Ada Beberapa Penyebab Kulit Bisa Kering

Kulit kering adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat kekurangan cairan di lapisan luar kulit. Bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan dan kaki merupakan area yang paling rentan terhadap gangguan ini.

Kulit kering atau xerosis bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Kulit kering dapat terjadi pada derajat yang berbeda pada setiap orang, tergantung pada kesehatan, lokasi, lamanya ruang terbuka, dan usia. Orang tua lebih rentan terhadap kulit kering.

Beberapa gejala kulit kering

Beberapa orang bisa mengalami kulit kering sepanjang hidup mereka. Namun tergantung dari kondisi yang disebutkan di atas, kondisi ini seringkali bersifat sementara atau hanya pada waktu-waktu tertentu.

Seringkali kulit kering ditandai dengan berbagai gejala seperti: B. Kulit terasa dan terlihat kasar.

Selain itu, pemilik kulit kering merasa kencang atau kaku saat mandi, sehabis mandi, atau saat berenang. Kemerahan dan gatal juga sering terjadi.

Gejala umum lainnya adalah retakan atau garis halus di kulit. Kulit juga cenderung mengelupas dan mengelupas. Retakan dan pendarahan yang dalam terjadi pada kondisi yang parah.

Apa penyebab kulit kering?

Gejala kulit kering dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk:

Iritasi

Penyebab iritasi sangat bervariasi dari sabun hingga parfum. Iritasi kulit juga bisa disebabkan oleh kain atau bahan pakaian, dan bahan yang digunakan untuk mencuci pakaian, seperti deterjen atau pelembut kain.

Menggosok kulit

Salah satu aktivitas yang bertujuan untuk membersihkan kulit tetapi dapat menyebabkan kulit kering adalah menggosok kulit. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan dengan alat scrub seperti spons.

Gesekan antara alat scrubbing dan kulit dapat merusak lapisan kelembapan pada permukaan kulit dan menyebabkan kulit kering.

Bertambahnya usia

Semakin tua Anda, semakin tipis dan kering kulit seseorang. Perubahan ini wajar mengingat semakin tua usia seseorang, semakin sedikit hormon yang diproduksi tubuh. Hormon menurun, termasuk hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

Setelah mandi, gosok tubuh Anda dengan handuk

Mandi bisa membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Namun, jika seseorang mengoleskan tubuh hingga kering dengan handuk segera setelah mandi, kelembapannya bisa hilang dan menyebabkan kulit kering.

Pemakaian sabun yang salah

Menggunakan sabun yang tidak ditujukan untuk kulit saat mandi berbahaya. Ini akan menghilangkan pelembab alami pada kulit dan membuat kulit kering. Sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik juga bisa meningkatkan risiko kulit kering.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga mempengaruhi kelembapan. Kelembaban yang terlalu rendah menyebabkan kekeringan pada kulit. Semakin rendah kelembapan, yang biasanya ditemukan di suhu yang lebih dingin, kulit akan semakin kering.

Mandi uap

Ruang uap yang panas bisa membuat seseorang lebih nyaman saat mandi. Namun, hal ini dapat menyebabkan kulit kering karena minyak alami kulit lebih cepat mengering dalam suhu panas.

Kondisi kesehatan tertentu

Jika kondisi kulit seseorang bersisik dan kemerahan, mungkin ia mengidap penyakit tertentu, seperti: Misalnya: B. dermatitis atopik atau psoriasis. Kulit bersisik dan kemerahan juga bisa dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes atau tiroid yang kurang aktif.

Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau dehidrasi.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kering?

Kulit kering sebenarnya bisa dirawat dengan cara sederhana, tapi memang butuh konsistensi. Salah satu cara mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan mengubah frekuensi dan lama mandi.

Jika Anda memiliki kulit kering, jaga kebersihan tubuh, tetapi lakukan dalam jumlah sedang agar tidak terlalu sering. Selain itu, usahakan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit.

Pastikan untuk menggunakan sabun pelembab untuk menjaga kesegaran kulit Anda. Jika perlu, segera oleskan pelembab setelah mandi.

Gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya dan jangan menggosok kulit dengan alat keras setelah mandi.

Selain itu, hindari sinar matahari langsung dalam waktu lama dan tutupi kebutuhan cairan harian Anda sekitar 2 hingga 3 liter per hari.

Jika Anda menderita kulit kering akibat peradangan seperti eksim atau dermatitis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Yuk cari tahu informasi mengenai kosmetik jafar di perawatan sehat dengan url resminya https://perawatansehat.co.id.

Skip to toolbar