampilan yang disebut denagn wireframe model maupun berujut tampilan seperti sebuah pesawat yang sesungguhnya dengan memanfaatkan fasilitas rendering yang dimilikinya. Program ini juga serin dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan berbasis komputer (computer-based mapping).

Contoh – Contoh Sistem Direct Manipulation

SPREADSHEET

Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris yang mendukung makro atau baris.  Contohnya adalah  MS. Excell, Open Office Calc.

VIDEO GAMES

Bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung  terlihat . Contoh  : Playstation, Nitendo Wii, Xbox

SPATIAL DATA MANAGEMENT

yaitu representasi dalam bentuk peta, digunakan dalam sistem informasi geografis. Contohnya : Google Maps

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan dalam penggunaan direct manipulation,antara lain :

Keuntungan Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation :

  • Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata.
  • Mengurangi waktu pembelajaran.
  • Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
  • Penampilan visual yang bagus.
  • Mudah dioperasikan.
  • Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung

Kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation

  • Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
  • Memerlukan tampilan grafis ber-kinerja tinggi.
  • Memerlukan piranti masukan seperti mouse, track ball.
  • Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *