Pengertian Kabel UTP: Fungsi & Jenisnya

Definisi umum kabel UTP

Kabel UTP adalah singkatan dari UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga, diisolasi dengan plastik dan dibungkus dengan bahan isolasi yang dapat melindunginya dari api dan kerusakan fisik.

Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel yang terpasang, masing-masing pasangan diberi kode warna yang berbeda.

Kabel UTP merupakan salah satu jenis kabel yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer. Kabel UTP terdiri dari satu bagian dalam yang berisi 4 pasang kabel. Kabel twisted pair tersedia dalam dua jenis, termasuk berpelindung dan tidak berpelindung.

Bagian yang diproteksi adalah jenis kabel UTP dengan jacket, sedangkan bagian yang tidak terlindungi adalah jenis kabel tanpa jacket. Berikut cara menyambungkan kabel jenis ini ke konektor RJ-45 atau RJ-11.

Fungsi kabel UTP

Fungsi dari kabel UTP adalah dapat digunakan untuk kabel yang menghubungkan jaringan area lokal (LAN) ke sistem jaringan atau jaringan pada komputer.

Secara umum kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm. Kabel UTP dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya dalam mengirimkan data.

Jenis kabel UTP

Kabel UTP memiliki jenis yang berbeda tergantung pada fungsi dan penggunaan kabel masing-masing. Berikut beberapa contoh kabel UTP yang tersedia termasuk:

  • Kabel CAT-UTP kategori 1 (CAT 1) merupakan jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi paling rendah. Kabel UTP kategori 1 hanya mendukung komunikasi suara analog.
  • CAT 2. Kabel UTP Kategori 2 (CAT 2) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik daripada kabel UTP Kategori 2. Kabel UTP kategori 2 mendukung komunikasi suara dan data digital. Kabel Kategori 2 ini dapat mengirimkan data hingga 4 megabit per detik.
  • CAT 3. Kabel UTP Kategori 3 (CAT 3) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dari kabel UTP Kategori 2. Kabel UTP kategori 3 mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan hingga 10 Megabit per detik.
  • CAT 4. Kabel UTP Kategori 4 (CAT 4) adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik daripada kabel UTP Kategori 3 atau sebelumnya. Kabel UTP 4 mendukung komunikasi suara dan data dengan kecepatan hingga 16 megabit per detik.
  • CAT 5. Kabel UTP kategori 5 (CAT 5) merupakan jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dari pada kabel UTP kategori sebelumnya. Kabel UTP kategori 5 mendukung komunikasi suara dan data dengan kecepatan hingga 100 megabit per detik.
  • CAT 6. Kabel UTP kategori 6 (CAT 6) adalah jenis kabel UTP yang antara lain memiliki sertifikat resmi tertinggi.
  • CAT 7. Kabel UTP Kategori 7 (CAT 7) merupakan jenis kabel UTP premium yang sangat cocok digunakan sebagai media dengan trafik data tinggi untuk berbagai aplikasi dalam satu kabel (kabel tunggal). Maksimal 10 gigabit per detik dapat dikirim pada frekuensi 1000 MHz.

Sekian informasi mengenai kabel UTP yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Untuk selengkapnya urutan kabel cross & urutan warna kabel straight bisa kalian baca pada tautan tersebut.

Skip to toolbar