4 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan.

4 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan – Sambung nyawa atau biasa juga disebut dengan tanaman daun dewa, merujuk pada tanaman dengan nama latin Gynura procumbens, yaitu tanaman semak rimbun berbatang.

Umunya tanaman sabung nyawa biasa tumbuh disembarang tempat terutama ditempat-tempat yang sejuk, namun adapun beberapa orang yang kerap menanamnya disamping rumah untuk tanaman pagar dan tentu saja dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Tanaman satu ini sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman herbal berkhasiat, karena kemampuan dari kandungan senyawa yang ada didalamnya. Letak pemanfaatan tanaman sambung nyawa ada pada daun dan kulit batangnya.

Bagian daunya biasa dikonsumsi sebagai lalapan dalam mendapatkan manfaatnya, namun ada juga yang mengolahnya dalam bentuk rebusan, yaitu daun dan kulit batang direbus lalu kemudian air rebusanya dikonsumsi sebagai ramuah herbal.

Cara satu ini sering dilakukan sebagian orang sebagai salah satu cara dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Berikut 4 manfaat dari daun sambung nyawa yang banyak dicari.

Meredakan nyeri sendi.

Manfaat pertama dari daun sambung nyawa yang banyak dicari ialah untuk meredakan nyeri sendi dan beberapa masalah peradangan lainya.

Daun satu ini diketahui memiliki kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol yang mampu berguna sebagai antioksidan dalam tubuh serta berguna dalam mencegah berbagai inflamasi agar tidak menjadi parah.

Termasuk dalam mengatasi peradangan pada area sendi, biasanya tanaman sambung nyawa untuk mengatasi masalah nyeri sendi diolah dengan cara merebus daun dan kulitnya, yang kemudian air rebusanya dikonsumsi sehari dua kali hingga sembuh.

Melancarkan saluran kencing.

Mengkonsumsi air rebusan tanaman daun dewa secara teratur dapat melancarkan saluran kecing dan mencegah beberapa terjadinya infeksi pada kandung kemih.

Jika kamu ingin mendapatkan khasiatnya, dapat mencobanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun dewa secara teratur. Tidak perlu setiap hari, dua atau tiga hari sekali saja cukup guna untuk pencegahan.

Menurunkan tekanan darah.

Manfaat tanaman sambungnyawa berikutnya yaitu dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah menjadi lebih stabil.

Beberapa orang kerap mengkonsumsi tanaman satu ini sebagai lalapan atau ramuan herbal, dalam mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi sebagai cara yang paling mudah dan murah.

Menurunkan kadar gula darah.

Daun tanaman satu ini diklaim dapat menurunkan kadar gula darah atau glukosa darah yang berlebihan didalam tubuh.

Belum diketahui secara pasti tanaman sambung nyawa dapat menurunkan kadar gula darah, namun jika dilihat kandungan dari daun sambung nyawa yang dapat bersifat antioksidan bagi tubuh, bukan tidak mungkin tidak berpengaruh terhadap gula darah.

Walaupun tidak bisa dijadikan obat, namun mungkin kamu bisa menggunakanya sebagai pencegahan secara alami.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun sambung nyawa yang banyak di cari, dan digunakan sebagai obat herbal.

Menggunakan tanaman satu ini sebagai obat herbal, adalah hal yang wajar dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Namun perlu kamu ingat bahwa jangan menggunakan tanaman sambung nyawa secara sembarangan atau berlebihan tanpa adanya dosis pemakaian.

Walaupun merupakan tanaman herbal, akan tetapi tetap saja bahwa penggunaan yang berlebihan justru menimbulkan efek samping bagi tubuh. Ref : healty99.com

Skip to toolbar