Mengenal Kucing Munchkin: Sejarah Hingga Harganya

Kucing munchkin

Kucing Munchkin dikenali dengan kekhasan pada ukuran kakinya yang pendek sebagai dari hasil perubahan genetik. Kucing ini seperti terlihat kelinci saat duduk dan akan kelihatan membungkuk saat mulai berjalan. Ini karena kaki depannya yang lebih pendek diperbandingkan kaki-kaki sisi belakang.

Walau seperti terlihat alami masalah tulang belakang, tapi Kucing ini tidak semacam itu. Mereka bisa lari bahkan juga melonjak ke sana-kemari dengan kaki-kaki pendeknya. Karakternya cerah dan gampang menyesuaikan hingga beberapa orang yang menyenanginya.

Semenjak tahun 1980, ras kucing ini mulai dikembangbiakkan di negara aslinya, Amerika Serikat. Ukuran yang unik membuat Kucing Munchkin kerap kali disilangkan dengan ras kucing yang lain.

Jika Anda sedang ingin memiara Kucing Munchkin, yakinkan Anda telah pahami bermacam info tentang kucing itu. Berikut riwayat, beberapa ciri, karakter, sampai langkah menjaga Kucing Munchkin yang dapat Anda aplikasikan di dalam rumah.

Riwayat Kucing Munchkin

Kaki pendek pada ras Kucing Munchkin ini terjadi karena perubahan genetik secara alami. Maknanya tidak ada terlibat manusia pada awal perkembangbiakkan kucing itu.

Walau demikian, kondisi tulang belakangnya berbeda dengan abnormalitas yang kerap disambungkan dengan permasalahan tulang belakang anjing.

Riwayat Kucing ini baru diawali di tahun 1944. Waktu itu, seorang dokter namanya H. E. Williams menggambarkan kucing-kucing berkaki pendek yang bergerak seperti musang. Kucing-kucing ini lenyap di saat Perang Dunia II dan baru diketemukan kembali di Stalingrad di tahun 1953.

Kucing berkaki pendek ini baru memulai dikembangbiakkan 30 tahun selanjutnya, persisnya di tahun 1983. Awalannya, seorang guru musik dari Louisiana mendapati dua ekor kucing betina unik berkaki pendek. Mereka dinamakan Blueberry dan Blackberry.

Beberapa anak dari Blackberry juga tercipta berkaki pendek seperti ibunya. Salah satunya anak kucing itu selanjutnya dikasih ke temannya yang namanya Kay LaFrance. Dia memberikan nama kucingnya dengan Toulouse.

Toulouse tidak dikebiri dan didiamkan berkeliaran di luar rumah. Kucing itu juga hasilkan banyak turunan kucing berkaki pendek yang lain. Semenjak itu komunitas kucing berkaki pendek banyak mulai diketemukan berkeliaran bebas di jalanan.

Ras kucing ini selanjutnya dinamakan Munchkin sesuai nama watak orang kerdil yang berada di film The Wizard of Oz.

Ciri Fisik Kucing Munchkin

Simak dibawah ini merupakan ciri dari fisik kucing munchkin beserta cara merawatnya.

Wujud Kaki

Ciri yang paling mencolok dari ras kucing ini sudah pasti ialah kaki-kakinya yang pendek. Sama seperti yang sudah disebut awalnya, jika pemicu kaki pendek ini terjadi karena perubahan secara alami.

Perubahan genetik ini termasuk sukses, karena Kucing Munchkin tidak alami masalah pada tulang punggungnya walau berkaki pendek. Peternak Kucing Munchkin bahkan juga lakukan rontgen di tahun 1995 ke kucingnya. Tidak ada permasalahan persendian atau tulang yang diketemukan pada ras ini.

Dr. Solveig Pflueger, seorang pakar genetik dari TICA (The International Cat Association), menerangkan jika perubahan yang terjadi ialah perubahan gen autosom menguasai. Oleh karena itu, seharusnya memasangkan Kucing Munchkin tidak dengan sesamanya untuk menahan kematian janin dalam kandungan.

Disamping itu, ukuran kaki ras kucing ini berbeda di bagian depan dan belakangnya. Kaki belakang Kucing Munchkin mempunyai ukuran yang lebih panjang dibanding kaki depannya.

Ini membuat kerap kali seperti terlihat membungkuk. Mereka kerap kelihatan duduk seperti satu ekor kelinci.

Walau demikian, Kucing ini rawan terserang lordosis atau tulang belakang yang meliuk terlalu berlebih. Jika sudah alami kondisi semacam ini, Kucing Munchkin itu dapat didiskualifikasi dari kontes kucing.

Berat dan Bulu

Kucing Munchkin bisa tumbuh sampai berat tubuh capai 3 – 4 kg. Biasanya, badan yang jantan akan semakin besar dari yang betina.

Warna bulu Kucing Munchkin ini dapat bermacam seperti kucing yang lain. Ada yang bulunya pendek dan ada pula yang panjang.

Hingga saat ini, ras Kucing Munchkin masih juga dalam step perubahan. Oleh karena itu, tidak ada standard khusus sebagai penciri kucing ini.

Karakter

Walau mempunyai kaki yang pendek, kucing ini populer gesit dan suka bermain. Mereka suka mengundang perhatian manusia dengan lari dan melompat-lompat.

Mereka ialah type kucing yang bisa dengan gampang bercampur di lingkungan baru. Maka tidak jadi masalah bila Anda ingin memiaranya bersama ras kucing lain.

Langkah Menjaga Kucing Munchkin

Ras kucing berkaki pendek ini perlu diberi perawatan yang tepat supaya selalu pada kondisi sehat. Berikut beberapa hal yang penting diingat saat menjaga Kucing Munchkin.

Keperluan Dasar

Sama dengan kucing yang lain, Kucing Munchkin memerlukan banyak hal dasar untuk hidup. Beberapa hal yang harus disiapkan ialah makanan khusus kucing, tempat minum dan makan, shampo, dan multivitamin.

Seharusnya Anda membelikan tempat makan yang tidak begitu cengkung supaya sang kucing tidak kesusahan raih makanannya. Siapkan tempat pasir, pasir, dan serokannya. Beberapa barang ini bermanfaat untuk buang kotoran kucing.

Mereka perlu kandang sama seperti seperti kucing-kucing biasanya. Yakinkan Anda sudah mempunyai beberapa hal di atas jika ingin memiara Kucing Munchkin. Mereka makin lebih gampang dijinakkan jika kepentingannya sudah tercukupi.

Perawatan Anak Kucing Munchkin

Jika Anda menjaga tipe kucing ini semenjak mereka bayi, yakinkan Anda selalu memerhatikan nutrisi makanannya. Anak Kucing Munchkin memerlukan nutrisi 2x semakin banyak dibanding kucing dewasa. Walau demikian, Anda tak perlu memberi anak kucing dengan konsumsi terlalu berlebih.

Beberapa anak kucing ini dapat memperoleh nutrisinya dari susu si induk dan pemberian multivitamin. BIla mereka sudah berumur 5 – 6 Minggu, Anda dapat memberinya makanan padat minimum 4 kali satu hari.

Anda bisa juga latih kucing Anda mengonsumsi makanan rumahan seperti ikan digabung nasi pada umur 8 – 10 bulan. Seharusnya melatih kucing mengonsumsi makanan rumah memang dilaksanakan sejak awal kali supaya terlatih. Imbangkan keperluan gizi mereka dengan memberi minum berbentuk susu.

Makanan Kucing Munchkin

Tidak ada yang lain dengan tipe makanan yang dikasih ke Kucing Munchkin dan kucing yang lain. Poin utama yang perlu Anda lihat pada makanan sang kucing ialah kandungan nutrisinya.

Yakinkan Anda penuhi keperluan nutrisinya dengan kandungan 45% protein, 35% lemak, dan 20% karbohidrat. Kandungan protein dapat didapat dari telur, ikan, daging ayam, daging sapi, dan susu.

Kandungan lemak dapat didapat dari beberapa bahan seperti lemak ayam, minyak ikan, dan minyak canola. Kandungan karbohidrat dapat didapat dari nasi, oatmeal, dan beberapa bijian millet.

Makanan basah atau kering tidak jadi masalah seandainya bisa penuhi kandungan yang sudah disebut sebelumnya. Munchkin kitten dapat diberi 5 hidangan setiap harinya dengan berat seputar 5 gr.

Kucing Munchkin dewasa yang sudah berumur 6 – delapan bulan dapat diberi 3 hidangan tiap hari dengan ukuran seputar 30 g. Kucing yang mempunyai tubuh gemuk memang lucu. Tetapi, yakinkan kucing Anda tidak alami kegemukan karenanya bisa mencelakakan kesehatannya.

Langkah Memandikan Kucing Munchkin

Sama dengan tipe kucing yang lain, Kucing Munchkin perlu untuk dimandikan. Tidak boleh sering. Anda dapat memandikannya minimum 1 minggu sekali atau dua minggu sekali jika tidak begitu kotor.

Memandikan kucing ini sebagai salah satunya langkah menjaganya supaya masih pada kondisi sehat dan bersih. Anda dapat bawa kucing ke petshop untuk diberi grooming. Tetapi, jika Anda ingin memandikannya sendiri bisa juga.

Kucing harus berumur minimum tiga bulan jika ingin dimandikan. Saat sebelum dimandikan, sebaiknya Anda menggunting kuku-kuku kucing lebih dulu untuk meminimalkan peluang dicakar. Potong sedikit saja di bagian ujungnya, janganlah sampai mencederai sang kucing.

Siapkan dulu beberapa alat mandi sang kucing supaya tidak kewalahan saat memandikannya. Yakinkan Anda sudah sediakan ember berisi air hangat, sampo khusus kucing, handuk, dan cotton buds.

Jika semua perlengkapan siap, Anda mulai bisa memandikan kucing. Pertama, basahi badan sang kucing memakai air hangat secara perlahan-lahan. Berhati-hati janganlah sampai ada air yang masuk di telinga kucing.

Seterusnya, tuangkan cairan shampo ke badan sang kucing. Patikan tidak berkenaan mata, hidung, atau mulutnya. Pijat perlahan badannya sampai cairan sampo keluarkan busa. Jika sudah bersih, basuh badan kucing sama air hangat.

Selekasnya keringkan tubuh kucing dengan handuk atau hair dryer. Kemudian, Anda dapat bersihkan telinga kucing memakai baby oil dan cotton buds. Cukup berikan secara halus supaya tidak mencederai telinganya.

Jaga Kesehatan

Poin utama yang lain dalam menjaga Kucing Munchkin ialah selalu rajin memeriksa kesehatannya. Anda dapat berkunjung petshop atau tiba langsung ke dokter hewan dengan teratur. Bukan hanya di saat kucing Anda sakit saja.

Pengujian kesehatan dan penyuntikan vaksin dengan teratur bisa menahan kucing Anda diserang penyakit membahayakan.

Sama dengan kucing rumahan yang lain, Kucing Munchkin bisa juga terkena penyakit. Beberapa salah satunya seperti hipertiroidisme, pankreatitis, uremia, limfosarkoma, sampai penyakit aliran kemih.

Oleh karena itu, Anda selalu harus memerhatikan kesehatannya dan mengantarnya ke dokter hewan. Anda pun harus rajin bersihkan gigi, kuku, dan telinga sang kucing supaya tidak jadi sarang kuman.

Walau tidak ada abnormalitas yang dialami karena kakinya yang pendek, kucing Sebaiknya anda masih diberi konsumsi mineral dan kalsium yang cukup.

Anda pun harus mengawasinya tidak untuk melonjak terlampau tinggi sebab bisa mengakibatkan cidera. Ini karena susunan tulang Kucing Munchkin berlainan dengan kucing biasa.

Kucing Munchkin yang Sakit

Walau telah teratur lakukan check kesehatan dan diberi vaksin, kadang kucing bisa terkena penyakit. Penyakit dapat berawal dari bakteri atau virus, cedera, depresi, atau bahkan juga karena sering memperoleh grooming.

Anda harus mengenal beberapa ciri kucing yang sakit agar selekasnya memberinya bantuan pertama. Umumnya, kucing yang sakit tidak senang melakukan aktivitas kebanyakan. Mereka lebih senang menghindar tempat tinggi dan cuman tidur di kandangnya.

Kucing yang sakit kehilangan hasrat makannya. Walau sebenarnya, saat sakit, gizi sang kucing jangan menyusut. Jika sakitnya cukup kronis, badan kucing dapat alami gemetaran. Batuk, muntah, sampai keluarnya cairan dari badan sang kucing sebagai tanda mereka sedang kurang sehat.

Yakinkan Anda pun teratur mengecek kotoran kucing Anda. Kotoran kucing biasanya padat, tapi tidak keras atau terlampau benyek. Sering minum bisa juga jadi ciri sang kucing alami penyakit ginjal, distemper, dan diabetes.

Janganlah lekas cemas jika Kucing Munchkin punya Anda mempunyai pertanda sedang sakit. Anda dapat memberinya beberapa tindakan seperti ini. Anda dapat mempersiapkan tempat khusus untuk kucing istirahat. Yakinkan tempat itu hangat, karena temperatur badan kucing yang sakit umumnya turun.

Jika kucing tidak ingin makan, beri kuning telur ke sang kucing atau campur pada makanannya. Kuning telur memiliki kandungan protein yang bagus untuk menolong proses pengobatan kucing Anda.

Jika kucing Anda sakit karena cedera, selekasnya membersihkan cederanya dan beri cairan antiseptik. Jika kucing Anda memperlihatkan pertanda penyakit pencernaan, Anda harus memerhatikan makanannya. Beri mereka makanan yang empuk dan kaya serat.

Semua tindakan itu hanya bantuan pertama kali yang bisa Anda kerjakan dengan berdikari di dalam rumah. Jika kondisi kucing tidak semakin lebih baik, yakinkan Anda selekasnya bawa kucing pergi ke dokter hewan. Mereka akan diberi pengatasan yang tepat.

Teratur Ajak Bermain

Walau dianjurkan seringkali ada di rumah, tapi ada saatnya kucing akan berasa jemu dan depresi. Supaya hal itu tidak ada, Sebaiknya anda teratur ajak kucing Anda jalanan. Dapat kapan pun di saat luang Anda.

Jika Anda terlampau repot, Anda bisa juga ajak sang kucing bermain di dalam rumah saja. Gunakan mainan kucing yang ada di dalam rumah supaya kucing Anda selalu aktif dan berasa berbahagia.

Harga Kucing Munchkin

Kucing munchkin

Harga Kucing Munchkin ini sekitar di antara 900 ribu sampai 10 juta rupiah. Tetapi itu semua bergantung dari keadaan dan umurnya.

JenisUmurHarga
Kucing Munchkin Betina3 BulanRp. 6.550.000
Kucing Munchkin Jantan7 BulanRp. 4.050.000
Kucing Munchkin Kitten2, 5 BulanRp. 5.050.000
Kucing British Shorthair Munchkin3 bulanRp. 7.200.000

Diatas merupakan penjelasan mengenai sejarah Kucing Munchkin, ciri-ciri, karakteristik, sampai cara merawat kucing tersebut. Anda tertarik untuk memelihara kucing lucu ini di rumah?

Skip to toolbar