Ini Dia Keunggulan Kartu Kredit Syariah Yang Wajib Diketahui

Saat ini masyarakat Indonesia sudah sangat paham dengan transaksi tanpa menggunakan uang. Salah satu yang paling umum digunakan adalah Kartu Kredit, yang belakangan mulai banyak dipasarkan oleh bank-bank besar.

Namun tahukah Anda bahwa ada kartu kredit yang diterbitkan berdasarkan hukum Islam? Kalau belum tahu, kelebihan dari produk ini banyak, lho! Bank Indonesia pernah menegaskan bahwa salah satu ciri gaya hidup modern adalah transaksi yang cepat dan efisien.

Baca juga yuk mengenai obs studio pada tautan tersebut.

Salah satu contohnya adalah menggunakan kartu sebagai alat pembayaran. Padahal, kini bisa dibilang penggunaanya adalah kebutuhan masyarakat modern yang tidak ingin menyimpan banyak uang di dompetnya.

Ditambah dengan masyarakat kita yang sebagian besar beragama Islam, bahkan termasuk negara-negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia. Aneh rasanya, bank-bank berbasis syariah tidak mau berpartisipasi di pasar kartu kredit. Bank-bank tersebut memberikan solusi untuk alat pembayaran ini, yaitu penerbitan Kartu Kredit iB.

Cara Kartu Kredit Syariah

Cara kerja kartu kredit berbasis syariah hampir sama dengan kartu kredit konvensional pada umumnya. Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk kegiatan berbelanja guna memenuhi berbagai kebutuhan. Namun ada perbedaan kecil karena ada aturan yang memasukannya.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), prinsip-prinsip dasar syariah dalam perbankan melarang hal-hal sebagai berikut: Riba disini berarti tambahan pemasukan ilegal, transaksi yang tidak pasti dan umum, transaksi yang tidak jelas tujuannya, transaksi yang tujuannya dilarang oleh hukum Islam, transaksi yang menyebabkan ketidakadilan bagi pihak lain, adalah praktek penimbunan.

Pengoperasian kartu kredit syariah ini telah diatur oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dalam fatwa Nomor 54 / DSN-MUI / X / 2006 tentang Kartu Kredit Syariah.

Sebagaimana tercantum dalam fatwa, kartu kredit syariah juga dikenakan sejumlah biaya, antara lain sebagai berikut: iuran keanggotaan, biaya pedagang adalah biaya yang dibayarkan pedagang kepada penerbit kartu sehubungan dengan transaksi dengan menggunakan kartu sebagai hadiah ( ujrah), biaya penarikan tunai, biaya kompensasi atas biaya-biaya yang dikeluarkan oleh penerbit kartu yang disebabkan karena pemegang kartu terlambat membayar kewajiban yang ditangguhkan, biaya keterlambatan tersebut, dendanya kemudian diakui sebagai dana sosial.

Jika sebagian besar kartu kredit konvensional menentukan tingkat bunga sebagai keuntungan, lalu bagaimana kartu kredit Islam dapat menghasilkan keuntungan bagi bank yang mengeluarkan uang tersebut.

Menurut Dewan Syariah Nasional, bank yang menerbitkan kartu kredit syariah dapat menerima biaya dari harga transaksi atau layanan sebagai hadiah. Jadi pada intinya setiap transaksi akan ditagih di awal akad, dan inilah salah satu kelebihan bank yang mengoperasikan kartu kredit syariah.

Keunggulan Kartu Kredit Syariah

Ada beberapa keuntungan menggunakan Kartu Kredit Syariah. Dijamin tidak akan berbeda dengan kartu kredit konvensional

1. Didukung MasterCard, Jadi Bisa Dipakai Di Seluruh Dunia

Tak hanya bank-bank besar, bank syariah juga tidak mau ketinggalan memberikan solusi finansial untuk kebutuhan masyarakat Indonesia modern. Salah satunya dengan memberikan iB Credit Card (Islamic Banking). Seperti halnya kartu kredit pada umumnya, Kartu Kredit iB dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Seperti berbelanja di berbagai tempat, menarik uang melalui ATM, membayar berbagai tagihan (listrik, air, telepon, tv kabel, membayar SPP), membeli tiket pesawat, hingga mengisi pulsa keliling. Selain itu, pengguna Kartu Kredit Syariah juga akan menikmati layanan dan fasilitas yang sama dengan pemegang kartu kredit konvensional pada umumnya.

Papan Kredit iB juga didukung oleh MasterCard International, membuatnya tersedia di seluruh dunia dengan sekitar 30 juta merchant dan mesin ATM berlogo MasterCard atau Cirrus.

2. Biaya Administrasi di Merchant Lebih Rendah

Untuk kemudahan bertransaksi dengan merchant, Kartu Kredit Syariah punya keunggulan tersendiri. Jika besaran fee yang dikeluarkan sesuai dengan nilai transaksi, maka akan berfluktuasi.

Meskipun secara umum menentukan nilai fee, namun dari sisi nilai nominal, biaya yang dikenakan oleh iB Credit Card lebih rendah dari tingkat bunga yang dikenakan oleh kartu kredit pada umumnya. Jadi, pengguna Kartu Kredit iB akan dapat menikmati keuntungan dari biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit lainnya.

3. Denda Dialihkan Ke Sektor Sosial

Tidak semua denda mengganggu. Untuk Kartu Kredit Syariah, Anda mungkin perlu didenda berulang kali. Karena dengan membayar, bank tidak akan mengambil uang atau keuntungan pribadi dari bank syariah dan tidak akan memasukkannya ke dalam pendapatan bank syariah, tetapi akan mentransfernya ke dana sosial.

Tentunya sebagai nasabah yang baik, kita perlu disiplin dalam menggunakan kartu kredit. Karena ini untuk mengajar diri sendiri. Jika Anda ingin mendonasikan dana untuk kepentingan sosial, Anda bisa melakukannya melalui lembaga resmi atau memberikan zakat.

4. Sudah Difatwakan, Tidak Perlu Takut Melanggar Aturan Agama

Bagi anda yang takut melanggar hukum agama karena menggunakan kartu kredit. Dewan Syariah Nasional telah mengeluarkan keputusan tentang bagaimana membuka produk Kartu Kredit Syariah.

Dalam fatwa No: 54 / DSN-MUI / X / 2006, Kartu Kredit iB diartikan sebagai kartu yang berfungsi sebagai kartu kredit yang sah (berdasarkan sistem yang ada) antara beberapa pihak berdasarkan prinsip syariah.

Beberapa partai ini juga punya istilah sendiri. Karena penerbit kartu disebut mushdir al-bithaqah, pemegang kartu disebut hamil al-bithaqah, dan penerima kartu tersebut adalah pedagang, tajir atau qabil al-bithaqah.

Daftar Sekarang, Dapatkan Manfaat Dari Kartu Kredit Syariah. Dengan berbagai keunggulan Kartu Kredit Syariah tersebut di atas. Rasanya sekarang saatnya Anda mulai mengusulkan penggunaan sebagai pengganti transaksi tunai.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.

Skip to toolbar