Apa itu Kanker Hati? Kenali Faktor Penyebab dan Cara Mencegahnya

Menurut pengertiannya, kanker hati adalah penyakit yang terdapat dalam sel organ hati kemudian bermutasi, dimana sel-sel tersebut akan terus bertumbuh dan membentuk tumor.

Faktor penyebab kanker hati memang belum diketahui indikasinya, namun terdapat faktor risiko yang bisa meningkatkan pembentukan penyakit ini. Seperti dirangkum dari laman deherba.com uraianya sebagai berikut.

Faktor Risiko Kanker Hati

Penyebab kanker hati belum dapat sepenuhnya terindentifikasi, menurut para ahli ada sejumlah faktor risiko yang berkaitan dengan perkembangan kanker ini adalah sebagai berikut.

Infeksi Kronis Hepatitis B atau C

Faktor risiko penyebab kanker hati adalah infeksi kronis penyakit hepatitis B, gejalanya seperti penyakit flu dan warna mata dan kulit menguning, namun penyakit ini sedikit sekali infeksi kronis yang menimbulkan kanker hati.

Sementara hepatitis C mengembangkan infeksi kronis, sehingga rentan menderita kerusakan hati bahkan kanker. Adapun hepatitis A dan B, tetapi tidak mengembangkan infeksi kronis sehingga tidak meningkatkan kanker hati.

Sirosis atau Terbentuknya Jaringan Parut

Sirosis hati merupakan penyakit yang diakibatkan oleh sel-sel hati yang rusak, kemudian terbentuknya jaringan parut hati. Kebanyakan penyakit ini bisa meningkatkan risiko kanker hati.

Faktor penyebab sirosis hati akibat penyalahgunaan alkohol, seperti mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau kadar yang tinggi, atau bisa juga dari infeksi kronis hepatitis B dan C.

Obesitas dan Minuman Alkohol

Obesitas atau memiliki berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko pengembangan kanker hati, kemungkinan hal ini bisa terjadi karena obesitas dapat mengarah ke penyakit hati berlemak dan sirosis hati.

Kemudian minuman beralkohol yang bisa menyebabkan sirosis hati, salah satu faktor risiko penyebab kanker hati yang tentunya harus diwaspadai, maka hindari minuman beralkohol yang berlebihan.

Cara Mencegah Kanker Hati

Cara mencegah kanker hati yaitu dengan meminimalkan risiko yang memicu penyakit ini, seperti dalam pembahasan faktor risiko di atas. Bahwa faktor penyebab kanker hati seperti sirosis, obesitas dan minuman beralkohol harus dicegah.

Adapun pencegahan lainnya, yaitu dengan melakukan vaksin hepatitis B, serta mencegah faktor risiko hepatitis C. Misalnya seperti melakukan hubungan seks dengan aman, dan tidak menggunakan NAPZA dalam bentuk suntik.

Mencegah Kanker Hati dengan Herbal

Cara mencegah kanker hati dengan herbal atau obat tradisional, yaitui Sarang Semut Papua, obat herbal ini punya kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Meskipun belum ada cara mencegah kanker hati hingga menurunkan risikonya hingga 0 persen, namun anda bisa mengupayakan cara diatas, tujuannya untuk meminimalkan risiko.

Kenapa harus pilih herbal di deherba.com?

Karena punya pengalaman yang lengkap sebagai penyedia informasi dan produk herbal selama hampir 10 tahun terakhir. Jadikan referensi, pengalaman dan data yang dimiliki sebagai keuntungan anda untuk mendapatkan herbal yang tepat.

Dalam laman situsnya, deherba.com merekomendasikan produk-produk herbal pilihan dan berkualitas, tidak ingin hanya ikuti tren yang sedang berkembang atau sedang booming untuk meraih keuntungan saja.

Seperti diketahui, hati merupakan organ tubuh manusia yang punya peranan penting, fungsinya untuk menghancurkan racun dalam darah dan menghasilkan protein hingga membantu proses pencernaan. Selalu Jaga fungsi hati anda!

Skip to toolbar