Cara Hindari Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang terjadi di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti Asia Tenggara, Amerika Tengah, Amerika, dan Karibia.

Demam berdarah sendiri disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus yang dapat menyebar melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Orang yang terinfeksi virus dengue tidak langsung sakit. Perlu waktu 4-7 hari untuk mengetahui karakteristik sebenarnya dari demam berdarah.

Gejala umum yang muncul pertama kali biasanya adalah demam tinggi hingga 40 derajat Celcius selama 2-7 hari terus menerus. Selain demam, ada beberapa ciri DBD yang perlu kita selidiki bersama-sama karena muncul di tubuh Anda.

Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Lebih baik mengobati, lebih baik kita bisa mencegah penyakit lebih dini. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari demam berdarah adalah:

Gunakan obat nyamuk

Pengusir nyamuk dapat digunakan baik Anda berada di luar maupun di dalam. Gunakan losion anti nyamuk untuk melindungi tubuh Anda dari gigitan nyamuk dan kejang, terutama jika Anda merasa seperti digigit nyamuk saat Anda tidur.

Tidak hanya membuat tubuh Anda tidur lebih nyenyak, tetapi juga terlindungi dari virus yang dapat ditularkan oleh nyamuk ini.

Kenakan pakaian tertutup

Karena pakaian yang terbuka, nyamuk dapat menggigit dengan banyak dan menularkan virus ke kulit Anda.

Pastikan Anda melakukan ini untuk melindungi dan membatasi akses nyamuk dari virus yang menyebar di tubuh Anda.

Hindari daerah dimana DBD dapat menyebar

Daerah ini biasanya memiliki kasus demam berdarah yang tinggi. Jadi perlu hati-hati jangan sampai tertular virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Hindari menggantung pakaian

Badan yang merasa lelah setelah beraktivitas sehingga malas mengatur pakaian bisa menjadi penyebab berkembang biaknya nyamuk di rumah. Pastikan Anda tidak meninggalkan ruang bagi nyamuk.

Kuras bak mandi dan tangki air dengan hati-hati di rumah Anda

Kebiasaan mengosongkan bak mandi atau bak penampungan air lainnya dapat membantu meminimalisir penyebaran nyamuk baik muda maupun dewasa.

Anda bisa melakukan kegiatan ini untuk mengosongkan tangki air setidaknya seminggu sekali atau lebih sering. Saat musim hujan, pastikan tidak ada ruang atau wadah untuk meninggalkan sarang nyamuk.

Hancurkan sarang nyamuk dengan gas kabut

Saat merokok, semprotan pengusir nyamuk digunakan, yang dilakukan secara massal. Tujuan fogging adalah untuk membasmi bibit nyamuk yang mungkin tidak kita ketahui berada di pinggir rumah kita.

Pengasapan dapat dilakukan pada musim pancaroba atau saat jumlah kasus DBD di wilayah tersebut tinggi. Pastikan Anda tidak masuk ke kabut, menutupi hidung, atau mencari tempat yang terlindung dari kabut.

Jika perlu, tidurlah dengan kelambu

Sebagai perlindungan tambahan, Anda juga bisa menggunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk di malam hari.

Sebelum menutup kelambu, pastikan Anda sudah membersihkan nyamuk yang mungkin beterbangan di sekitar kamar Anda agar tidak lagi terganggu dan tidur nyenyak.

Potong tanaman liar di sekitar rumah

Tumbuhan dan tumbuhan liar di pekarangan bisa menjadi titik temu nyamuk. Apalagi jika tanaman liar tersebut tidak dipangkas saat musim hujan.

Rerumputan bisa menjadi sarang nyamuk masa depan. Segera bersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumah Anda dan pastikan tidak ada genangan air tempat nyamuk tersebut berkembang biak.

Vaksin demam berdarah

Vaksin merupakan proteksi yang harus Anda lakukan jika ingin terbebas dari virus yang dibawa oleh nyamuk penular demam berdarah.

Anda bisa mendapatkan vaksin ini di klinik atau rumah sakit terdekat. Vaksin dapat diberikan antara usia 9 dan 16 tahun agar dapat bekerja secara efektif pada tubuh Anda.

Berdasarkan uraian di atas, DBD merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa gerakan 3M merupakan salah satu program Departemen Kesehatan yaitu drainase, penutupan dan penguburan.

Program ini harus dilakukan sepanjang tahun, terutama saat musim hujan tiba. Bersihkan dan tutup tangki air. Kemudian mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk DBD. Ayo cegah mulai sekarang!.

Apakah Anda sedang mencari distributor alat kesehatan? Jika iya, bisa kunjungi alkesduaputry.com yang sudah trusted.

Skip to toolbar