Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional?

Saat memulai sebuah perusahaan, atau baru saja meluncurkan produk baru, tentunya Anda juga harus memikirkan berbagai promosi untuk memperkenalkan produk & layanan Anda kepada masyarakat luas.

Namun, tidak semuanya mengetahuinya. Padahal, promosi seringkali menjadi hal terpenting. Termasuk urusan desain logo.

Desain Logo UKM Sembarangan? No Way!

Banyak diantara kita yang berjumpa UKM menggunakan identitas bisnis seperti biasa, terutama pada logo bisnis kecil menengah. Sejujurnya hal ini sangat disayangkan, karena jika dibandingkan dengan bisnis besar, usaha kecil dan menengah membutuhkan strategi promosi yang efektif. Logo umkm dan ukm harus relevan dengan bisnis dan tidak boleh ceroboh.

Karena itu, jangan sampai di bawah ini membuat bisnis Anda terlihat tidak profesional.

  1. Menggunakan Logo UKM yang Asal-asalan

Contoh logo di atas adalah logo pendidikan hewan Yayasan K9 Compassion. Awalnya logo dibuat rumit dan sulit dipahami, menggunakan elemen yang terkesan dipaksakan, ada karakter manusia dan anjing yang bermain. Sebaliknya, gunakan ilustrasi yang kaku, sehingga semua logo terlihat aneh dan tidak profesional.

Sementara logo di sebelah kanan adalah contoh desain ulang Yayasan K9 Compassion, tampilannya lebih sederhana, lebih jelas, dan lebih profesional. Jadi, logo bukan hanya sekedar simbol untuk menandai bisnis, tetapi lebih dari itu, logo akan mampu mencerminkan kepribadian dari bisnis tersebut.

  1. Logo UKM Kontras dengan Usaha

Logo tersebut adalah logo Olimpiade London 2012, yang menerima sindiran tentang desain yang kontras dan membingungkan. Desain logo menggunakan warna-warna indah dan elemen lapangan yang lebar dan tajam, dianggap logo tersebut tidak mewakili kepribadian negara dan tidak mewakili semangat olimpiade dibandingkan dengan logo olimpiade sebelumnya.

  1. Menggunakan Clipart dari Internet

Tidak jarang pemilik bisnis baru / biasa menemukan referensi yang akan dijadikan identitas bisnis melalui internet. Hasilnya, dia menemukan gambar favoritnya, lalu secara harfiah menggunakannya sebagai identitas bisnis.

  1. Tidak Menggunakan Software Desain

Ini lucu dan aneh. Untuk menambah garis, lingkaran, atau menulis menggunakan aplikasi untuk desain, seperti Microsoft Word sebagai favorit bagi kebanyakan orang yang menghargai jasa desain mahal dan menggunakan jalan pintas untuk membuat logo sendiri.

  1. Menjiplak Logo yang Sudah Ada

Logo terkenal seperti Starbucks Coffee, merupakan logo bisnis yang bagus dan efektif, harus banyak orang yang terinspirasi dengan logo ini. Logo yang baik harus menyertakan desainer profesional, jadi jangan menyalin logo yang ada untuk digunakan sebagai identitas bisnis baru, karena hak cipta logo mengharuskan Anda menggunakan logo tanpa izin sebelumnya.

Jika Anda membutuhkan jasa desain logo bisa kunjungi tautan tersebut.

Skip to toolbar