Apa itu Koperasi?

Siapa yang tidak kenal koperasi? Salah satu organisasi tersebut ada di sekolah, desa, kecamatan dan tingkat yang lebih tinggi serta memberikan banyak layanan terutama di bidang ekonomi.

Namun tahukah anda apa itu koperasi, apa fungsinya, apa tujuannya dan bagaimana cara membentuk koperasi? Anda bisa mengetahui semua hal di atas dari ulasan di bawah ini.

Definisi Koperasi

Sebelum membuat koperasi, orang harus tahu dulu apa itu koperasi? Koperasi adalah badan usaha atau organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya untuk memenuhi semua kepentingan bersama di bidang ekonomi utama.

Yuk dapatkan software koperasi pada tautan tersebut, selain itu juga tersedia aplikasi koperasi yang bisa kamu nikmati, silahkan bisa di klik.

Selain pengertian masyarakat koperasi di atas, ada juga yang menyatakan bahwa masyarakat koperasi adalah badan hukum yang dibentuk dengan menggunakan asas persaudaraan dan mempunyai tujuan agar anggotanya dapat sejahtera. Jadi di sini koperasi dibentuk dalam kegiatan-kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip gerakan ekonomi masyarakat.

Koperasi dapat dibentuk sendiri-sendiri atau berbentuk badan hukum koperasi. Badan usaha koperasi jenis ini menghimpun berbagai dana dari anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usahanya sesuai dengan aspirasi serta kebutuhan ekonomi secara umum.

Secara etimologi, “kooperatif” berasal dari kata “kerjasama” yang artinya kerjasama. Dengan demikian, setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab operasional dalam koperasi serta memiliki hak suara yang sama dalam pengambilan keputusan. Pengertian koperasi menurut para ahli adalah:

Arani Chaniago

Koperasi adalah perkumpulan yang beranggotakan orang perseorangan atau badan hukum yang memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk keluar atau masuk, dengan bekerja sama berdasarkan asas persaudaraan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Hatta

Bapak Koperasi Indonesia menekankan bahwa koperasi adalah usaha yang didirikan untuk meningkatkan mata pencaharian mata pencaharian ekonomi yang bermanfaat sekaligus membantu.

UU No. 25/1992

Koperasi sebagai badan usaha yang beranggotakan badan hukum atau koperasi yang berlandaskan kegiatan yang sesuai dengan asas koperasi, bahkan sebagai perekonomian rakyat yang sesuai dengan asas persaudaraan.

Munkner

Koperasi adalah organisasi yang membantu dengan melakukan “jasa usaha” sesuai dengan prinsip konsep bantuan. Banyak kegiatan bisnis yang hanya memiliki tujuan ekonomi, bukan tujuan sosial yang diwujudkan dalam gotong royong.

P.J.V. Dooren

Koperasi adalah organisasi di dalam asosiasi anggota, pribadi dan perusahaan, dan secara sukarela bekerja sama untuk mencapai tujuan ekonomi bersama.

Skip to toolbar