Manfaat minuman kolagen untuk kecantikan

Minuman Kolagen

Kolagen merupakan suatu protein yang terdapat pada tulang. Akan tetapi, kamu dapat meraskan manfaatnya dalam bentuk minuman kolagen. Namun jangan salah, minuman kolagen ini juga mengandung banyak manfaat salah satunya yaitu dapat membuat kulit tetap awet muda.

Bukan hanya itu saja, masih terdapat manfaat lainnya dalam minuman kolagen. Berikut ini manfaat lainnya yang akan kamu peroleh jika meminum minuman kolagen. Apakah kamu tertarik untuk memulai hidup sehat dengan minuman kolagen? Yuk simak artikel berikut!

Inilah Manfaat Minuman Kolagen

Minuman Kolagen
  • Dapat meningkatkan elastisitas dan menghaluskan kerutan

Manfaat minuman kolagen yang pertama ini tidak asing lagi bagi masyarakat luas. Minuman kolagen ini dapat meningkatkan elastisitas dan menghaluskan kerutan pada kulit. Collagen sendiri memiliki manfaat yaitu dapat mempertahankan kelembapan dan kepadatan serat collagen dalam kulit.

Tak heran jika minuman kolagen dijadikan beberapa masyarakat dalam meningkatkan kesehatan kulit. Jika kamu tertarik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, kamu cukup meminum 10 gram perhari bubuk minuman kolagen.

  • Menyehatkan jantung

Manfaat minuman kolagen selanjutnya adalah dapat menyehatkan  jantung. Hal ini dibuktikan dengan penelitian dimana 31 orang dewasa yang masalah dengan kesehatan jantung, mengkonsumsi minuman kolagen selama 6 bulan berturut-turut.

Setelah 6 bulan, hasil cek kesehatan menunjukkan bahwasanya mereka telah mengalami penurunan signifikan pada kekakuan arteri jantung. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minuman kolagen dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mampu mengatasi permasalah sendi

Minuman collagen juga mampu mengatasi permasalahan sendi. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian dengan menggunakan tikus yang mengalami osteoartritis pasca trauma. Hasilnya minuman kolagen ini dapat meredakan radang persendian.

Manfaat lain yang didapat yaitu dapat menjaga integritas tulang rawan dan mengobati nyeri sendi dalam tubuh. Oleh karena itu minuman kolagen juga sangat cocok untuk diminum oleh orang yang sudah berusia lanjut.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang juga penting, mulai anak-anak hingga usia lanjut. Sebagian besar tulang kita tersusun oleh collagen. Oleh karena itu minuman kolagen juga memiliki manfaat yakni dapat menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos dan dapat menguatkan tulang.

Jika collagen dalam tubuh tercukupi maka akan terhindar dari penyakit tulang misalnya osteoporosis. Minuman kolagen juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit seperti patah dan retak pada tulang dikarenakan kandungan collagen juga dapat membantu pembentukan pada tulang.

  • Mengatasi stretch mark

Stretch mark adalah hal yang tidak disukai oleh wanita karena dapat mengurangi penampilan. Maka dari itu, manfaat minuman kolagen juga dapat mengatasi stretch mark. Stretch mark dapat terjadi jika kulit jaringan lemak mendesak dan menembus serat lapisan teratas.

Sehingga kulit terasa bergelombang, kering, kasar, dan gatal. Maka dari itu collagen yang terdapat pada minuman kolagen ini dapat mempercepat proses regenerasi kulit yang telah rusak, sehingga kulit menjadi halus seperti biasa.

  • Membantu penurunan berat badan

Manfaat minuman kolagen yang berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai menurunkan berat badan, collagen digadang-gadang dapat mengalami metabolisme yang cenderung cepat. Akan tetapi, harus dilakukan studi lanjut mengingat belum terdapat penelitian yang valid.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Meskipun belum terbukti secara uji klinis, akan tetapi minuman kolagen diyakini dapat menjaga kesehatan pencernaan pencernaan. Selain itu juga digunakan dalam pengobatan penyakit sindrom usus bocor atau permeabilitas pada usus.

  • Meningkatkan kekuatan rambut dan kuku

Manfaat lain yang diperoleh dalam minuman kolagen yaitu dapat menjaga kekuatan rambut dan juga kuku. Kandungan collagen yang terdapat dalam minuman dapat menangkal radikal bebas yang dapat memengaruhi pertumbuhan, tekstur, dan juga ketebalan rambut.

Manfaat lain dari minuman kolagen yakni dapat mencegah kerapuhan kuku dan memicu pertumbuhan kuku agar lebih cepat panjang. Maka dari itu, sangat disarankan sekali untuk mengkonsumsi minuman collagen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah tadi berbagai manfaat minuman kolagen bagi tubuh kita, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Siapa sangka collagen memiliki manfaat yang beragam. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh collagen, tetap perhatikan dosis minum yang dianjurkan. Semoga bermanfaat!