Ingin Melakukan Pengadaan Barang dan Jasa? Kunjungi PaDi UMKM Sekarang Juga!

Ingin Melakukan Pengadaan Barang dan Jasa? Kunjungi PaDi UMKM Sekarang Juga!

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu PaDi UMKM? Baik, mimin langsung kasih tau ya. PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM adalah platform digital yang dilahirkan berkat kerja sama antara Kementerian BUMN, Kementerian UMKM dan juga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

Munculnya PaDi atau Pasar Digital cukup disambut hangat oleh banyak pihak, tentunya pihak UMKM, BUMN dan juga pemerintah.

Bagi UMKM, Pasar Digital merupakan salah satu platform yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.

Bagaimana tidak? Dengan mendaftar sebagai penjual di PaDi UMKM, kita bisa melakukan pengelolaan toko online kita secara terpusat.

Apa sih pengelolaan terpusat itu?

Pengelolaan terpusat adalah sebuah fitur yang disediakan oleh PaDi UMKM. Jadi semisal kita memiliki toko online di berbagai marketplace ataupun ecommerce sebut saja seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan juga Shopee. Kita bisa melakukan pengelolaan produk maupun transaksi melalui PaDi UMKM ini.

Jadi, kita tidak perlu membuka banyak applikasi lagi untuk memenuhi orderan pelanggan kalian.

Selain itu, kita juga berpotensi mendapatkan transaksi dari pihak BUMN dalam hal pengadaan barang dan jasa. Bila berbicara pengadaan barang dan jasa pemerintah, maka kita dapat menggambarkan kan kalo angka yang dihasilkan tidak mungkin kecil.

Bagi yang sudah pernah bertransaksi dengan BUMN, tentu akan mendapatkan transaksi selanjutnya dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih besar.

Soal pendanaan juga tidak perlu takut, karena kita bisa melakukan pinjaman dengan hanya menunjukan invoice kepada bank atau lembaga keuangan lainnya yang bekerja sama dengan PaDi UMKM.

Sekarang bagi pihak BUMN? Apa sih keutungan BUMN dengan hadirnya PaDi UMKM?

Pihak BUMN bisa mempersingkat waktu dan tenaga serta biaya dalam hal pengadaan barang. Dulu mungkin pihak BUMN harus mencari kemana-mana untuk menemukan vendor yang tepat.

Saat ini, BUMN bisa melalui PaDi UMKM untuk menemukan vendor-vendor yang tepat. Perlu diketahui juga, seller-seller yang ada di PaDi UMKM telah lolos proses verifikasi dan screening yang dilakukan oleh tim PaDi UMKM.

Dengan begitu, kinerja BUMN bisa terbantu dengan hadirnya PaDi UMKM karena PaDi UMKM dapat membuat pekerjaan mereka menjadi lebih praktis.

Oh ya, ada beberapa kategori yang tersedia di PaDi UMKM. Mulai dari Material Konstruksi, Jasa Konstruksi & Renovasi, Jasa Ekspedisi & Pengepakan, Pengadaan & Sewa Peralatan Mesin, Jasa Peralatan & Perawatan Mesin, Jasa Advertising/Periklanan, Pengadaan Sewa & Perlengkapan Furniture dan Jasa Catering & Snack.

Jadi bagi pihak BUMN yang ingin menemukan vendor-vendor dari kategori tersebut dapat langsung mengunjungi PaDi UMKM.

Sekarang bagi pihak pemerintah. Apa sih keuntungan bagi pihak pemerintah?

Bagi pihak pemerintah tentu saja PaDi UMKM ini dapat menjadi tolak ukur sejauh mana BUMN-BUMN yang ada di Indonesia dapat melakukan transaksi atau mendukung produk-produk UMKM.

Terlebih lagi, transaksi cashless dan juga terekam di PaDi UMKM itu nantinya akan menjadi bahan monitoring ke depannya.

Tentu saja akan ada evaluasi, jika baik maka diharapkan bisa berimbas sampai tahap yang lebih luas demi kebaikan negeri ini.

Skip to toolbar