Mengenali Karakteristik Rayap Tanah

Infestasi rayap bisa sangat mahal. Tak heran jika serangga yang satu ini menjadi hama. Rayap adalah masalah serius di setiap belahan dunia. Selain itu, saat membangun rumah, pemilik rumah harus berhati-hati dengan membuat penghalang rayap.

Rayap tanah adalah salah satu “pembawa” terbesar dari semua rayap. Kerusakannya bisa sangat cepat, apalagi jika mereka bisa hidup berkoloni dengan ratusan ribu anggota.

Rayap bawah tanah terdiri dari beberapa kelompok. Penanggung jawab perusakan furnitur dan elemen kayu di dalam rumah biasanya adalah rayap pekerja karena mereka memakan kayu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Makanan utama mereka adalah selulosa, yang ditemukan di kayu. Jangan terkecoh dengan nama rayap ini.

Hanya karena disebut rayap bawah tanah tidak berarti mereka terisolasi di dalam tanah. Toh rayap harus makan, jadi tetap harus mencari sumber makanan di luar. Dalam hal ini, furnitur kayu menjadi tujuan di rumah Anda.

Bangun sarang dari tanah

Berbeda dengan rayap kayu kering yang membuat sarang dengan cara melubangi kayu, rayap bawah tanah menghabiskan waktunya di dalam tanah.

Hanya saja ketika harus bermigrasi ke lokasi lain, mereka membentuk terowongan dari kotoran, partikel kayu, air liur, dan kotoran. Terowongan berfungsi sebagai perlindungan karena rayap bawah tanah sangat sensitif terhadap kondisi kering.

Sifat fisik

Koloni terdiri dari beberapa kelompok rayap. Ratu rayap adalah bagian terpenting karena tugasnya adalah bertelur dan memperbesar koloni. Ratu rayap bisa bertelur lebih dari dua ribu telur sehari. Dengan tubuh sebesar itu, sang ratu praktis kesulitan bergerak.

Kebutuhan nutrisinya dipenuhi oleh rayap pekerja. Rayap pekerja memiliki warna keputihan dan struktur yang lembut. Tugasnya adalah membangun sarang di mana selulosa juga diekstraksi dari kayu.

Kelompok ini, termasuk nimfa yang baru lahir, tidak hanya memelihara ratu, tetapi juga menyediakan kebutuhan makanan bagi seluruh koloni. Sedangkan pasukan rayap memiliki ciri fisik berupa cakar yang keras di garis depan.

Mereka adalah benteng pertahanan pertama melawan serangan dari penyusup, jadi wajar jika faksi ini memiliki senjata untuk dimainkan.

Kelompok lain adalah Hawkmoth, yang tugasnya bereproduksi. Rayap tidak mengembangkan koloni hanya di satu tempat. Dengan jajan mereka bisa menembus area yang lebih luas.

Swarmer memiliki 2 pasang sayap. Mereka biasanya keluar saat musim kawin tiba. Setelah beberapa saat terbang, sayapnya terlepas dari tubuh rayap. Swarmer yang sudah menemukan jodoh akan kawin dan mencari tempat berkembang biak baru.

Kotoran berbeda dengan rayap kayu kering

Infestasi rayap dapat dilihat dari ada tidaknya tumpukan kotoran di sekitar sarang. Rayap kayu kering mudah dikenali dari kotorannya yang terlihat seperti pasir halus berwarna kecoklatan.

Sementara rayap bawah tanah meninggalkan puing-puing yang terlihat seperti karton. Air limbah juga digunakan untuk membentuk terowongan bawah tanah.

Masalah yang ditimbulkan

Meski berperan dalam penguraian kayu, rayap termasuk hewan berbahaya karena mereka memakan kayu yang masih utuh / berguna bagi manusia. Sangat mudah untuk mengidentifikasi rayap tanah.

Jika Anda melihat gundukan atau terowongan tanah liat di atas tanah atau merayap di dinding, diduga itu adalah sarang rayap di bawah tanah. Jika Anda melihat tanda-tanda serangan rayap di rumah Anda, silakan hubungi kami agar Anda dapat menemukan solusi secepatnya.

Lagi butuh jasa pembasmi rayap semarang? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

Skip to toolbar