Cara Membersihkan dan Menyimpan Tenda Anda Setelah Tamasya Berkemah

Dalam banyak kasus, berkemah bisa menjadi petualangan dan sangat menyenangkan. Ketika datang untuk mengemasi tempat perkemahan dan membersihkan perlengkapan untuk perjalanan berkemah berikutnya, itu hampir tidak menyenangkan dan kadang-kadang bisa menjadi tugas. Ketika sebagian besar dari kita mengemasi perlengkapan, kami cenderung terburu-buru dan tidak meluangkan waktu untuk membersihkan perlengkapan dengan benar saat berada di lokasi kamp. Artikel ini secara khusus akan membahas pembersihan dan penyimpanan tenda. Ada beberapa prosedur dasar yang perlu diikuti untuk membersihkan dan menyimpan tenda dengan benar hingga perjalanan berkemah berikutnya. Membersihkan dan menyimpan tenda dengan benar tidaklah sulit jika Anda tahu apa yang perlu dilakukan. Langkah-langkahnya meliputi:

• Merobohkan tenda,
• Pembersihan tenda sekali rumah, dan
• Penyimpanan tenda.

Tenda harus disimpan dalam keadaan kering, bebas dari puing-puing, serta dilipat dan digulung dengan cara yang sama seperti saat Anda membongkar tenda.

Sebelum menurunkan tenda, bagian dalam tenda harus dibersihkan terlebih dahulu. Jika Anda memiliki sapu kocokan, disarankan untuk menyapu bagian dalamnya untuk mengeluarkan kotoran sebanyak mungkin. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa semua kantong di tenda dan mengosongkannya juga. Jika Anda berkemah dengan anak-anak, maka Anda mungkin akan menemukan beberapa kejutan seperti bungkus permen, atau barang lain yang mereka simpan di saku tenda. Menjaga bagian dalam tenda bebas dari ranting, daun, batu, dan kotoran akan membantu mencegah lubang dan robekan saat Anda mengemasnya. Setelah bagian dalam tenda dikosongkan dari semua barang dan disapu, sekarang Anda dapat melepas tiang tenda, tali, dan tiang tenda. Setelah menyeka kotoran dari tiang, Anda dapat mengemas semuanya ke dalam kantong penyimpanannya. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda dan rekan berkemah jika tidak berkemah sendirian untuk berpegangan pada sudut untuk mengangkat dan mengibaskan kotoran dari luar tenda. Letakkan tenda kembali di tanah dan mulailah melipat tenda itu sendiri di sepanjang garis lipatan yang sama saat dibuka. Tergantung dari ukuran dan jenis tenda, tenda bisa dilipat, digulung, atau kombinasi keduanya. Dianjurkan agar tenda dikemas dengan cara yang sama seperti saat dibongkar. Tempatkan kantong yang berisi tiang, tiang dan tali pada tenda yang terlipat dan gulung tenda di atasnya jika sudah digulung sebelum membongkar dan memasang tenda Anda. Jika tenda Anda sebelumnya tidak terguling maka cukup letakkan tenda terlipat di dalam tas penyimpanan bersama dengan kantong penyimpanan lainnya.

Sewa tenda pekanbaru – Sekarang tenda serta semua perlengkapan Anda lainnya dapat dimuat untuk perjalanan pulang. Setelah pekerjaan di rumah belum selesai, tenda harus dibersihkan terakhir kali. Pembersihan akhir ini tidak perlu segera dilakukan tetapi disarankan untuk tidak menunda pembersihan terlalu lama karena semakin lama Anda menunda semakin kecil kemungkinan pembersihan akhir akan selesai. Perhatikan cuaca dan jika ada dua hari atau lebih cuaca baik tanpa hujan atau badai maka sekarang saatnya untuk menyelesaikan pembersihan tenda. Buka kemasan tenda dan buka gulungan dan / atau buka lipatan tenda dan taruh di atas tanah. Sekarang gantung tenda di tali jemuran atau dari pohon sehingga ditinggikan dari tanah. Sekali lagi sapu atau vakum lantai bagian dalam tenda untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Selang bagian dalam dan luar tenda. Berikan tenda mandi yang bagus. Balikkan semua kantung ke dalam dan semprotkan dengan air secara menyeluruh. Sekarang juga saat yang tepat untuk menyemprot tiang tenda untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Mengguncang tenda akan membantu menghilangkan sebagian air dari dalam dan luar, tetapi tenda perlu digantung selama satu atau dua hari sampai benar-benar kering. Sangat penting pada tahap ini untuk memastikan tenda benar-benar kering untuk mencegah tumbuhnya jamur atau lumut.

Karena tenda sudah benar-benar kering, Anda sekarang dapat melipatnya lagi, menggulungnya dan memasukkannya ke dalam tas penyimpanan bersama dengan tiang pancang, tiang, dan tali pengikat. Tidak apa-apa untuk melipat kembali tenda Anda dengan cara yang sama setiap saat. Bahan tenda modern kuat dan tahan lama. Tiang, tali, dan tiang biasanya disimpan di kantong selokan terpisah, yang digulung di dalam tenda. Menyimpan barang-barang penting ini dengan tenda berarti Anda akan selalu tahu di mana mereka berada.

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpan tenda sampai petualangan berkemah berikutnya. Semoga petualangan berkemah selanjutnya hanya sebentar lagi, namun jika tidak sebaiknya Anda menyimpan tenda di lokasi yang kering jauh dari sumber panas, hujan atau kelembapan lainnya serta sinar matahari langsung. Jika tenda tidak disimpan di lokasi yang jauh dari sumber panas, bahan tenda yang dingin menjadi rapuh sehingga mengurangi umur tenda. Demikian pula, menyimpan tenda dalam hujan atau lokasi lembab lainnya dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau lumut sehingga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan sekali lagi mungkin mengurangi umur tenda. Jika menurut Anda membersihkan tenda setelah perjalanan berkemah merupakan tugas yang berat, menghilangkan jamur dan / atau lumut akan menjadi pekerjaan yang jauh lebih buruk. Menyimpan tenda di bawah sinar matahari langsung akan menghasilkan

Skip to toolbar