Bingung Menentukan Konsep Pernikahan? Ikuti Tips Ini

Setiap pasangan suami istri pasti bingung dengan jenis konsep pernikahan yang akan digunakan nantinya. Menentukan tema dan konsep saat menyelenggarakan akad nikah memang tidak mudah.

Bahkan Anda sebagai pengantin tidak dapat memilih ini sendiri, Anda tahu. Terkadang Anda perlu berdiskusi dengan keluarga dan teman dekat yang sudah menikah.

Kami juga menyediakan layanan wedding organizer yang sudah berpengalaman, Anda bisa kunjungi situs kami di undanganmagelang.com silahkan bisa di cek.

Agar Anda dapat menentukan tema pernikahan Anda dengan lebih mudah, berikut adalah 5 tips berguna untuk digunakan!

Cari inspirasi di media sosial

Semua orang harus memiliki konsep calon pengantin. Tetapi sebelum hari yang menyenangkan, kebingungan dan keraguan masih mengganggu Anda karena Anda ingin semuanya sempurna.

Jika Anda ingin mencari inspirasi tentang pernikahan, buka media sosial dan cari tagar terkait. Anda akan menemukan banyak referensi di Instagram dan Pinterest tentang tren pernikahan yang sedang berlangsung.

Pilih warna yang kamu sukai

Karena ini adalah pernikahan Anda, tidak ada yang memilih warna favorit Anda sebagai tema. Misalnya Anda lebih menyukai gaya minimalis dengan warna putih, Anda bisa menciptakan konsep pernikahan yang simpel dan elegan dengan kombinasi warna yang pas.

Atau bisa juga menggunakan tema monokrom, yang hanya memilih satu warna untuk dekorasi pernikahan. Konsep acara seperti ini sedang trend di luar negeri dan pastinya akan membuat acara Anda semakin unik dan menarik!

Putuskan antara outdoor atau indoor

Konsep nikah luar lebih disukai oleh pasangan yang sudah menikah karena lebih santai tetapi tidak mengurangi kesucian acara. Sebelum memilih tema pernikahan, Anda lebih cenderung memilih pernikahan di rumah atau di luar ruangan.

Jika acara diadakan di rumah, pastikan gedung yang disewakan cukup untuk menampung tamu yang diundang dan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang tidak terlalu panas dan tetap nyaman selama acara.

Ini berbeda dengan acara luar ruangan. Faktor cuaca adalah pertimbangan terpenting. Untuk acara pada siang hari pastikan cuaca tidak terlalu panas, sedangkan untuk acara pada sore dan malam hari pastikan tidak turun hujan.

Minta bantuan dekorator

Anda mungkin ingin menentukan setiap detail dekorasi yang digunakan dalam upacara pernikahan Anda. Tapi jangan ragu untuk mencari bantuan dekorator profesional.

Mereka yang memiliki banyak pengalaman dapat memberikan saran yang berguna untuk mendukung acara pernikahan Anda. Tidak hanya itu, dekorator akan berusaha mewujudkan keinginan Anda dengan mengorbankan apa yang Anda lakukan.

Tentukan ada tidaknya unsur budaya

Upacara pernikahan di Indonesia cenderung kental dengan unsur budaya sesuai dengan etnis asal mempelai wanita. Pernikahan adat memiliki banyak pengaturan dan biaya yang harus dikeluarkan tentunya tidak sedikit.

Saat ini para pengantin wanita lebih memilih menggunakan konsep modern karena lebih praktis dan hemat biaya. Namun tidak sedikit yang masih mempertahankan budayanya sendiri.

Untuk itu, Anda juga perlu memutuskan apakah akan memasukkan unsur budaya ke dalam upacara pernikahan Anda atau tidak. Jika ya, tentukan besar kecilnya unsur budaya tersebut. Lakukan semuanya atau Anda kombinasikan dengan elemen modern.

Berikut beberapa tips bermanfaat bagi Anda yang bingung dengan konsep pernikahan. Apapun yang Anda inginkan, yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa anggaran yang Anda siapkan cukup untuk mendanai tema dan konsep yang Anda pilih!

Skip to toolbar