Pengertian Processor ULV

Diketahui bahwa prosesor merupakan komponen terpenting dalam sebuah komputer yang berfungsi layaknya otak manusia. Intel, yang saat ini menjadi merek prosesor terpopuler, secara resmi memperkenalkan seri Core I pada Januari 2010, yang terdiri dari Core i3, Core i5, dan Core i7.

Pada saat yang sama, Intel memperkenalkan teknologi yang disebut Prosesor Tegangan Rendah Ultra ke dalam prosesornya.

Memahami Arti Prosesor ULV

Ultra Low Voltage Processor atau biasa disebut dengan ULV processor merupakan salah satu teknologi dalam prosesor (khususnya prosesor dari Intel) yang telah dirancang khusus untuk mengurangi konsumsi daya dengan cara mengurangi jumlah clock speed.

Dengan cara ini, konsumsi daya dapat dikurangi hingga 15% dibandingkan dengan konsumsi daya prosesor biasa.

Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi prosesor ULV dengan simbol U di akhir nama prosesor, mis. B. Intel Core i7-4550U, Intel Core i7-6600U, Intel Core i5-6300U, Intel Core i3-6100U dan banyak contoh produk lainnya.

Keuntungan dan kerugian menggunakan prosesor ULV

Keuntungan dari teknologi prosesor tegangan sangat rendah ini adalah konsumsi daya yang lebih rendah. Alhasil, laptop dengan prosesor jenis ini akan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Selain itu, prosesor bertegangan sangat rendah tidak menyebabkan panas berlebih. Makanya, laptop dengan prosesor jenis ini hanya membutuhkan pendingin kecil agar lebih ringan dan tipis. Rata-rata laptop ULV memiliki berat sekitar 1,4 kg dan tidak lebih tebal dari satu inci.

Laptop dengan prosesor ULV menjadi pilihan yang tepat bagi pelajar atau pekerja kantoran yang membutuhkan laptop tipis dan ringan yang mudah dibawa serta baik untuk tugas sehari-hari seperti menjalankan kantor, menonton film, dll. Menawarkan selancar dll.

Bagi Anda yang merupakan penggemar game berkualitas tinggi atau yang sering melakukan tugas-tugas berat seperti mengedit video, menggunakan laptop dengan prosesor ULV ini tidak disarankan. Bukan karena laptop ULV tidak bisa melakukan ini, tapi karena kita tahu bahwa processor jenis ini menurunkan nilai clock rate sehingga kinerja processor tidak maksimal.

Selain itu, harga prosesor ULV memang lebih mahal dari jenis prosesor biasa, namun mengingat kualitas teknologi dan keunggulan yang menyertainya, maka sangat berharga.

Yang jelas dengan prosesor laptop ULV ini adalah Anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai di sekolah maupun di kantor, dan tidak ada salahnya memiliki biaya yang cukup mahal untuk laptop jenis ini.

Lagi butuh jasa konsultan it indramayu? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut ya!.

Skip to toolbar