Perbedaan Penjahit, Konveksi, dan Garmen yang Wajib Diketahui

Dalam dunia fashion manufacturing, istilah tailor, konveksi, dan clothing banyak digunakan.

Sekilas, ketiga hal ini sebenarnya mirip. Namun, cukup banyak orang yang tidak tahu persis apa perbedaannya. Padahal, karena namanya saja, ketiga hal tersebut memiliki arti yang berbeda.

Berikut adalah beberapa Perbedaan Penjahit, Konveksi, dan Garmen yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Antara Penjahit, Konveksi, dan Garmen

Penjahit

Pertama adalah penjahit. Penjahit adalah nama orang yang bergerak di bidang menjahit. Biasanya penjahit hanya menerima pesanan dalam jumlah banyak. Saat Anda mengerjakan sebuah order, akan disesuaikan dengan ukuran orang yang memesan. Bisa dibilang kualitas sangat penting untuk jasa menjahit ini. Karena itu, beberapa jasa menjahit mahal.

Biasanya, artis atau artis ternama sering kali memesan pakaian dari penjahit daripada membelinya di toko. Selain ukurannya yang pas, Anda juga akan menemukan keunikan dari penjahit ini. Artinya, baju tersebut tidak bisa ditemukan di pasaran. Belum lagi apakah penjahitnya profesional dan berpengalaman dalam menjahit pakaian berkualitas.

Konveksi

Berikutnya adalah konveksi. Konveksi adalah industri manufaktur kecil dalam skala yang dapat dicapai. Biasanya konveksi baru memiliki empat atau lima mesin jahit terlebih dahulu. Konveksi seringkali berhasil pada pekerjaan menengah hingga besar. Akibatnya, konsumen lebih cenderung berasal dari komunitas atau usaha kecil yang menginginkan pakaian dengan identitas tertentu.

Berbagai jenis produk yang biasanya dijahit dengan skala konveksi antara lain seragam, kemeja, hoodies, celana, kaos oblong, jaket, dan lain-lain. Untuk ukuran konveksi, harap ikuti standar ukuran pakaian seperti S, M, L, XL, XXL, dll. Karena cakupan produksinya sangat besar, harga yang ditetapkan akan berubah tergantung jumlah pesanan. Semakin besar jumlah pesanan, semakin rendah harga yang dipesan.

Salah satu nilai positif dari konveksi adalah dapat membantu para penganggur yang tidak memiliki latar belakang pendidikan untuk bekerja. Ini karena bekerja di konveksi, terlepas dari pelatihannya, hanya membutuhkan pengalaman dan keterampilan. Sehingga dapat dikatakan usaha konveksi ini berperan dalam mendongkrak perekonomian negara.

Garmen

Yang terakhir adalah garmen. Ketika berbicara tentang pakaian, itu juga berarti membuat pakaian dengan produk yang sangat banyak. Memang satu item pakaian bisa memiliki ribuan pekerja. Dalam satu periode produksi, garmen dapat mengolah hingga ratusan ribu produk yang sama, yang kemudian diekspor ke beberapa department store seperti supermarket, pusat perbelanjaan atau ke luar negeri.

Mengenai manajemen produksi, dapat dikatakan bahwa pakaian tersebut sangat rapi dan menggunakan metode CMT atau Cut, Make and Trim. Setiap departemen hanya fokus pada pekerjaan utama masing-masing departemen. Orang yang berada di sektor pemotongan hanya akan menutupi bagian itu. Begitu juga di bagian lain seperti finishing dan menjahit.

Garmen biasa disebut sebagai kawasan industri di mata masyarakat. Beberapa kawasan industri tersebut berada di berbagai wilayah seperti Bekasi, Solo, Cikarang dan lain-lain. Biasanya, garmen menerima pesanan dari berbagai brand ternama nasional maupun internasional seperti Adidas, Puma dan Nike.

Kesimpulan

Pertama, perbedaan penjahit, konveksi dan garmen terletak pada jumlah produksinya. Penjahit biasanya dibuat dalam satuan atau paling banyak sepuluh, konveksi dalam puluhan ribu, dan pakaian dalam lebih dari sepuluh ribu.

Kedua, alat yang digunakan juga berbeda. Penjahit hanya menggunakan alat jahit standar, konveksi lebih banyak menggunakan alat jahit, sedangkan garmen menggunakan alat yang sangat lengkap karena dibuat dalam jumlah banyak.

Ketiga, perbedaannya terletak pada jumlah orang yang terlibat. Penjahit hanya diperbolehkan melibatkan satu atau dua orang. Konveksi membutuhkan lebih dari sepuluh orang, sedangkan garmen membutuhkan hingga ribuan karyawan dengan jam khusus.

Itulah perbedaan antara penjahit, konveksi dan garmen. Sekarang Anda tahu perbedaan besar antara ketiganya. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung saat mendengar ketiga istilah tersebut.

Lagi butuh konveksi? silahkan bisa kunjungi pusat konveksi online pada tautan tersebut. Pada tautant tersebut merupakan konveksi Ontime dengan hasil standart tailor yang sudah teruji.

Skip to toolbar