Tempat Wisata di Batu Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Batu merupakan salah satu kota wisata paling populer di Jawa Timur. Banyak warga Jawa Timur yang berkunjung ke Kota Batu karena udaranya yang terkenal sejuk dan banyak terdapat tempat wisata di sana.

Lagi butuh travel malang surabaya maupun travel surabaya malang? Silahkan bisa langsung kunjungi tautan tersebut.

Kualitas tempat wisata Batu juga rating yang sangat baik dibandingkan dengan situs di Jawa Timur lainnya. Berikut ini informasi tentang berbagai tempat wisata kota Batu di Jawa Timur:

Alun-Alun Kota Batu

Batu merupakan kota wisata baru karena merupakan bagian dari Kota Malang. Batu kemudian mengembangkan pariwisatanya dengan baik.

Alun-Alun Kota Batu ternyata tidak hanya didesain dengan dibangunnya berbagai tempat wisata tetapi juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata bagi pengunjung.

Wisatawan yang masuk dan keluar kota akan menikmati Alun-Alun Kota Batu yang terlihat rapi, menarik, dan bersih. Ada taman bermain untuk anak-anak serta kincir ria yang besar.

Pengunjung dapat menaiki bianglala besar dengan membayar Rp. 3.500 per orang. Melalui kincir ria kita bisa melihat pemandangan kota Batu dari atas.

Air Terjun Coban Rais dan Coban Rondo

Selain tempat wisata buatan manusia, Batu juga memiliki tempat wisata alam yang masih alami.

Tempat wisata alam di Batu antara lain Air Terjun Coban Rais dan Coban Rondo. Air terjun Coban Rondo mudah dijangkau pengunjung, sehingga jumlah pengunjung cukup banyak.

Coban Rondo sendiri memiliki cerita tersendiri, maka dari itu dinamakan Coban Rondo atau Air Terjun Janda.

Menurut legenda setempat, ada seorang janda bernama Dewi Anjarwati yang sedang menunggu Raden Baron Kusumo di tepi air terjun. Namun Raden Baron Kusumo tidak datang.

Rumah Pohon dan Paralayang

Rumah pohon dan paralayang bisa kita nikmati di kawasan Gunung Banyak, Batu. Di atas gunung kita bisa menikmati pemandangan kota Batu. Saat malam, wisatawan bisa melihat kota Batu yang berkilau dengan lampu dan langit malam yang indah.

Wisatawan bisa menguji adrenalinnya dengan mencoba paralayang dengan ditemani seorang pemandu. Sangat cocok bagi mereka yang ingin melakukan tur ekstrim dan menunjukkan keahlian mereka.

Ada pula rumah pohon yang bisa kita nikmati dengan sekitar harga Rp. 250.000 s/d 350.000 per malamnya.

Bagi yang tidak ingin menginap atau bermain paralayang, menikmati pemandangan saja sebenarnya sudah cukup. Wisatawan bisa berfoto dan menikmati kesejukan dan keindahan alam disana dengan harga Rp. Hanya 5.000.

Kaliwatu Rafting

Para pecinta olahraga dapat menikmati arung jeram di Jl. Raya Pandanrejo No. 4, Bumiaji, Batu.

Di sana kita bisa puas dengan arung jeram dengan jarak 7 km dan durasi 2 jam. Kita bisa menyeberangi sungai yang cukup deras dan bebatuan yang cukup banyak.

Wisatawan tidak perlu takut karena akan ditemani oleh satu atau dua orang pemandu. Tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak bisa mencoba rafting atau arung jeram disana.

Tentu saja, keselamatan tetap nomor satu karena jalur arung jeram yang disediakan tidak terlalu sulit. Anak-anak juga diajari untuk aman tanpa takut tantangan. Arung Jeram Kaliwatu dibuka pada pukul 09.00 dengan biaya Rp 125.000 per orang.

Skip to toolbar