Jenis jenis Kambing yang Harus Kamu Ketahui

Kambing merupakan salah satu hewan ternak utama selain sapi. Berbeda dengan sapi, kambing di Indonesia masih dibudidayakan secara tradisional.

Ada dua fokus utama dalam beternak kambing, yaitu mengambil daging dan mengambil susu. Beberapa jenis kambing sebagai salah satu jenis kambing etawa merupakan susu produktif. Nilai kambing perah lebih besar dari pada sapi.

Hanya saja, produksi susu kambing perah tidak seintens itu. Sebagian besar masih diperlakukan sebagai produk sampingan. Tujuan utamanya tetap menghasilkan daging.

Ketahui Jenis kambingnya

Secara umum dibedakan berdasarkan jenis kambing lokal dan kambing luar. Namun nyatanya, banyak di antaranya adalah beberapa pencampuran alias tidak benar-benar murni. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis kambing silahkan baca artikel jenis-jenis peternakan kambing.

kambing lokal

Jenis kambing lokal yang lebih dikenal masyarakat adalah kambing kacang. Meski ukurannya kecil dibanding kambing luar, kambing Kacang termasuk ternak besar. Adaptasi terhadap penyakit dan iklim tropis tidak diragukan lagi.

Kacang tanah kambing juga tidak rewel, dengan perawatan kambing darurat mereka tetap bisa berkembang biak. mudah berkembang biak dan cukup produktif. Listrik tidak susah, kambing ini memiliki jenis hijauan yang banyak. Jenis ini sangat cocok dengan kebiasaan peternak / peternak beternak kambing tradisional sebagai usaha sampingan. Tak heran jika banyak petani kacang tanah.

kambing impor

kambing impor atau kambing luar negeri mengacu pada jenis kambing yang diimpor dari luar negeri. Biasanya diambil untuk meningkatkan efisiensi beternak kambing. Ada yang resmi didatangkan oleh pemerintah, juga dilakukan oleh petani atau penghobi.

Butuh aqiqah? bisa cek cateringbunarni.web.id

Jenis kambing impor yang banyak terdapat di Indonesia antara lain kambing etawa yang didatangkan dari India, kambing Boer yang didatangkan dari Afrika Selatan dan kambing Saanen yang didatangkan dari Swiss. Kambing ini memiliki postur tubuh yang relatif lebih tinggi dari pada kambing lokal. Beberapa di antaranya, seperti Etawa dan Saanen, merupakan produsen susu produktif.

Kerugian adaptasi kambing impor dengan iklim di Indonesia tidak terlalu baik. Hal ini dihindari dengan mencoba melakukan persilangan dengan kambing lokal.

campuran kambing

kambing campuran hasil persilangan antara kambing lokal dan kambing impor. Para peternak dan pusat penelitian pemerintah berusaha untuk menyilangkan kambing tersebut untuk mendapatkan karakteristik kambing impor yang lebih tinggi dan ketahanan kambing lokal.

Jenis kambing campuran sudah banyak dikenal masyarakat, diantaranya adalah Peranakan Etawa (PE) dan kambing jawarandu. kambing persilangan diperoleh dari etawa, silangan etawa dan kambing dengan kacang. Sedangkan kambing jawarandu merupakan hasil persilangan antara etawa hibrida dan kambing kacang.

Jika kalian ingin pesan aqiqah, bisa kunjungi catering bu narni saja.

Puslitbangnak belum lama ini merilis hasil persilangan antara kambing Boer Kacang yang disebut kambing Boerka. Kambing ini diklaim memiliki tipe tubuh yang besar sebagai kambing Boer dan kemampuan beradaptasi, serta kacang-kacangan. Produsen juga tidak perlu khawatir dengan masalah pemeliharaan, karena pengelolaan kambing semudah merawat kambing kacang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar