Jadwal Kuliah kelas karyawan UNJ

Jadwal Kuliah kelas karyawan UNJ

Universitas Negeri Jakarta atau sering disingkat UNJ, perguruan tinggi negeri  yang berada di wilayah Jakarta di bangun sejak tahun 1964. Universitas Negeri Jakarta memiliki banyak program Sarjana dan pascasarjana. Universitas Negeri Jakarta juga menyediakan Jadwal kuliah Kelas karyawan UNJ. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan, untuk mangatasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sejak tahun  1950 an pendidikan menengah akhirnya didirikan B-I,B-II, dan PGSLP yang bertugas untuk menyiapkan guru-guru untuk sekolah.

Sejarah perkembangan UNJ

Beberapa usaha juga dilakukan sepanjang berjalanya karir UNJ, untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan untuk bisa meningkatkan kualitas dari UNJ. Salah satu nya sejarah perkembangan UNJ untuk terus berkembang dan melakukan inovasi melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah melalui keputusan Menteri P dan K No, 382/kab tahun 1954. PTPG ini juga didirikan di tempat Batusangkar,Manado,Bandung,dan Malang.

Jadwal Kuliah kelas karyawan UNJ

Baca Juga : Fakultas Ekonomi Terbaik Di Indonesia

Ditetapkan Integrasi Sistem Kelembangaan Pendidikan Guru

Melalui keputusan Presidn RI No. 1 Tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru. Salah satu butir pernyataan Keputusan Presiden tersebut akhirnya bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta.FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta.dalam perkembangan selanjutnya IKIP diberi perluasan mandar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah Universitas. Kemudian pada perkembangnya sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) hal ini berdasarkan keputusan Presiden. Peresmianya diadakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara.

Jika kalian ingin masuk di Universitas Negeri Jakarta tentunya ada beberapa tes yang harus diikuti untuk bisa masuk di Universitas Negeri Jakarta. Salah satu tahapnya yaitu SNMPTN adalah seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Calon mahasiswa PTN diseleksi berdasarkan nilai rapor, nilai Ujian Nasional (UN), dan prestasi selama di SMA. Ada beberapa variabel yang menentukan penilaian seleksi yakni seberapa baguskah akreditasi asal sekolah calon mahasiswa. Namun hal tersebut bukan menjadi kekhawatiran sebab yang terpenting adalah prestasi yang di raih para alumni SMA tersebut. Ketika kalian mengambil pilhan SNMPTN maka kalian tidak perlu lagi mengikuti tes.

Agar bisa lolos seleksi SNMPTN di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), kalian harus mempersiapkan diri sejak awal, yang harus kalian lakukan adalah mempertahankan prestasi selain pada nilai akademis dan aktif di organisasi sekolah sebagai upaya membuat rekam jejak prestasi terbaik untuk mengikuti SNMPTN.

Persyaratan untuk bisa masuk di Universitas Negeri Jakarta memiliki dua jalur yaitu jalur dan non reguler.

  1. Reguler

Penerimaan mahasiswa baru reguler dibuka jenjang diploma (D-III), Sarjana (S1),Program pascasarjana (S2,S3). Mekanisme penerimaan mahasiswa baru reguler dilakukan melalui jaluar penelusuran minat dan kemampuan (PMDK), ujian masuk bersama (UMB), seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), penerimaan mahasiswa baru UNJ (Penmba UNJ), dan seleksi untuk progra, pascasarjana. Persyaratan untuk masing-masing jenjang dan jalur ditentukan tersendiri berdasarkan ketentuan yang berlaku.

  1. Non reguler

Penerimaan mahasiswa baru nonreguler terdiri dari jenjang diploma (D-III) dan sarjana (S1) pada program studi tertentu. Mekanisme penerimaan mahasiswa baru nonreguler melalui jalur Penmba UNJ dan jalur alih jenjng (khusus untuk program studi tertentu dan bagi peminat)

Kuota SNMPTN yang tersedia adalah 50 persen dari kapasitas bangku kuliah yang disediakan oleh Universita atau lebih kuran 25-50 kursi pada setiap jurusan di UNJ. Kemudian sisanya akan disediakan untuk mereka yang lolos dari jalur SNMPTN,seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Akhirnya setelah tahu mengenai kriteria apa saja dan persiapan apa yang harus dilakukan ketika ingin mendaftar di UNJ, agar kelak jika kalian sudah mempersipkanya sejak awal kalian akan dengan mudah untuk mengikuti seleksi untuk masuk di Universitas Negeri Jakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *