Cara Mengkompres File PDF Secara Online Dan Offline

cara kompres file pdf

Cara Kompres File PDf Online Dan Offline.Ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk mengecilkan ukuran file PDF baik online atau off line. Kecuali memakai software PDF reducer kita bisa juga manfaatkan program lain seperti Microsoft Office – Word atau Adobe Acrobat XI Pro.

cara kompres file pdf

Umumnya ini dilaksanakan untuk kurangi ukuran file terlebih bila ingin dikirimkan lewat e-mail sebagai tambahan atau attachment, atau juga bisa saat ingin unggah file dalam format PDF misalkan untuk keperluan lamaran pekerjaan, CV atau yang lain, tetapi terbatasi ukuran optimal yang dapat diupload hingga harus kita harus kompress atau turunkan ukuran file pdf itu.

Pada tulisan kesempatan ini admin akan bagi cara-cara untuk kompres file pdf lewat cara online atau off line, tetapi penting untuk dipahami jika kadang file yang dibuat kwalitasnya berlainan dengan aslinya khususnya pada gambar yang kadang jadi kurang terang atau blur.

Karena itu seharusnya sesudah mengecilkan file pdf, check kembali hasilnya masihkah bisa dibaca terang atau mungkin tidak, bila buruk ulang kembali memakai sistem lainnya.

Langkah Mengecilkan Ukuran File PDF Online dan Off line

Sesuai judul, saya akan share panduan langkah untuk kurangi ukuran pdf supaya lebih kecil dengan hasil bervariatif bergantung dari isi/content file tersebut, karena bila banyak terkandung gambar umumnya hasilnya tidak begitu berarti, dan berikut beberapa sistem yang dapat diputuskan.

  1. Langkah Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

Ada beberapa website yang sediakan service kompres pdf, dan dari beberapa yang pernah saya coba salah satunya yang terbaik ialah smallpdf. Website ini gampang dipakai, tak perlu daftar lebih dulu cukup unggah lalu compress dan unduh hasilnya, berikut cara-caranya.

  • Datangi halaman http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  • Selanjutnya drag dan turun file pdf dari PC anda atau click “Tentukan File”.
  • Nantikan sesaat sampai proses unggah usai 100% dan proses kompres berjalan automatis.
  • Sesudah usai click “Ambil File Saat ini”
  1. Kurangi Ukuran File PDF Dengan Microsoft Word

Untuk anda yang mempunyai program Office 2013 ketas karena itu anda bisa manfaatkan MS Word 2013 itu untuk kurangi ukuran pdf, dan berikut singkatannya.

  • Membuka Word 2013 selanjutnya Tentukan File – Open dan mencari file PDF anda.
  • Saat kita buka file pdf di Office, karena itu secara automatis akan diconvert ke word lebih dulu. Bila ada pop up pernyataan click OK untuk meneruskan.
  • Sesudah document terbuka, Save As file itu menjadi lagi PDF dengan tentukan File – Save As (atau CTRL+S).
  • Tentukan Save as tipe : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimal size (publishing online), selanjutnya click Save untuk simpan.
  1. Memakai Adobe Acrobat XI PRO

Alternative ke 3 yang bisa dilaksanakan untuk kompres file PDF dengan memakai Adobe Acrobat, dan kesempatan ini saya memakai Adobe Acrobat XI PRO, berikut triknya.

  • Lakukan Adobe Acrobat selanjutnya membuka file PDF anda.
  • Seterusnya tentukan Menu File – Save As Other – Reduced Size PDF.
  • Pada Make compatible with : Retain existing lalu OK
  • Paling akhir save file itu bernama baru.

Bila kurang terang silakan baca tutorial selengkapnya di sini Kompres File PDF Dengan Adobe Acrobat.

  1. Memakai ORPALIS PDF Reducer Free

Ini ialah alternative ke 4 dan benar-benar pas untuk anda yang cari software gratis, gampang dipakai dan aman karena anda tak perlu unggah file seperti saat kompres online di smallpdf, berikut tutorial secara singkat.

  • Unduh dan install disini http://www,orpalis,com/products/pdfreducer/unduh/ (tentukan yang free) ukuran seputar 14MB.
  • Lakukan aplikasinya, nantikan 7 detik selanjutnya click “OK”
  • Pertama kalinya jalankan membuka Options – Tab General selanjutnya di bagian Input Model tentukan Files selection lalu Apply
  • Mencari file PDF yang ingin dikompres dengan click pada Source. Selanjutnya pada Destination tetapkan di mana anda akan simpan file yang dibuat nanti.
  • Paling akhir, untuk mulai proses kompres, click pada tombol “Start Batch” dan tunggu hingga usai.

Kurang terang? baca tutorial langkah memakai Orpalis PDF Reducer Free.

  1. Memakai Software Free PDF Kompresor

Yang ke-5 ialah memakai software Free PDF Kompresor, program ini gampang dipakai tapi sayang cuman dapat mengompres satu file sekali proses.

Mempunyai 5 rasio kompres berlainan yakni screen, e-book, printer, prepress, standar. Ketidaksamaan kelima seting itu ialah pada kualitas file yang dibuat. Bila ingin memperoleh ukuran paling kecil karena itu dapat coba gunakan screen.

Untuk memakai Free PDF Kompresor triknya pertama kali kamu ambil dahulu aplikasinya dari freepdfcompressor.com kemudian install di computer lalu lakukan.

Sesudah terbuka tentukan tombol Browse selanjutnya mencari file PDF yang akan kamu perkecil ukuran. Untuk mulai tentukan tombol Compress dan tunggu hingga usai.

Dari eksperimen rupanya hasilnya cukup memberikan kepuasan atau bisa disebut ini adalah program untuk memperkecil PDF terbaik yang pernah saya coba karena dari file asli dengan size 4 MB sesudah dikompres hasilnya jadi 884KB.

Sesudah dibuka, pdf yang sudah dikompres tersebut sama dengan aslinya maknanya baik itu tulisan/text atau gambar bisa dibaca dengan prima tidak pecah-pecah atau jadi blur.

Jadi kelihatannya program ini cukup pantas diperhitungkan buat kamu yang perlu program untuk memperkecil file pdf dengan hasil paling kecil.

Catatan : Saat sebelum install saya telah scan program free pdf kompresor memakai virustotal dan hasilnya bersih alias aman.

Dari 5 langkah di atas, memang hasilkan kualitas dan ukuran file yang lain, berikut ialah perbandingannya saat saya test dengan sebuah file yang serupa sama ukuran seputar 1 MB atau persisnya 1017.93 KB dan berikut posisinya yang sanggup hasilkan file paling kecil dengan kualitas bagus.

  • Free PDF Kompresor 4 MB jadi 884 KB.
  • SmallPDF – 689KB
  • ORPALIS PDF Reducer – 830 KB
  • Adobe Acrobat XI Pro – 833 KB (Gambar pecah-pecah)
  • MS Word 2016 – 960KB

Smallpdf ialah yang terbaik bila disaksikan dari kekuatan untuk kurangi ukuran file, diikuti oleh Orpalis selanjutnya Adobe Acrobat tetapi sayang gambar yang ada di document itu jadi blur / terlihat pecah-pecah, paling akhir ialah Office 2016 (Word).

Itu lima langkah untuk mengecilkan ukuran file PDF mudah-mudahan berguna, dan ingat dari semua sistem di atas mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing, tetapi bila cari yang terbaik karena itu anda dapat pilih sistem 1 yakni online dengan smallpdf dan sistem 4 (off line) memakai ORPALIS PDF Reducer.

Skip to toolbar