MACAM BAHAN DAUN PINTU

Sebelum membahas, kami juga menyediakan jasa pintu folding gate yang berfungsi mengamankan isi bangunan dari hal hal yang tidak diinginkan, dengan pekerjaan berkualitas tinggi dan harga murah.

Pintu bangunan yang paling sering digunakan dan umum digunakan adalah pintu yang terbuat dari elemen kayu, baik pintu yang terbuat dari kayu solid maupun pintu yang terbuat dari kayu “fiber” yang sedang dimasak / dibuat atau dibuat dari pelat kayu, misalnya kayu jati. . .

Pada dasarnya ada 2 (dua) bahan pembuatan daun pintu yang terbuat dari kayu dan bukan kayu.

Daun pintu berbahan dasar kayu sering kali terganggu karena ketersediaan bahan alami, begitu pula daun pintu berbahan dasar kayu yang rusak akibat penuaan, sangkar dan mudah dimakan rayap serta tidak tahan air.

Daun pintu yang tidak ditenun adalah hasil proses manufaktur industri, tetapi orang lebih mengenal produk aluminium, serta banyak produk lainnya.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang bahan alternatif yang bisa digunakan untuk membuat pintu.

Daun Pintu Bahan Kayu

Kayu solid

Kayu solid adalah bahan daun pintu yang populer. Bahannya adalah kayu yang dipotong berdasarkan ukuran pesanan. Keunggulan kayu solid adalah mudahnya membentuk berbagai model daun pintu, mulai dari ukiran polos, profil hingga ukiran.

Harganya lebih mahal terutama kayu keras dan kayu tahan lama seperti jati. Pintu kayu solid banyak digunakan, mulai dari bangunan tradisional, klasik, modern hingga minimalis. Kayu solid cukup berat sehingga Anda harus menyiapkan kusen yang kuat serta engsel yang tebal dan kuat untuk menahan beban daun pintu.

Material kayu sangat mudah basah dan rayap. Terkadang kayu solid sulit dibuat dengan kualitas yang baik karena umur pemotongan belum cukup umur untuk menyusut, berputar dan bengkok.

Kayu olahan

Kayu Olahan terbuat dari kayu solid yang melalui proses peleburan serbuk gergaji / kayu atau melalui proses pembuatan serpihan kayu yang kemudian dijadikan bahan jadi dengan ukuran dan ketebalan tertentu, hasilnya dikenal dengan nama antara lain; tripleks / multipleks, kayu jati, papan balok dan papan MDF.

Harga bahan kayu olahan ini lebih rendah, jauh dari harga kayu solid. Daun pintu yang terbuat dari kayu lunak seperti ini sangat cocok untuk bangunan sementara dan bangunan sementara. Material ini biasanya digunakan untuk elemen pintu interior.

Material kayu olahan sangat rentan terhadap kondisi lembab terutama air dan rayap.

Daun Pintu Bahan Non Kayu

Plat besi

Daun plat besi sering digunakan untuk daun pintu garasi, daun pintu pagar, pintu pabrik / gudang, pintu gedung bengkel dan bukaan perapian.

Daun pintu dengan bahan plat besi memiliki kekuatan yang cukup tinggi, kuat terhadap benturan dan kebakaran. Pintu plat besinya sangat berat.

Plat besi rentan terhadap air dan kondisi lembab yang kemudian mudah berkarat. Semakin kecil ukuran plat maka akan semakin mudah keropos akibat karat dan akhirnya berlubang.

Pintu plat besi cocok untuk bangunan pabrik, bengkel dan gudang (gedung fungsi industri).

Aluminium

Aluminium merupakan material logam paling ringan sekaligus material aluminium non korosif, hanya rentan terhadap proses oksidasi alami akibat air hujan asam.

Pintu aluminium sangat cocok untuk gedung fungsi kantor dan bangunan umum karena bobotnya yang ringan. Kekuatan air sangat cocok untuk pintu di area basah seperti kamar mandi.

Harga daun pintu alumunium lebih murah dibandingkan harga kayu dan besi padat.

Aluminium tidak tahan terhadap tekanan buka tutup dan papan dengan mobilitas tinggi, tetapi ringan untuk proses buka tutup. Jika ingin menggunakan daun pintu alumunium, pilihlah alumunium yang berkualitas.

Beberapa produk aluminium kini tersedia dalam berbagai warna, mulai dari aluminium, coklat, cat hingga motif serat kayu.

Kaca

Kaca merupakan bahan yang dapat menembus cahaya dan penglihatan. Pintu kaca cocok digunakan di area yang membutuhkan sinar matahari langsung dan tempat yang membutuhkan cahaya alami.

Pintu kaca cukup berat tetapi sangat mudah bergetar dan terbentur sehingga menyebabkan kerusakan atau retak.

Jika ingin menggunakan pintu kaca di ruang tamu, gunakan kaca yang cukup tebal kemudian pilih kaca yang melapisi anti oksidasi. Kaca mudah teroksidasi.

Tampilan pintu kaca akan membuat ruangan terlihat luas, bersih dan cerah.

Berbagai jenis daun pintu kaca berkisar dari kaca polos, kaca tersembunyi, kaca tunggal, kaca pasir hingga kaca patri.

PVC

Daun pintu PVC (polvinil chloride) didasarkan pada polimerisasi minyak bumi. PVC adalah salah satu jenis plastik. Bahan PVC sangat ringan, tahan terhadap panas dan air serta rayap.

Daun pintu PVC biasa digunakan untuk daun pintu di area basah atau berair seperti kamar mandi.

HPL

Daun pintu HPL merupakan daun pintu yang terbuat dari kayu, HPL hanya digunakan untuk melengkapi permukaan agar daun pintu dapat dibentuk dengan berbagai macam motif yang diinginkan, seperti motif mengkilat, motif batu, motif kayu dan puluhan motif HPL yang diproduksi.

HPL (high pressure limousine) terbuat dari polymer dengan proses laminasi tinggi, HPL tahan terhadap goresan dan air tetapi tidak terpengaruh dan terbakar.

Daun pintu HPL banyak digunakan untuk aplikasi yang menunjang keindahan ruang interior.

UPVC

Pintu dengan aplikasi teknologi tertinggi sekarang terbuat dari karet UPVC (polplinil klorida tidak plastik) tetapi dari produk minyak bumi. Material UPVC sangat mudah dibentuk dan diklaim tahan api dan air serta tahan benturan.

Daun pintu UPVC tersedia dalam ukuran standar untuk pintu rumah (bangunan) dan diproduksi dalam berbagai macam motif, mulai dari permukaan polos, permukaan fiber, profil, hingga kombinasi dengan elemen material kaca. Daun pintu UPVC lebih berat dari aluminium atau PVC.

Cocok digunakan pada bangunan yang membutuhkan ketelitian dan desain yang sempurna.

Panel sintetis

Bahan daun pintu terbuat dari kayu dan dicampur dengan bahan sintetis. Beratnya sama dengan pintu kayu. Pintu ini tersedia dalam berbagai desain pintu, permukaan serat kayunya terlihat sangat bagus.

Proses pembuatannya menggunakan sistem printing sehingga pintunya sangat kuat. Daun pintu sintetis diklaim tahan terhadap api, air dan cuaca serta rayap. Dijual daun pintu sintetis dengan syarat ada cat dasar epoxy jadi baru jadi.

Anda bisa menemukan daun pintu yang terbuat dari bahan non-kayu di depo bahan bangunan.

Demikian penjelasan singkat pemilihan bahan alternatif pembuatan daun pintu. Bisa bermanfaat Terima kasih sudah terus menulis.

Skip to toolbar