Makanan Khas Indramayu yang Mantap

Kami juga menjual oleh oleh indramayu dengan harga murah, open reseller juga. Selain itu Anda juga bisa intip harga mangga indramayu di website kami jauh lebih bersahabat, silahkan bisa langsung kunjungi.

Salah satu kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Indramayu. Berdasarkan letak geografisnya, kabupaten ini terletak di pesisir pantai utara yang merupakan jalur utama dan jalur tersibuk di pulau Jawa.

Keragaman budaya bukan hanya seni dan sejarah, tetapi juga ragam cita rasa kuliner yang telah diserbu wisatawan, salah satunya mangga yang terkenal. Bagi Anda yang berwisata ke kota Mangga, tidak salah jika Anda mencicipi makanan Indramayu yang enak di bawah ini.

Emping Tike

Keistimewaan Indramayu nomor enam adalah keripik tike. Pangan jenis ini merupakan salah satu inovasi masyarakat Indaramayu untuk mengolah rumput menjadi pangan permanen.

Rerumputan kacang tanah mudah didapatkan karena berada di dalam hutan dan tumbuh dimana-mana. Menghadapi keadaan tersebut, food processor menggunakan proses jajan mahal karena sehingga banyak orang yang bisa memanfaatkannya.

Pindang Gombyang Manyung

Makanan khas ketujuh Indramayu adalah semur gombyang manyung. Hidangan ini adalah salah satu makanan paling populer di kota mangga. Sekilas penyajiannya mirip dengan kari, bahan baku yang digunakan hanya kepala lele.

Rasanya bervariasi karena kombinasi rasa bumbu yang berbeda. Saat memasak, bumbu yang digunakan antara lain: kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan berbagai bumbu rahasia yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Burbacek

Keistimewaan kedelapan di Indramayu adalah burbacek. Menu ini artinya bubur, udang, dan sejenisnya. Sesuai dengan namanya, burbacek menggunakan bahan utama bubur beras dengan rumbah, dan daging sapi atau biji wijen.

Sebelum disajikan, kaldu sapi dimasak dengan kelapa parut terlebih dahulu setelah dicampur dengan cabai merah. Bumbu pedas dari rempah-rempah dan petir membuat menu ini cocok disantap di siang hari sembari mencicipi laut di pesisir pantai Indramayu.

Docang

Makanan khas yang kesembilan dari Indramayu adalah docang yang berasal dari dua kata yaitu bodo (baceman) dari dage oncom dan kacang hijau yang dijadikan taoge. Hidangan populer ini merupakan perpaduan antara lontong, tauge, kerupuk dan daun singkong yang kemudian ditanam pada sayuran Oncom Gembos.

Bahan baku pengolahan oncom gembos berasal dari tahu dengan campuran kacang kecil dan kelapa muda parut. Menurut sejarah, menu legendaris ini sangat populer di kalangan penjaga songo kala itu. Sejak itu, docang menjadi makanan pokok bagi makanan. Dapat disajikan pagi atau sore hari.

Ampo

Ampo merupakan makanan khas dari Indaramayu nantinya. Bahan baku menu ini terbuat dari tanah liat yang diolah tanpa diaduk. Biasanya dikonsumsi sebagai camilan, terutama bagi ibu hamil.

Kebiasaan makan tanah liat atau biasa disebut geofagy juga dilakukan oleh berbagai kalangan, salah satunya adalah penduduk di daerah beriklim tropis dan hangat.

Skip to toolbar