Belajar SEO (search engine optimozation) Dasar Bagi Pemula

belajar seo

Belajar SEO (Search Engine Optimization) tehnik yang sering jadi mistis sekalian yang terbanyak dicari. Tehnik yang sering “ditakutkan” oleh beberapa pemula yang baru belajar sekalian jadi “senjata unggulan” oleh beberapa pakar mesin perayap (SEO).

belajar seo
belajar seo

Tetapi, memangnya apa sich peranan optimisasi SEO? Well, langkah SEO yang dipakai secara benar akan menolong tingkatkan rangking dan traffic ke website kita. Bila Anda seorang blogger yang punya niat untuk memonetisasi website atau bila Anda seorang Internet marketing, SEO pasti benar-benar dibutuhkan.

Di posting kesempatan ini kita akan mengulas langkah optimisasi SEO selengkapnya. Tehnik apa itu? Berikut pembahasan selengkapnya:

Memaksimalkan On-page SEO pada Website

On-page SEO adalah tehnik mengoptimalkan performa dari satu web yang sesuai ketentuan mesin pencari, dalam masalah ini ialah google. Saat sebelum kita awali optimasi tiap situs, tolong yakinkan jika keseluruhnya website Anda telah ditata secara benar.

Kami masih kerap mendapati situ situs yang tidak ramah SEO, bahkan juga pada website yang nampak bagus dalam soal penampilan tetapi belum SEO Friendly. Poin tersebut yang perlu diperbarui, yakni performa web harus baik di mata mesin pencari dan di mata pemakai atau audiens.

Yang akan kita dalami:

  • Memeriksa apa website kita telah mengaplikasikan on-site SEO dengan tepat.
  • Langkah mempertautkan di antara satu situs dengan situs yang lain untuk optimisasi SEO.
  • Pada umumnya, kecuali mengendalikan content, yakinkan Anda pun mempunyai akses untuk dapat mengendalikan title tag, judul situs, dan meta tags.
  • Umumnya website yang ada saat ini memakai basis berbasiskan code Hypertext Mark Up Language (HTML), misalkan Blogspot, dan Konten Management Sistem (CMS) sama seperti yang dipakai WordPress dan Joomla. Berarti, yakinkan kita dapat login dan mengendalikan code HTML atau CMS website kita.

Bila Anda masih memakai WordPress dengan gratis, seharusnya Anda mulai menimbang untuk memakai domain dan situs hosting berbayar sebab di account gratis, penataan code CMS-nya juga benar-benar terbatas.

Cara Awalnya Belajar SEO dari Dasar

belajar seo

Jadikan web Anda SEO Friendly pasti perlu usaha yang cukup banyak. Tetapi Anda tak perlu cemas sebab banyak info yang bisa didalami, berkaitan memaksimalkan performa web Anda memakai SEO.

Selaku langkah pertama, kami akan memberi daftar banyak hal yang perlu disiapkan saat sebelum mengatur website. Tujuannya, yakinkan jika Anda mempunyai akses untuk mengendalikan daftar ini.

Ini terkait dengan permasalahan tehnis yang cukup dalam, maka bila Anda mempunyai webmaster atau web designer, Anda dapat minta kontribusinya. Atau bila tidak, Anda dapat lakukan penelitian dan cari info mengenai ini.

Berikut daftarnya:

  • Page titles di tiap situs. Tujuannya HTML tag di tiap situs.
  • Meta tag di tiap situs.
  • Meta kata kunci (keyword) di tiap situs.
  • Yakinkan cuman ada SATU (heading) di tiap situs dan posting. H1 umumnya dipakai untuk judul situs atau posting. Anda dapat memakai
    [H2] sekitar yang Anda harapkan, tetapi yakinkan cuman ada 1 sebab bila memakai lebih dari 1 heading, posting Anda akan dipandang spam.
  • Link ke home page harus berbentuk teks link, bukan code JavaScript yang diselinapkan di navigasi.
  • Mempunyai situs Privasi Kebijakan.
  • Mempunyai situs contact.
  • Dapat mengganti atau menambah content ke situs.
  • Akses ke website/news page.
    Yang diartikan dengan website ialah Anda mempunyai akses untuk bikin, mengubah, dan mem-publish posting baru.

Untuk langkah mengubah posting yang lebih detil, Anda dapat menyaksikan di video berikut:

On-Site Search Engine Optimization

Cuman ada dua kelompok khusus dalam optimisasi SEO: on-site dan off-site.

  • On-site SEO ialah optimisasi yang dikerjakan dalam website kita sendiri. Ini yang akan kita ulas saat ini.
  • Off-site SEO ialah optimisasi di luar website. Dalam kata lain, memperoleh back-link dari website lain. Ada banyak pembicaraan mengenai langkah terbaik dan aman masalah optimisasi off-site SEO, tetapi itu akan kita ulas di artikel seterusnya.
    Langkah optimisasi on-site SEO sebagai berikut ini:

Situs Contact dan Privasi Kebijakan

Ada seperti peraturan dari Google mengenai ke-2 situs ini, Google lebih mencintai website yang mempunyai situs contact dan Privasi Kebijakan sebab dipandang lebih dapat dipercaya. Jadi, yakinkan website Anda telah diperlengkapi dengan ke-2 situs ini. Privasi Kebijakan memiliki bentuk berbagai macam, dapat seperti situs Disclosure atau Terms of Servis.

Ketahui Susunan Situs Situs

Penting untuk pahami susunan satu website sebab langkah Anda mempertautkan di antara satu situs dengan situs yang lain bisa saja optimasi SEO atau malah merusaknya. Ada yang disebutkan dengan “silo structure” yang paling terkenal sebab ini sukses untuk optimasi SEO.

Selaku kisah, berikut kami beri contoh silo sctructure:

Link

Langkah yang lain juga sangat penting untuk optimasi on-site SEO dengan belajar mempertautkan atau menyambungkan di antara satu situs dengan situs yang lain. Saat satu artikel mempunyai link ke artikel lain, berarti kita sudah lakukan “link jus” yang berperan untuk sama-sama tingkatkan rangking atau traffic.

Beberapa template website diperlengkapi dengan feature “Read more” secara automatis, sehingga kita tak perlu repot kembali. Nah, bagaimana bila pengin membuat link atau link dalam content? Seharusnya pakai keyword selaku anchor teks.

Macam Link

Kecuali keyword, kita bisa juga memakai beberapa macam link. Misalkan:

  • Baca secara lengkap di
  • Click di sini
  • Alamat website atau naked link. Contoh: www.dewaweb.com
  • Judul posting
  • Artikel berikut

Bila beberapa langkah di atas dikerjakan secara benar, rangking website Anda akan bertambah satu minggu atau beberapa minggu setelah itu. Berharap dikenang, SEO benar-benar lamban. Tidak seperti saat Anda ujian di sekolah atau turut kuis yang hasilnya langsung bisa terlihat.

Optimisasi Kata Kunci Baru

Search Engine Optimization kuat hubungannya dengan keyword atau umum disebutkan dengan kata kunci (keyword). Pilih keyword yang mempunyai prospektif trafik yang tinggi benar-benar diprioritaskan. Adapun yang beberapa ciri keyword yang baik ialah keyword dengan search volume tinggi dan tingginya nilai click.

Yang akan kita dalami:

  • Langkah optimasi content yang telah ada.
  • Mengenali optimisasi apakah yang termasuk spam.
    Ucapkanlah, kita telah mempunyai daftar keyword. Saat ini waktunya untuk optimasi hasil kata kunci (keyword) research itu. Silahkan saksikan di Google Webmaster Alat Anda dan check keyword di Search Console. Mencari keyword yang tidak ada di 5 rangking paling atas.

Copy-paste keyword itu ke Google dan saksikan situs atau artikel yang mana ada di hasil penelusuran. Situs berikut yang akan kita optimisasi dengan keyword barusan.

Masuk di situs dan buat perombakan selaku berikut ini:

  • Tempatkan frasa keyword di title tag. Lebih baik bila ditempatkan dibagian awalnya.
  • Tempatkan frasa keyword di
    [H2] tag atau subheading. Tambahi dengan beberapa kata yang berkaitan hingga membuat satu kalimat utuh. Contoh, keyword Anda ialah “Search Engine Optimization”, karena itu bikinlah jadi satu kalimat utuh seperti “Cara Gampang Optimasi Search Engine Optimization”.
  • Tempatkan SATU frasa keyword dalam content.
  • Tempatkan frasa keyword di meta kata kunci (keyword).
    Hanya itu. Check perubahan rangking situs yang Anda optimisasi satu minggu setelah itu.

Panduan Belajar SEO untuk Pemula

  • Tidak boleh membuat title tag yang begitu panjang, optimal 60 watak.
  • Seharusnya pakai huruf kapital pada awal kata supaya tidak nampak jika title tag cuman hasil copy-paste. Contoh: Tutorial Komplet Search Engine Optimization (SEO).
  • Pakai frasa atau kalimat yang alami.
  • Bila content tidak begitu berkaitan dengan frasa keyword, karena itu Anda perlu untuk merevisi content supaya mempunyai keterkaitan.

Terlalu berlebih = Spam

Kecuali membuat content baru yang original dan bermutu, tidak lagi ada yang penting kita kerjakan. Selanjutnya, kita pasti membuat content baru dan masukkan keyword baru, kan? Jadi, tak perlu menambah kebanyakan keyword dalam situs yang kita ubah barusan. Anda tentu tidak mau bila situs Anda seperti terlihat “nyepam”, kan? Rileks saja, tidak boleh terlalu berlebih.

Langkah membuat posting bermutu yang ramah SEO dapat Anda baca di sini.

Mencari 20 ataupun lebih keyword dan frasa keyword atau sebanyak-banyaknya keyword yang Anda harapkan. Kerjakan hal sama seperti beberapa langkah di atas. Ya, ini kedengar seperti cara yang berbelit-belit. Tetapi yakinlah, saat Anda telah terlatih, tehnik optimisasi semacam ini tidak berasa berat kembali.

Kecuali optimasi situs yang telah ada, sudah pasti Anda bebas untuk menulis artikel baru dengan keyword baru. Ini taktik terbaik karena, sama seperti yang kami ucapkan awalnya, bila Anda terus-terusan optimasi satu situs dengan beberapa keyword, Anda akan seperti terlihat sedang nyepam, dan itu tidak bagus untuk SEO.

Akan lebih bagus bila Anda memakai keyword baru untuk posting baru. Posting artikel dengan kelompok yang berkaitan. Bila posting baru mempunyai keterkaitan dengan posting awalnya, silahkan kaitkan.

Latihan:

  • Mulai optimasi beberapa situs dengan keyword yang telah diputuskan.
  • Saksikan hasilnya di Google Webmaster Alat dan saksikan apa posisinya naik atau mungkin tidak.

Satu kali lagi, kami pengin mengingati untuk Kamu beberapa pemula, belajar tehnik SEO (Search Engine Optimization) bukan kerja yang instant. Diperlukan kesabaran untuk memperoleh hasil optimal. Hanya itu dari kami, selamat latihan, mudah-mudahan sukses.

Skip to toolbar