Cara Menabungan ke Tanah Suci

Ibadah haji maupun ibadah umroh merupakan suatu ibadah yang ingin sekali dikerjakan oleh umat Islam. Ibadah umrah hukumnya sunnah, bila dikerjakan mendapatkan pahala, bila tidak pun tidak akan berdosa. Namun, ibadah umrah dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu. Tentunya apabila kita ingin melaksanakan ibadah umroh, harus menyiapkan dan yang cukup besar untuk ongkos pergi-pulang  ke Tanah Suci, dan juga bekal yang cukup untuk membiayai hidup selama menjalankan ibadah umroh. Meskipun membutuhkan biaya yang cukup besar, tidak harus selalu ‘kaya’ tapi dengan menabung pun InsyaAllah kita bisa melaksanakan ibadah umroh. Selain biaya, tentunya masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan apabila ingin melaksanakan ibadah umroh. Berikut penjelasannya.

  • Niat yang Kuat

Apabila ingin melaksanakan ibadah umroh, pasanglah niat kuat. Masih banyak orang yang secara finansial mampu melaksanakan ibadah umroh, tetapi mereka tidak berniat untuk melaksanakan ibadah umroh.Namun, banyak juga orang yang tidak memiliki biaya untuk umroh, tetapi karena niat yang kuat InsyaAllah ibadah umroh akan terlaksana. Karena niat yang kuat juga adalah modal supaya kita bisa mencari jalan keluar untuk melaksanakan ibadah umroh dengan cepat. Tentunya yakini sepenuh hati bahwa kita mampu untuk melaksanakan ibadah umroh atas izin Allah Swt.

  • Cari Tahu Biaya dan Travel Umroh

Tentunya sebelum menyiapkan biaya untuk melaksanakan ibadah umroh, kita harus survey berapa banyak biaya yang dibutuhkannya. Caranya, kita dapat mencari informasi di internet atau menanyakan langsung kepada agen travel atau dapat menanyakan kepada keluarga, atau teman yang sudah pernah menjalankan ibadah umroh. Catat semua informasi yang didapatkan secara detail, mulai dari biaya yang harus disiapkan sebelum berangkat ibadah  umroh, biaya yang dibutuhkan selama berada di Tanah Suci, dan biaya lainnya yang harus dipersiapkan. Dan juga cari tahu travel umroh yang digunakan, tanyakan kelebihan dan kekurangan selama menggunakan jasa travel umroh yang telah digunakan tersebut. Setelah itu, lakukan survei dengan cara mendatangi perusahaan travel umroh yang kita inginkan. Mintalah informasi secara detail terkait persyaratan dan biaya yang dibutuhkan. Semua informasi tersebut harus dicatat sebagai bahan pertimbangan. Para agen travel umroh biasanya menyediakan berbagai pilihan paket umrah yang bisa dipilih. Seperti paket 9 hari hingga 12 hari, ada juga sampai 20 hari. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Semakin lama waktu ibadah umroh tentunya biaya yang dibutuhkan juha semakin banyak.

  • Tabungan Umroh

Apabila sudah mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah umroh, saatnya merealisasikan niat ibadah umroh dengan cara menabung. Tentunya banyak pilihan yang dapat kita laksanakan, seperti  kita bisa menabung di rumah dengan menyisihkan uang per hari, ataupun membuka tabungan umroh yang sekarang ini banyak ditawarkan bank ataupun agen travel umroh. Apabila memilih menabung di rumah, keunggulannya, yaitu kita bisa menentukan agen travel umroh yang akan digunakan. Sedangkan, jika kita memilih tabungan umroh di bank, biasanya pihak bank sudah bekerja sama dengan perusahaan travel rekananan bank tersebut yang dapat kita pilih. Selain itu,  beberapa agen travel umroh juga membuka tabungan umroh. Tetapi, pilihan ini tidak disarankan, karena rawan penggelapan dana umroh.

  • Do’a Restu Orang Tua

Apabila tabungan umroh sudah mencukupi, tentunya kita bisa melaksanakan ibadah umroh sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Janganlah lupa untuk meminta do’a restu dari orang tua, supaya ibadah umroh bisa dilaksanakan dengan lancar.

Skip to toolbar