Jenis dari Kayu Meranti

Kayu meranti atau disebut juga kayu mahoni merupakan jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan baku konstruksi khususnya di daerah tropis seperti negara Asia Tenggara.

Tidak hanya sebagai bahan bangunan, tetapi juga kayu dari pohon Meranti sangat ideal sebagai bahan dasar furniture triplek Meranti.

Kayu meranti memiliki ciri permukaan yang terang hingga gelap. Perubahan warna menunjukkan bahwa semakin tua umur kayu meranti maka semakin tua umurnya.

Namun semakin tua umur kayu Meranti maka semakin baik kualitas kayu yang dihasilkan. Kayu meranti umumnya ringan sampai berat.

Jenis kayu pohon meranti

Kayu meranti putih

Kelebihan dan kekurangan kayu meranti berwarna putih adalah tekstur kayunya yang licin dan licin, meskipun permukaannya cukup kasar. Jenis kayu meranti putih ini memerlukan proses pembuatan yang agak sulit karena mengandung serat kayu.

Pada umumnya kayu meranti putih digunakan tidak hanya sebagai furniture triplek meranti dan furniture dekorasi interior, tetapi juga sebagai barang rumah tangga.

Kayu meranti putih banyak ditemukan di beberapa hutan Indonesia yang menjadi habitatnya yaitu di hutan-hutan di Sumatera, Sulawesi, hingga Maluku.

Kayu meranti merah

Meranti merah sangat umum ditemukan di hutan Indonesia. Selain itu jenis kayu ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga dapat tumbuh dimana saja kecuali di daerah yang mengandung tanah liat.

Kelebihan dan kekurangan kayu meranti merah adalah memiliki keuletan yang baik karena akarnya tidak mudah terserang hama dan tidak mudah busuk. Warna kayunya biasanya merah tua dan mengandung serat.

Meranti merah dikatakan memiliki umur yang sangat panjang dan menghasilkan kayu dengan kualitas yang sangat baik dibandingkan jenis meranti lainnya.

Kayu meranti kuning

Kayu ini cukup langka ditemukan di Indonesia. Meranti kuning tidak hanya langka, tetapi juga rawan busuk dan serangan hama sehingga tidak bertahan lama.

Kelebihan dan kekurangan meranti kuning dapat dilihat dari sifat-sifatnya yaitu kuning kecoklatan sampai kuning tua, berbutir sangat kasar, dan diantara jenis meranti lainnya, meranti kuning merupakan yang paling sulit diolah menjadi furniture.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.

Skip to toolbar