Apa Itu Google Classrom & Cara Menggunakannya

Aplikasi Google Kelas adalah alat bantu belajar dan mengajar. Aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas anak dan guru meskipun bersifat virtual.

Ini karena pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya dalam satu aplikasi. Dengan begitu, pembelajaran dan pengajaran dalam komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

Ruang kelas dapat digunakan di komputer, ponsel Android, iPhone, atau tablet iPad. “Dengan ruang kelas (G-classroom), guru dapat membuat kelas yang diinginkan, serta tugas, catatan, mengirim umpan balik, dan melihat segala sesuatu di satu tempat,” kata Google.

Pengertian Classroom

Google Kelas adalah aplikasi belajar dan mengajar. Siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dengan Akun Google dapat langsung menggunakannya.

Untuk melakukannya, unduh aplikasi Google Kelas untuk laptop di Chrome atau di ponsel seperti Apple iOS dan Android. Biayanya Rp 0, juga dikenal sebagai gratis.

Cara Penggunaannya

Berikut cara menggunakan Google Kelas dengan membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga akun yang dapat dipilih: akun sekolah, akun Google pribadi, atau akun G Suite (perusahaan).

Pertama, instal aplikasi Kelas di Play Store atau App Store. Di komputer, buka kelas.google.com dan klik Buka Kelas.

Kemudian buka Google Kelas dengan Gmail. Saat pesan masuk, klik Terima. Kemudian, jika Anda menggunakan akun G Suite untuk Pendidikan, klik Saya siswa atau saya guru. Terakhir, klik “Start”.

Guru dapat membuat kelas di sini. Sementara itu, siswa hanya dapat mengikuti kelas yang telah dibuat oleh pengajar.

Itulah cara google classroom bekerja untuk kita-kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca.

Selengkapnya tentang panduan menggunakannya: https://www.hops.id/cara-google-classroom.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar