BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

Bangun Datar & Bangun Ruang

JadiJuara – Bangun datar dan bangun ruangan memiliki ketidaksamaan dalam sisi wujud bangun yang mana pada bangun datar cuman dibuat dari 2 dimensi sedang pada bangun ruangan tercipta dari 3 dimensi. Tujuan dari 2 dimensi pada bangun datar matematika ialah panjang dan lebar. Jika pada bangun ruangan ialah panjang, lebar dan tinggi. Atau bila anda membuat diagram ada sumbu x dan sumbu y (untuk dua dimensi), dan sumbu x, sumbu y dan sumbu z (pada tiga dimensi). Bila kita lihat secara simpel sesungguhnya pada bangun datar (dua dimensi) itu cuman memiliki permukaan saja, sedang pada tiga dimensi ada isi atau volume.

Bila anda pernah dengar belakangan ini ada film kartun 3 dimensi itu tujuannya wujud kartun yang ada memiliki wujud seperti riil. Yaitu sebab watak kartun itu bukan hanya seperti gambar di atas kertas, tetapi seperti wujud aslinya (memiliki isi atau volume). Atau untuk gampangnya bila anda memiliki boneka hewan di dalam rumah, karena itu coba anda gambar di atas kertas. Gambar di atas kertas itu dikatakan sebagai bangun dua dimensi sedang bonekanya sendiri ialah bangun tiga dimensi.

Beberapa contoh bangun datar dan bangun ruangan :

Contoh Bangun Datar

Yang digolongkan ke bangun datar dalam matematika ialah seperti berikut :

Persegi
Persegi Panjang
Segitiga
Lingkaran
Barisan Genjang
Layang-layang
Iris ketupat
dan lain-lain

Contoh Bangun Ruangan

Yang digolongkan ke bangun ruangan pada matematika ialah seperti berikut :

Kubus
Balok
Bola
Prisma
Kerucut
Tabung
dan lain-lain

Bangun Ruang


Sesungguhnya pada bangun tiga dimensi itu terbagi dalam bangun-bangun dua dimensi sama dalam kubus. Kubus dibuat dari 6 (enam) buah persegi yang berupa dua dimensi. Atau pada balok terbagi dalam 6 (enam) buah persegi panjang. Karena itu pada bangun tiga dimensi kadang ditanya luas permukaan atau luas selimut dari bangun itu.

Untuk rumus-rumus bangun ruangan umumnya ialah hasil peningkatan dari rumus pada bangun datar. Sebagaimana untuk cari volume pada kubus, anda tinggal mengalikan luas salah satunya persegi dengan dimensi tingginya. Atau bila rumus luas persegi ialah segi x segi, karena itu volume pada kubus ialah segi x segi x segi.

Jadi menurut penilaian saya individu itu sepintas ketidaksamaan di antara bangun ruangan dan bangun datar. Untuk rumus-rumus dari tiap-tiap bangun ke-2 nya seperti rumus volume tabung anda dapat membaca pada artikel saya lainnya. Sebab secara simpel saya sudah menulis artikel berkenaan karakter-sifat dan rumus-rumus dari tiap-tiap bangun datar dan bangun ruangan.

Skip to toolbar