Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa memiliki momongan merupakan salah satu dambaan bagi setiap para calon ibu dan ayah. Ya, terang saja demikian, sebab kebahagiaan dalam hidup berumah tangga itu baru bisa dikatakan sempurna setelah kehadiran si buah hati ke dunia.

Ketika sudah menggunakan kalkulator kehamilan dan sudah tau kapan akan lahir, tentu saja akan ada beragam aturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh para ibu hamil. Begitu pun dalam urusan makanan, dimana mereka tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Lantas, jenis makanan seperti apa sajakah yang dianjurkan untuk ibu hamil? Nah, biar kalian gak penasaran, mending sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Telur

Jenis makanan pertama yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu berupa telur. Mengapa harus telur? Menurut para pakar gizi terkemuka, yang menyebutkan bahwa telur merupakan sumber vitamin, protein, dan mineral. Protein yang terdapat pada telur ini sangat bagus untuk ibu hamil, karena fungsinya yang dapat memperbaiki sel-sel janin dalam kandungan lho. Bukan hanya itu, telur juga mempunyai jumlah kolin yang cukup tinggi dan sangat penting untuk menunjang perkembangan otak serta system saraf bayi selama kehamilan.

2. Buah Pisang

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Tentunya kita semua sudah sangat mengenal betul dengan buah yang memiliki tekstur lembut dan manis tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah pisang kaya akan kandungan asam folat yang sangat bagus untku mendukung perkembangan janin selama kehamilan. Selain itu, ia juga dilengkapi denga kandungan kalsium, kalium, dan vitamin B6. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, buah pisang memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh lho.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten yang begitu baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk para ibu hamil. Pasalnya, beta karoten ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan . Tak hanya sampai disitu saja, vitamin A tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan serta memperbaiki penglihatan.

4. Kacang-kacangan

Tak hanya ubi jalar, kacang-kacangan juga merupakan salah satu jenis makanan yang tentunya wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil. Ya, terang saja demikian, sebab kacang-kacangan ini kaya akan kandungan asam lemak omega 3, protein, serta, dan nutrisi penting lainnya yang dapat menigkatkan kecerdasan otak bayi dalam kandungan. Adapun mengenai jenis kacang-kacangan yang dimaksud adalah kacang merah, kacang tanah, kacang polong, kacang mete, dan lain sebagainya.

5. Buah Jeruk

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa buah jeruk memiliki peranan yang sangat penting dalam kesehatan tubuh. Hal itu juga tidak terlepas dari beberapa kandungan yang didalamnya seperti vitamin C, folat, dan kalium yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, dengan mengonsumsi buah jeruk selama kehamilan diyakini mampu mencegah berbagai jenis cacat lahir.

6. Sayuran Berdaun Hijau

Jenis makanan berikutnya yang wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil, yaitu berupa sayuran yang berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan antioksidan, folat, kalsium, protein, kalium, vitamin, dan protein yang bagus untuk mendukung perkembangan janin.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil.

Skip to toolbar